Doa Panjang Umur untuk Anak: Dzikir, Shalawat, dan Ayat-Ayat Pilihan

sisca


Doa Panjang Umur untuk Anak: Dzikir, Shalawat, dan Ayat-Ayat Pilihan

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Salah satunya adalah dengan mendoakan agar mereka panjang umur, sehat, dan bahagia. Dalam ajaran Islam, terdapat berbagai doa yang dapat dipanjatkan untuk memohon umur yang panjang bagi anak-anak kita. Doa-doa ini bisa dibaca setiap saat, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari.

Berikut ini adalah beberapa contoh doa panjang umur untuk anak yang bisa Anda panjatkan:

Setiap orang tua memiliki kewajiban untuk mendoakan kebaikan bagi anak-anaknya. Doa panjang umur untuk anak adalah salah satu bentuk kasih sayang dan perhatian orang tua kepada anaknya. Dengan memanjatkan doa-doa ini, semoga anak-anak kita senantiasa diberikan kesehatan, kebahagiaan, dan umur yang panjang.

doa panjang umur untuk anak

Panjatkan doa terbaik untuk buah hati.

  • Mohon umur panjang dan berkah.
  • Doakan kesehatan dan kebahagiaan.
  • Lindungi dari segala mara bahaya.
  • Tumbuh kembang optimal.
  • Diberi ilmu dan amal saleh.
  • Jadi anak sholeh dan sholehah.
  • Berbakti kepada kedua orang tua.
  • Jadi kebanggaan keluarga.
  • Masa depan cerah dan gemilang.

Semoga doa-doa orang tua diijabah oleh Allah SWT.

Mohon umur panjang dan berkah.

Setiap orang tua tentu menginginkan agar anaknya panjang umur dan hidupnya penuh dengan berkah. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari. Anda bisa membaca doa ini sambil membelai kepala anak Anda atau memegang tangannya.

  • Lafal doa:

    Rabbi hablii minash sholihiin.

  • Arti doa:

    Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk golongan orang-orang yang saleh.

  • Penjelasan:

    Dalam doa ini, Anda memohon kepada Allah SWT agar dikaruniai anak yang saleh dan salihah. Anak yang saleh adalah anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, taat kepada perintah Allah SWT, dan menjauhi segala larangan-Nya.

  • Manfaat doa:

    Dengan memanjatkan doa ini, Anda berharap agar anak Anda diberi umur yang panjang dan hidupnya penuh dengan keberkahan. Anak yang saleh dan salihah akan menjadi kebanggaan bagi kedua orang tuanya, keluarga, dan masyarakat.

Selain memanjatkan doa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mendoakan agar anak Anda panjang umur dan hidupnya penuh dengan berkah. Misalnya, Anda bisa mengajak anak Anda untuk beribadah bersama, seperti salat berjamaah, mengaji, dan berzikir. Anda juga bisa membiasakan anak Anda untuk berbuat baik kepada sesama dan menyayangi lingkungan sekitar.

Doakan kesehatan dan kebahagiaan.

Sebagai orang tua, tentu kita ingin agar anak-anak kita tumbuh sehat dan bahagia. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari. Anda bisa membaca doa ini sambil memeluk anak Anda atau mengusap kepalanya.

Lafal doa:

Allahumma inni as-aluka ‘afwata wa ‘afiyata fid-dunya wal akhirah.

Arti doa:

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan dan kesehatan di dunia dan akhirat.

Penjelasan:

Dalam doa ini, Anda memohon kepada Allah SWT agar anak Anda diberi kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan jasmani meliputi kesehatan tubuh secara keseluruhan, sedangkan kesehatan rohani meliputi kesehatan mental dan spiritual. Dengan memanjatkan doa ini, Anda berharap agar anak Anda terhindar dari segala macam penyakit dan gangguan kesehatan.

Selain memanjatkan doa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mendoakan agar anak Anda sehat dan bahagia. Misalnya, Anda bisa memberikan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak Anda, mengajaknya berolahraga secara teratur, dan mengajarkannya untuk menjaga kebersihan diri. Anda juga bisa membiasakan anak Anda untuk beribadah kepada Allah SWT dan berbuat baik kepada sesama.

Dengan memanjatkan doa dan melakukan berbagai upaya lainnya, semoga anak-anak kita senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT.

Semoga doa-doa orang tua diijabah oleh Allah SWT.

Lindungi dari segala mara bahaya.

Sebagai orang tua, tentu kita ingin agar anak-anak kita terhindar dari segala macam mara bahaya. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari. Anda bisa membaca doa ini sambil memeluk anak Anda atau mengusap kepalanya.

Lafal doa:

Allahumma inni u’idhuka bi kalimatillah at-tammah min kulli syai-in yu’dhina.

Arti doa:

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala sesuatu yang dapat menyakiti.

Penjelasan:

Dalam doa ini, Anda memohon kepada Allah SWT agar anak Anda dilindungi dari segala macam mara bahaya, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Mara bahaya yang terlihat meliputi kecelakaan, bencana alam, dan tindak kejahatan, sedangkan mara bahaya yang tidak terlihat meliputi gangguan jin, sihir, dan penyakit ain.

Selain memanjatkan doa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk melindungi anak Anda dari segala mara bahaya. Misalnya, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk berhati-hati dan waspada terhadap lingkungan sekitarnya. Anda juga bisa membiasakan anak Anda untuk berdoa kepada Allah SWT dan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Dengan memanjatkan doa dan melakukan berbagai upaya lainnya, semoga anak-anak kita senantiasa dilindungi dari segala macam mara bahaya oleh Allah SWT.

Semoga doa-doa orang tua diijabah oleh Allah SWT.

Tumbuh kembang optimal.

Setiap orang tua tentu menginginkan agar anak-anaknya tumbuh kembang secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun spiritual. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari. Anda bisa membaca doa ini sambil mengusap kepala anak Anda atau memeluknya.

  • Lafal doa:

    Allahumma rabbi hablii minash sholihiin.

  • Arti doa:

    Ya Allah Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk golongan orang-orang yang saleh.

  • Penjelasan:

    Dalam doa ini, Anda memohon kepada Allah SWT agar anak Anda tumbuh menjadi anak yang saleh dan salihah. Anak yang saleh adalah anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, taat kepada perintah Allah SWT, dan menjauhi segala larangan-Nya.

  • Manfaat doa:

    Dengan memanjatkan doa ini, Anda berharap agar anak Anda tumbuh kembang secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun spiritual. Anak yang saleh dan salihah akan menjadi kebanggaan bagi kedua orang tuanya, keluarga, dan masyarakat.

Selain memanjatkan doa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mendoakan agar anak Anda tumbuh kembang secara optimal. Misalnya, Anda bisa memberikan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak Anda, mengajaknya berolahraga secara teratur, dan mengajarkannya untuk menjaga kebersihan diri. Anda juga bisa membiasakan anak Anda untuk beribadah kepada Allah SWT dan berbuat baik kepada sesama.

Diberi ilmu dan amal saleh.

Setiap orang tua tentu menginginkan agar anak-anaknya diberi ilmu dan amal saleh. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari. Anda bisa membaca doa ini sambil mengusap kepala anak Anda atau memeluknya.

  • Lafal doa:

    Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa ‘amalan sholihan.

  • Arti doa:

    Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat dan amal saleh.

  • Penjelasan:

    Dalam doa ini, Anda memohon kepada Allah SWT agar anak Anda diberi ilmu yang bermanfaat dan amal saleh. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Amal saleh adalah perbuatan baik yang sesuai dengan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya.

  • Manfaat doa:

    Dengan memanjatkan doa ini, Anda berharap agar anak Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas, berilmu, dan berakhlak mulia. Anak yang cerdas dan berilmu akan mampu menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik, sedangkan anak yang berakhlak mulia akan menjadi kebanggaan bagi kedua orang tuanya, keluarga, dan masyarakat.

Selain memanjatkan doa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mendoakan agar anak Anda diberi ilmu dan amal saleh. Misalnya, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk mencintai ilmu pengetahuan, membiasakannya untuk membaca buku, dan mengajaknya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Jadi anak sholeh dan sholehah.

Setiap orang tua tentu menginginkan agar anak-anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari. Anda bisa membaca doa ini sambil mengusap kepala anak Anda atau memeluknya.

  • Lafal doa:

    Allahumma inni as-aluka an taj’ala waladii sholihan sholihah.

  • Arti doa:

    Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan anakku menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

  • Penjelasan:

    Dalam doa ini, Anda memohon kepada Allah SWT agar anak Anda menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Anak yang sholeh adalah anak laki-laki yang berbakti kepada kedua orang tuanya, taat kepada perintah Allah SWT, dan menjauhi segala larangan-Nya. Anak yang sholehah adalah anak perempuan yang berbakti kepada kedua orang tuanya, taat kepada perintah Allah SWT, dan menjauhi segala larangan-Nya.

  • Manfaat doa:

    Dengan memanjatkan doa ini, Anda berharap agar anak Anda tumbuh menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, taat kepada perintah Allah SWT, dan menjauhi segala larangan-Nya. Anak yang sholeh dan sholehah akan menjadi kebanggaan bagi kedua orang tuanya, keluarga, dan masyarakat.

Selain memanjatkan doa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mendoakan agar anak Anda menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Misalnya, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk mencintai Allah SWT dan Rasul-Nya, membiasakannya untuk beribadah kepada Allah SWT, dan menanamkan nilai-nilai moral yang baik dalam dirinya.

Berbakti kepada kedua orang tua.

Sebagai orang tua, tentu kita menginginkan agar anak-anak kita berbakti kepada kita. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari. Anda bisa membaca doa ini sambil menghadap kiblat dan menengadahkan kedua tangan.

  • Lafal doa:

    Allahummarhamhuma kama rabbayani shaghiraa.

  • Arti doa:

    Ya Allah, sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil.

  • Penjelasan:

    Dalam doa ini, Anda memohon kepada Allah SWT agar anak Anda berbakti kepada kedua orang tuanya. Berbakti kepada kedua orang tua meliputi mentaati perintah mereka, menghormati mereka, membantu mereka, dan mendoakan mereka.

  • Manfaat doa:

    Dengan memanjatkan doa ini, Anda berharap agar anak Anda tumbuh menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya akan menjadi kebanggaan bagi kedua orang tuanya, keluarga, dan masyarakat.

Selain memanjatkan doa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mendoakan agar anak Anda berbakti kepada kedua orang tuanya. Misalnya, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk mencintai dan menghormati kedua orang tuanya, membiasakannya untuk membantu pekerjaan rumah tangga, dan menanamkan nilai-nilai moral yang baik dalam dirinya.

Jadi kebanggaan keluarga.

Setiap orang tua tentu menginginkan agar anak-anaknya menjadi kebanggaan keluarga. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari. Anda bisa membaca doa ini sambil mengusap kepala anak Anda atau memeluknya.

  • Lafal doa:

    Allahumma inni as-aluka an taj’ala waladii qurrata a’yunii wa qurrata a’yuni walidayya.

  • Arti doa:

    Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan anakku sebagai penyejuk hatiku dan penyejuk hati kedua orang tuaku.

  • Penjelasan:

    Dalam doa ini, Anda memohon kepada Allah SWT agar anak Anda menjadi kebanggaan keluarga. Anak yang menjadi kebanggaan keluarga adalah anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, taat kepada perintah Allah SWT, dan menjauhi segala larangan-Nya. Anak yang menjadi kebanggaan keluarga juga merupakan anak yang cerdas, berilmu, dan berakhlak mulia.

  • Manfaat doa:

    Dengan memanjatkan doa ini, Anda berharap agar anak Anda tumbuh menjadi anak yang menjadi kebanggaan keluarga. Anak yang menjadi kebanggaan keluarga akan menjadi kebahagiaan bagi kedua orang tuanya, keluarga, dan masyarakat.

Selain memanjatkan doa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mendoakan agar anak Anda menjadi kebanggaan keluarga. Misalnya, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk mencintai Allah SWT dan Rasul-Nya, membiasakannya untuk beribadah kepada Allah SWT, dan menanamkan nilai-nilai moral yang baik dalam dirinya.

Masa depan cerah dan gemilang.

Setiap orang tua tentu menginginkan agar anak-anaknya memiliki masa depan yang cerah dan gemilang. Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, baik di pagi hari, siang, sore, maupun malam hari. Anda bisa membaca doa ini sambil memegang kedua tangan anak Anda dan menatap matanya.

Lafal doa:

Allahumma inni as-aluka liwaladii hayatan thoyyibah wa rizqon thoyyiban wa ‘ilman naafi’an wa ‘amalan sholihan.

Arti doa:

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk anakku kehidupan yang baik, rezeki yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan amal perbuatan yang saleh.

Penjelasan:

Dalam doa ini, Anda memohon kepada Allah SWT agar anak Anda memiliki masa depan yang cerah dan gemilang. Masa depan yang cerah dan gemilang meliputi kehidupan yang baik, rezeki yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan amal perbuatan yang saleh. Dengan memanjatkan doa ini, Anda berharap agar anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang sukses, bahagia, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Manfaat doa:

Dengan memanjatkan doa ini, Anda berharap agar anak Anda memiliki masa depan yang cerah dan gemilang. Anak yang memiliki masa depan yang cerah dan gemilang akan menjadi kebanggaan bagi kedua orang tuanya, keluarga, dan masyarakat.

Semoga doa-doa orang tua diijabah oleh Allah SWT.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban seputar doa panjang umur untuk anak dalam Islam:

Pertanyaan 1: Apa saja doa-doa yang bisa dipanjatkan untuk memohon umur panjang bagi anak?

Jawaban 1: Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan untuk memohon umur panjang bagi anak, di antaranya adalah:

  • Rabbi hablii minash sholihiin.
  • Rabbi inni as-aluka ‘afwata wa ‘afiyata fid-dunya wal akhirah.
  • Rabbi inni u’idhuka bi kalimatillah at-tammah min kulli syai-in yu’dhina.
  • Rabbi inni as-aluka ‘ilman naaf’i’an wa ‘amalan sholihan.
  • Rabbi inni as-aluka liwladii hayatan thoyyibah wa rizqon thoyyiban wa ‘ilman naaf’i’an wa ‘amalan sholihan.

Pertanyaan 2: Kapan saja waktu yang tepat untuk memanjatkan doa-doa tersebut?

Jawaban 2: Doa-doa tersebut bisa dipanjatkan kapan saja, baik di siang hari, malam hari, maupun di waktu-waktu khusus, seperti sepertiga malam terakhir.

Pertanyaan 3: Apakah ada adab khusus dalam memanjatkan doa-doa tersebut?

Jawaban 3: Ada beberapa adab yang sebaiknya diperhatikan saat memanjatkan doa-doa tersebut, di antaranya adalah menghadap kiblat, menengadahkan kedua tangan, dan membaca doa dengan suara yang lembut dan penuh penghayatan.

Pertanyaan 4: Selain memanjatkan doa, apa saja yang bisa dilakukan untuk mendoakan agar anak panjang umur?

Jawaban 4: Selain memanjatkan doa, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mendoakan agar anak Anda panjang umur, di antaranya adalah mengajarkan anak Anda untuk beribadah kepada Allah SWT, membiasakan anak Anda untuk berbuat baik kepada sesama, dan menyayangi anak Anda dengan sepenuh hati.

Pertanyaan 5: Bagaimana jika doa-doa yang dipanjatkan tidak langsung terkabul?

Jawaban 5: Jangan putus asa jika doa-doa yang Anda panjatkan tidak langsung terkabul. Teruslah berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT. Yakinlah bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa-doa Anda pada waktu yang tepat.

Pertanyaan 6: Apa saja manfaat memanjatkan doa panjang umur untuk anak?

Jawaban 6: Memanjatkan doa panjang umur untuk anak memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antara orang tua dan anak.
  • Memberikan ketenangan hati bagi orang tua.
  • Menanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada anak sejak kecil.
  • Membiasakan anak untuk selalu berdoa dan memohon kepada Allah SWT.

Semoga bermanfaat!

Selain memanjatkan doa dan melakukan berbagai upaya lainnya, jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan-Nya, termasuk nikmat memiliki anak.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk memanjatkan doa panjang umur untuk anak dalam Islam:

Tip 1: Panjatkan doa dengan sepenuh hati.

Saat memanjatkan doa, pastikan Anda melakukannya dengan sepenuh hati dan penuh keyakinan. Mintalah kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh agar anak Anda diberi umur yang panjang dan diberkahi kesehatan dan kebahagiaan.

Tip 2: Panjatkan doa secara rutin.

Jangan hanya sesekali memanjatkan doa untuk anak Anda. Biasakan untuk memanjatkan doa secara rutin, misalnya setiap pagi dan setiap malam. Dengan demikian, doa-doa Anda akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Tip 3: Ajarkan anak Anda untuk berdoa.

Selain memanjatkan doa untuk anak Anda, ajarkan juga anak Anda untuk berdoa sendiri. Dengan demikian, anak Anda akan terbiasa untuk memohon kepada Allah SWT dan memanjatkan doa-doa kebaikan untuk dirinya sendiri dan orang lain.

Tip 4: Berikan contoh yang baik kepada anak Anda.

Anak-anak belajar banyak dari orang tua mereka. Oleh karena itu, berikan contoh yang baik kepada anak Anda dengan selalu berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Dengan demikian, anak Anda akan terbiasa untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT sejak kecil.

Semoga bermanfaat!

Demikianlah beberapa doa panjang umur untuk anak beserta penjelasan dan tips-tips untuk memanjatkan doa tersebut. Semoga doa-doa kita diijabah oleh Allah SWT dan anak-anak kita diberikan umur yang panjang, kesehatan, dan kebahagiaan.

Conclusion

Sebagai orang tua, kita tentu menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita. Salah satunya adalah dengan mendoakan agar mereka panjang umur, sehat, dan bahagia. Dalam ajaran Islam, terdapat berbagai doa yang dapat dipanjatkan untuk memohon umur yang panjang bagi anak-anak kita.

Beberapa doa yang bisa dipanjatkan antara lain doa memohon umur panjang dan berkah, doa memohon kesehatan dan kebahagiaan, doa memohon perlindungan dari segala mara bahaya, doa memohon tumbuh kembang yang optimal, doa memohon ilmu dan amal saleh, doa memohon agar anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah, doa memohon agar anak berbakti kepada kedua orang tua, doa memohon agar anak menjadi kebanggaan keluarga, dan doa memohon agar anak memiliki masa depan yang cerah dan gemilang.

Selain memanjatkan doa, kita juga bisa melakukan berbagai upaya lain untuk mendoakan agar anak-anak kita panjang umur dan hidupnya penuh dengan berkah. Misalnya, kita bisa mengajarkan anak-anak kita untuk beribadah kepada Allah SWT, membiasakan mereka untuk berbuat baik kepada sesama, dan menyayangi mereka dengan sepenuh hati.

Dengan memanjatkan doa dan melakukan berbagai upaya lainnya, semoga anak-anak kita senantiasa diberikan umur yang panjang, kesehatan, kebahagiaan, dan keberkahan oleh Allah SWT.

Semoga bermanfaat!


Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Tags

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru