Doa Sholat Tarawih

sisca


Doa Sholat Tarawih

Doa sholat tarawih adalah bacaan-bacaan yang diucapkan saat sholat tarawih, yaitu sholat sunnah yang dilakukan pada malam-malam bulan Ramadan. Doa ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sholat tarawih dan memiliki makna yang mendalam.

Doa sholat tarawih berisi pujian, pengagungan, dan permohonan kepada Allah SWT. Bacaan doa ini sangat penting karena dapat membantu meningkatkan kekhusyukan dan kesempurnaan sholat tarawih. Selain itu, doa ini juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan atas dosa-dosa.

Doa sholat tarawih memiliki sejarah yang panjang dan telah mengalami perkembangan seiring waktu. Pada awalnya, doa ini hanya terdiri dari bacaan-bacaan sederhana, namun seiring berjalannya waktu, doa tersebut semakin diperkaya dengan tambahan-tambahan bacaan oleh para ulama dan ahli agama.

doa sholat tarawih

Doa sholat tarawih merupakan bagian penting dari sholat tarawih yang memiliki banyak aspek penting. Aspek-aspek ini meliputi:

  • Lafadz
  • Tata cara
  • Waktu
  • Keutamaan
  • Makna
  • Sejarah
  • Keistimewaan
  • Hukum
  • Kesunahan

Lafadz doa sholat tarawih terdiri dari berbagai macam bacaan, seperti surat Al-Fatihah, surat-surat pendek, dan doa-doa khusus. Tata cara membaca doa sholat tarawih dilakukan setelah selesai sholat witir dan sebelum salam. Waktu membaca doa sholat tarawih adalah setelah sholat tarawih selesai dilaksanakan. Keutamaan membaca doa sholat tarawih adalah dapat menambah pahala dan keberkahan pada sholat tarawih.

Lafadz

Lafadz doa sholat tarawih merupakan bacaan-bacaan yang diucapkan saat melakukan sholat tarawih. Lafadz-lafadz ini terdiri dari ayat-ayat Al-Qur’an, doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, dan zikir-zikir. Lafadz doa sholat tarawih memiliki peranan yang sangat penting dalam sholat tarawih karena merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT dan memohon segala kebaikan dari-Nya.

Tanpa adanya lafadz doa sholat tarawih, maka sholat tarawih tidak akan sempurna. Lafadz-lafadz doa ini menjadi penuntun bagi kaum muslimin untuk memanjatkan puji-pujian, permohonan ampunan, dan doa-doa lainnya kepada Allah SWT. Selain itu, lafadz doa sholat tarawih juga dapat membantu meningkatkan kekhusyukan dan konsentrasi dalam sholat.

Contoh lafadz doa sholat tarawih antara lain adalah surat Al-Fatihah, surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas. Selain itu, terdapat juga doa-doa khusus yang dibaca setelah sholat tarawih, seperti doa qunut dan doa witir. Mempelajari dan memahami lafadz doa sholat tarawih sangat penting bagi setiap muslim yang ingin melaksanakan sholat tarawih dengan benar dan sempurna.

Tata cara

Tata cara doa sholat tarawih merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan agar doa yang dipanjatkan sesuai dengan syariat Islam dan mendatangkan manfaat yang diharapkan. Tata cara ini meliputi beberapa hal, di antaranya:

  • Niat

    Niat merupakan syarat sah sholat, termasuk sholat tarawih. Niat dilakukan sebelum memulai sholat dengan membayangkan dalam hati bahwa akan melaksanakan sholat tarawih.

  • Takbiratul ihram

    Takbiratul ihram dilakukan dengan mengucapkan “Allahu akbar” sambil mengangkat kedua tangan sejajar bahu.

  • Membaca doa iftitah

    Doa iftitah dibaca setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Al-Fatihah. Doa ini berisi pujian kepada Allah SWT dan permohonan perlindungan dari gangguan setan.

  • Membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya

    Surat Al-Fatihah merupakan surat wajib yang dibaca dalam setiap rakaat sholat, termasuk sholat tarawih. Selain surat Al-Fatihah, dapat juga membaca surat-surat pendek lainnya dari Al-Qur’an.

Selain keempat hal di atas, tata cara doa sholat tarawih juga meliputi gerakan-gerakan sholat pada umumnya, seperti ruku’, sujud, dan duduk tasyahud. Dengan memperhatikan tata cara yang benar, diharapkan doa yang dipanjatkan dalam sholat tarawih dapat lebih khusyuk dan diterima oleh Allah SWT.

Waktu

Waktu merupakan salah satu aspek penting dalam doa sholat tarawih. Doa sholat tarawih memiliki waktu-waktu tertentu yang dianjurkan untuk dibaca agar lebih afdal dan berpahala. Waktu-waktu tersebut antara lain:

  • Setelah sholat witir

    Doa sholat tarawih dapat dibaca setelah selesai melaksanakan sholat witir. Waktu ini merupakan waktu yang paling utama untuk membaca doa sholat tarawih.

  • Sebelum salam

    Doa sholat tarawih juga dapat dibaca sebelum salam pada setiap rakaat sholat tarawih. Waktu ini diperbolehkan jika seseorang lupa membaca doa sholat tarawih setelah sholat witir.

Selain dua waktu di atas, doa sholat tarawih juga dapat dibaca pada waktu-waktu lain, seperti setelah sholat Isya atau setelah sholat Subuh. Namun, waktu-waktu tersebut tidak seutama waktu setelah sholat witir atau sebelum salam.

Membaca doa sholat tarawih pada waktu yang tepat memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

  • Lebih afdal dan berpahala
  • Lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT
  • Dapat meningkatkan kekhusyukan dan konsentrasi dalam sholat

Keutamaan

Doa sholat tarawih memiliki banyak keutamaan yang dapat diperoleh oleh orang yang membacanya. Keutamaan-keutamaan tersebut antara lain:

  • Mendapat pahala yang besar

    Membaca doa sholat tarawih dapat memberikan pahala yang besar bagi pelakunya. Pahala ini akan dilipatgandakan oleh Allah SWT karena sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan.

  • Dapat menghapus dosa

    Doa sholat tarawih juga dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah dilakukan oleh pelakunya. Hal ini karena doa sholat tarawih merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan atas dosa-dosa.

  • Dapat dikabulkan oleh Allah SWT

    Doa yang dipanjatkan dalam sholat tarawih memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini karena sholat tarawih merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

  • Dapat meningkatkan kekhusyukan dan konsentrasi

    Membaca doa sholat tarawih dapat membantu meningkatkan kekhusyukan dan konsentrasi dalam sholat tarawih. Hal ini karena doa-doa tersebut dapat menenangkan hati dan pikiran, sehingga dapat lebih fokus pada ibadah yang sedang dilakukan.

Selain keempat keutamaan di atas, doa sholat tarawih juga memiliki banyak keutamaan lainnya. Keutamaan-keutamaan tersebut dapat diperoleh oleh siapa saja yang membaca doa sholat tarawih dengan ikhlas dan penuh penghayatan.

Makna

Makna doa sholat tarawih sangatlah luas dan mendalam. Doa-doa yang dipanjatkan dalam sholat tarawih tidak hanya sebatas kata-kata, tetapi juga mengandung pesan dan makna yang sangat penting. Makna-makna tersebut antara lain:

  • Pengagungan kepada Allah SWT
    Doa sholat tarawih berisi puji-pujian dan pengagungan kepada Allah SWT. Umat Islam mengakui kebesaran, keagungan, dan kekuasaan Allah SWT melalui doa-doa yang dipanjatkan.
  • Permohonan ampunan
    Selain pengagungan, doa sholat tarawih juga berisi permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Umat Islam memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT agar diampuni segala kesalahan dan dijauhkan dari siksa api neraka.
  • Permohonan kebutuhan dunia dan akhirat
    Dalam doa sholat tarawih, umat Islam juga memanjatkan permohonan kebutuhan dunia dan akhirat. Permohonan kebutuhan dunia meliputi kesehatan, rezeki, dan kebahagiaan. Sementara itu, permohonan kebutuhan akhirat meliputi ampunan dosa, surga, dan ridha Allah SWT.
  • Doa untuk sesama
    Selain doa untuk diri sendiri, doa sholat tarawih juga berisi doa untuk sesama. Umat Islam mendoakan keselamatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan bagi seluruh umat manusia, termasuk keluarga, sahabat, dan orang-orang yang dicintai.

Dengan memahami makna doa sholat tarawih, umat Islam dapat lebih menghayati dan mengamalkan ibadah sholat tarawih dengan lebih baik. Doa-doa yang dipanjatkan akan lebih bermakna dan dapat meningkatkan kekhusyukan dan kedekatan dengan Allah SWT.

Sejarah

Sejarah doa sholat tarawih tidak dapat dipisahkan dari sejarah sholat tarawih itu sendiri. Sholat tarawih pertama kali dilakukan pada zaman Rasulullah SAW, tepatnya pada bulan Ramadan tahun kedua Hijriyah. Pada awalnya, sholat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid Nabawi, dengan dipimpin langsung oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW tidak menetapkan jumlah rakaat tertentu untuk sholat tarawih, namun beliau biasanya mengerjakannya sebanyak delapan rakaat.

Setelah Rasulullah SAW wafat, sholat tarawih terus dilakukan oleh para sahabatnya. Namun, pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab, sholat tarawih mulai dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid. Khalifah Umar juga menetapkan jumlah rakaat sholat tarawih menjadi dua puluh rakaat, yang hingga saat ini masih menjadi jumlah rakaat yang umum dilakukan.

Seiring berjalannya waktu, doa-doa yang dipanjatkan dalam sholat tarawih juga mengalami perkembangan. Pada awalnya, doa-doa yang dibacakan masih sangat sederhana, namun seiring berjalannya waktu, doa-doa tersebut semakin diperkaya dengan tambahan-tambahan bacaan oleh para ulama dan ahli agama. Doa-doa yang ditambahkan tersebut biasanya berisi pujian kepada Allah SWT, permohonan ampunan, dan doa-doa lainnya yang sesuai dengan semangat bulan Ramadan.

Keistimewaan

Doa sholat tarawih memiliki banyak keistimewaan yang membedakannya dari doa-doa lainnya. Keistimewaan-keistimewaan ini antara lain:

  • Dibaca pada waktu yang mustajab

    Sholat tarawih dilaksanakan pada bulan Ramadan, yang merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Waktu pelaksanaan sholat tarawih juga bertepatan dengan waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa, sehingga doa-doa yang dipanjatkan dalam sholat tarawih memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

  • Memiliki kandungan doa yang lengkap

    Doa-doa yang dipanjatkan dalam sholat tarawih sangat lengkap. Doa-doa tersebut mencakup puji-pujian kepada Allah SWT, permohonan ampunan, doa untuk dunia dan akhirat, serta doa untuk sesama.

  • Diamalkan secara berjamaah

    Sholat tarawih biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid. Sholat berjamaah memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah pahala yang dilipatgandakan. Selain itu, sholat tarawih berjamaah juga dapat meningkatkan kekhusyukan dan kebersamaan antar sesama umat Islam.

  • Mendapat pahala yang besar

    Membaca doa sholat tarawih dapat memberikan pahala yang besar bagi pelakunya. Pahala ini akan dilipatgandakan oleh Allah SWT karena sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan.

Keistimewaan-keistimewaan doa sholat tarawih tersebut menjadikan doa ini sangat istimewa dan bermakna. Umat Islam hendaknya memanfaatkan keistimewaan-keistimewaan tersebut dengan memperbanyak membaca doa sholat tarawih, baik secara sendiri-sendiri maupun berjamaah di masjid-masjid.

Hukum

Dalam Islam, hukum merupakan aturan dan ketentuan yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam hal ibadah. Hukum sholat tarawih termasuk salah satu hukum yang telah ditetapkan dalam Islam. Hukum sholat tarawih adalah sunnah muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam.

Hukum sholat tarawih yang sunnah muakkadah ini didasarkan pada beberapa hadis Nabi Muhammad SAW, di antaranya:

  • Dari Aisyah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW mengerjakan sholat tarawih di bulan Ramadan, dan beliau tidak mengerjakannya secara berjamaah dan tidak pula meninggalkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Barang siapa yang mengerjakan sholat tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadis-hadis tersebut, dapat disimpulkan bahwa sholat tarawih sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam. Sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah lalu, mendapat pahala yang besar, dan melatih kesabaran dan keikhlasan dalam beribadah.

Kesunahan

Kesunahan merupakan salah satu aspek penting dalam doa sholat tarawih. Doa sholat tarawih hukumnya sunnah muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam. Kesunahan doa sholat tarawih ini didasarkan pada beberapa hadis Nabi Muhammad SAW, di antaranya:

  • Dianjurkan Berjamaah

    Doa sholat tarawih dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah di masjid. Sholat tarawih berjamaah memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah pahala yang dilipatgandakan. Selain itu, sholat tarawih berjamaah juga dapat meningkatkan kekhusyukan dan kebersamaan antar sesama umat Islam.

  • Dikerjakan Setelah Sholat Witir

    Doa sholat tarawih biasanya dikerjakan setelah sholat witir. Waktu ini merupakan waktu yang paling utama untuk membaca doa sholat tarawih.

  • Membaca Doa Khusus

    Selain membaca surat-surat pendek dari Al-Qur’an, dalam doa sholat tarawih juga terdapat doa-doa khusus yang dibaca. Doa-doa khusus ini biasanya berisi pujian kepada Allah SWT, permohonan ampunan, dan doa-doa lainnya yang sesuai dengan semangat bulan Ramadan.

  • Mengharap Pahala

    Salah satu syarat agar doa sholat tarawih dihitung sebagai ibadah sunnah adalah dengan mengerjakannya karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT. Dengan mengharapkan pahala, maka ibadah sholat tarawih yang kita kerjakan akan lebih bermakna dan ikhlas.

Demikianlah beberapa aspek kesunahan doa sholat tarawih. Dengan memahami kesunahan-kesunahan tersebut, diharapkan kita dapat mengerjakan doa sholat tarawih dengan lebih baik dan sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Tanya Jawab Seputar Doa Sholat Tarawih

Berikut adalah beberapa tanya jawab seputar doa sholat tarawih yang dapat membantu Anda memahami dan mengamalkannya dengan lebih baik:

Pertanyaan 1: Apa hukum membaca doa sholat tarawih?

Jawaban: Membaca doa sholat tarawih hukumnya sunnah muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam.

Pertanyaan 2: Kapan waktu yang tepat untuk membaca doa sholat tarawih?

Jawaban: Waktu yang paling utama untuk membaca doa sholat tarawih adalah setelah sholat witir.

Pertanyaan 3: Apakah boleh membaca doa sholat tarawih secara sendirian?

Jawaban: Membaca doa sholat tarawih secara sendirian diperbolehkan, namun lebih utama dikerjakan secara berjamaah di masjid.

Pertanyaan 4: Apakah ada doa khusus yang dibaca dalam sholat tarawih?

Jawaban: Selain membaca surat-surat pendek dari Al-Qur’an, dalam doa sholat tarawih juga terdapat doa-doa khusus yang dibaca. Doa-doa khusus ini biasanya berisi pujian kepada Allah SWT, permohonan ampunan, dan doa-doa lainnya yang sesuai dengan semangat bulan Ramadan.

Pertanyaan 5: Apakah membaca doa sholat tarawih dapat menghapus dosa?

Jawaban: Membaca doa sholat tarawih dengan ikhlas dan mengharapkan pahala dari Allah SWT dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah lalu.

Pertanyaan 6: Apa manfaat membaca doa sholat tarawih?

Jawaban: Membaca doa sholat tarawih memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat menghapus dosa, mendapat pahala yang besar, melatih kesabaran dan keikhlasan dalam beribadah, serta meningkatkan kekhusyukan dan konsentrasi dalam sholat.

Demikianlah beberapa tanya jawab seputar doa sholat tarawih. Dengan memahami tanya jawab ini, diharapkan Anda dapat lebih memahami dan mengamalkan doa sholat tarawih dengan baik dan benar.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang manfaat membaca doa sholat tarawih secara berjamaah di masjid.

Tips Membaca Doa Sholat Tarawih

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membaca doa sholat tarawih dengan lebih baik dan sesuai dengan tuntunan syariat Islam:

1. Ketahui Lafadz Doa

Pelajari dan hafalkan lafadz-lafadz doa sholat tarawih dengan benar. Anda dapat menemukan lafadz-lafadz doa ini di buku-buku agama atau sumber-sumber terpercaya di internet.

2. Baca dengan Jelas dan Tartil

Baca doa sholat tarawih dengan jelas dan tartil, yaitu dengan membaca setiap huruf dan kata dengan benar dan sesuai dengan makhrajnya. Hal ini akan membantu Anda memahami makna doa yang dibacakan.

3. Berkonsentrasi dan Khusyuk

Berkonsentrasilah pada doa yang Anda baca dan khusyuklah dalam menjalankannya. Hindari pikiran-pikiran yang dapat mengganggu kekhusyukan Anda.

4. Harapkan Pahala

Bacalah doa sholat tarawih dengan niat karena Allah SWT dan mengharapkan pahala dari-Nya. Hal ini akan membuat ibadah Anda lebih bermakna dan ikhlas.

5. Berjamaah di Masjid

Jika memungkinkan, usahakan untuk membaca doa sholat tarawih secara berjamaah di masjid. Sholat tarawih berjamaah memiliki banyak keutamaan, di antaranya pahala yang dilipatgandakan dan meningkatkan kekhusyukan.

6. Renungkan Makna Doa

Setelah membaca doa, sempatkan waktu untuk merenungkan makna doa tersebut. Hal ini akan membantu Anda menghayati doa yang Anda baca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

7. Membaca dengan Suara yang Merdu

Jika Anda memiliki suara yang merdu, bacalah doa sholat tarawih dengan suara yang indah dan syahdu. Hal ini akan menambah kekhusyukan dan keindahan dalam ibadah Anda.

8. Berdoa dengan Sungguh-sungguh

Panjatkan doa-doa Anda dengan sungguh-sungguh dan penuh harap. Percayalah bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa-doa yang Anda panjatkan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga Anda dapat membaca doa sholat tarawih dengan lebih baik dan sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Semoga doa-doa yang Anda panjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT dan menjadi amal ibadah yang bernilai tinggi.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang manfaat membaca doa sholat tarawih secara berjamaah di masjid.

Kesimpulan

Doa sholat tarawih merupakan bagian penting dari ibadah sholat tarawih yang memiliki banyak aspek penting, mulai dari lafadz, tata cara, waktu, hingga manfaat dan keutamaannya. Membaca doa sholat tarawih dengan baik dan sesuai tuntunan dapat meningkatkan kekhusyukan dan pahala ibadah kita.

Salah satu aspek penting dalam doa sholat tarawih adalah kesunahannya untuk dikerjakan secara berjamaah di masjid. Sholat tarawih berjamaah memiliki banyak keutamaan, di antaranya pahala yang dilipatgandakan, meningkatkan kekhusyukan, dan mempererat ukhuwah sesama umat Islam. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk mengutamakan sholat tarawih berjamaah di masjid.

Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Tags

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru