Kolam Renang Kecil untuk Anak-Anak: Panduan Lengkap untuk Memilih dan Membangunnya

sisca


Kolam Renang Kecil untuk Anak-Anak: Panduan Lengkap untuk Memilih dan Membangunnya

Memiliki kolam renang kecil di rumah adalah impian banyak orang tua yang memiliki anak-anak. Kolam renang dapat menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak untuk bermain air, belajar berenang, dan bersantai. Namun, sebelum memutuskan untuk membangun kolam renang kecil untuk anak-anak, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Pertama, Anda perlu menentukan lokasi yang tepat untuk membangun kolam renang. Pastikan lokasi tersebut aman, jauh dari pohon besar, dan memiliki akses yang mudah ke air dan listrik. Kedua, Anda perlu memilih jenis kolam renang yang tepat. Ada dua jenis kolam renang yang umum digunakan, yaitu kolam renang permanen dan kolam renang portable. Kolam renang permanen terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti beton atau fiberglass. Sedangkan kolam renang portable terbuat dari bahan yang lebih ringan, seperti vinil atau karet.

Setelah Anda menentukan lokasi dan jenis kolam renang yang tepat, Anda perlu menyiapkan anggaran yang cukup untuk membangun dan memelihara kolam renang tersebut. Biaya pembangunan kolam renang bervariasi tergantung pada jenis kolam renang, ukuran kolam renang, dan bahan yang digunakan.

kolam renang kecil untuk anak

Aman, nyaman, menyenangkan.

  • Pilih lokasi yang tepat
  • Tentukan jenis kolam renang
  • Siapkan anggaran yang cukup
  • Pertimbangkan ukuran kolam renang
  • Pilih bahan kolam renang yang berkualitas
  • Perhatikan keamanan kolam renang
  • Pasang pagar pengaman
  • Berikan pengawasan saat anak bermain
  • Jaga kebersihan kolam renang
  • Lakukan perawatan kolam renang secara berkala

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, Anda dapat membangun kolam renang kecil yang aman, nyaman, dan menyenangkan untuk anak-anak Anda.

Pilih lokasi yang tepat

Pemilihan lokasi yang tepat untuk membangun kolam renang kecil untuk anak sangat penting. Lokasi yang tepat dapat memastikan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan akses ke kolam renang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi yang tepat untuk kolam renang kecil untuk anak:

1. Keamanan

Pastikan lokasi kolam renang jauh dari pohon besar, kabel listrik, dan sumber bahaya lainnya. Pastikan juga kolam renang memiliki pagar pengaman yang kokoh dan tinggi untuk mencegah anak-anak masuk tanpa pengawasan.

2. Aksesibilitas

Pilih lokasi yang mudah diakses dari rumah dan memiliki akses yang baik ke air dan listrik. Pastikan juga lokasi tersebut memiliki ruang yang cukup untuk membangun kolam renang dan area bermain anak-anak.

3. Privasi

Jika Anda menginginkan privasi, pilih lokasi yang terlindung dari pandangan tetangga dan jalan raya. Anda dapat membangun pagar atau memasang tanaman sebagai pembatas.

4. Sinar matahari

Pilih lokasi yang terkena sinar matahari yang cukup untuk menghangatkan air kolam renang dan membuat anak-anak merasa nyaman saat bermain air. Namun, hindari lokasi yang terkena sinar matahari langsung terlalu lama, karena dapat membuat air kolam renang menjadi terlalu panas dan tidak nyaman untuk anak-anak.

5. Kondisi tanah

Perhatikan kondisi tanah di lokasi yang akan dibangun kolam renang. Pastikan tanah tersebut cukup kuat untuk menahan beban kolam renang dan tidak mudah amblas. Jika kondisi tanah tidak mendukung, Anda perlu melakukan perbaikan atau penguatan tanah sebelum membangun kolam renang.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, Anda dapat memilih lokasi yang tepat untuk membangun kolam renang kecil untuk anak yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Tentukan jenis kolam renang

Ada dua jenis kolam renang yang umum digunakan untuk anak-anak, yaitu kolam renang permanen dan kolam renang portable. Masing-masing jenis kolam renang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Berikut adalah penjelasannya:

  • Kolam renang permanen

Kolam renang permanen terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti beton atau fiberglass. Kolam renang jenis ini lebih mahal daripada kolam renang portable, tetapi lebih awet dan mudah dirawat. Kolam renang permanen juga dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda, seperti bentuk, ukuran, dan kedalaman kolam renang.

Kolam renang portable

Kolam renang portable terbuat dari bahan yang lebih ringan, seperti vinil atau karet. Kolam renang jenis ini lebih terjangkau daripada kolam renang permanen, tetapi tidak sekuat dan setahan lama kolam renang permanen. Kolam renang portable juga lebih mudah dipasang dan dibongkar, sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan kolam renang sementara atau musiman.

Selain kedua jenis kolam renang tersebut, ada juga kolam renang semi-permanen yang terbuat dari bahan yang lebih kuat daripada kolam renang portable, tetapi tidak sekuat kolam renang permanen. Kolam renang semi-permanen biasanya terbuat dari rangka baja atau aluminium yang dilapisi dengan bahan vinil atau karet. Kolam renang jenis ini lebih mahal daripada kolam renang portable, tetapi lebih murah daripada kolam renang permanen.

Siapkan anggaran yang cukup

Biaya pembangunan kolam renang kecil untuk anak bervariasi tergantung pada jenis kolam renang, ukuran kolam renang, dan bahan yang digunakan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan anggaran untuk pembangunan kolam renang kecil untuk anak:

  • Jenis kolam renang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada tiga jenis kolam renang yang umum digunakan, yaitu kolam renang permanen, kolam renang portable, dan kolam renang semi-permanen. Kolam renang permanen adalah yang paling mahal, diikuti oleh kolam renang semi-permanen, dan kemudian kolam renang portable.

Ukuran kolam renang

Semakin besar ukuran kolam renang, semakin mahal biaya pembangunannya. Oleh karena itu, tentukan ukuran kolam renang yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Bahan kolam renang

Bahan kolam renang juga mempengaruhi biaya pembangunan. Kolam renang yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti beton atau fiberglass, lebih mahal daripada kolam renang yang terbuat dari bahan berkualitas rendah, seperti vinil atau karet.

Biaya tambahan

Selain biaya pembangunan kolam renang itu sendiri, ada juga biaya tambahan yang perlu diperhatikan, seperti biaya pemasangan pagar pengaman, biaya perawatan kolam renang, dan biaya pengawasan anak-anak saat bermain di kolam renang.

Setelah mempertimbangkan semua faktor tersebut, Anda dapat menyiapkan anggaran yang cukup untuk pembangunan kolam renang kecil untuk anak. Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk menutupi semua biaya, termasuk biaya pembangunan, biaya perawatan, dan biaya pengawasan anak-anak.

Pertimbangkan ukuran kolam renang

Ukuran kolam renang kecil untuk anak harus disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempertimbangkan ukuran kolam renang kecil untuk anak:

  • Jumlah anak

Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, maka Anda perlu mempertimbangkan ukuran kolam renang yang cukup besar untuk menampung semua anak bermain dengan nyaman.

Usia anak

Untuk anak-anak yang lebih kecil, Anda perlu mempertimbangkan kolam renang dengan kedalaman yang dangkal. Sedangkan untuk anak-anak yang lebih besar, Anda dapat mempertimbangkan kolam renang dengan kedalaman yang lebih dalam.

Aktivitas anak

Jika anak-anak Anda suka bermain air dan berenang, maka Anda perlu mempertimbangkan kolam renang dengan ukuran yang cukup besar untuk mereka bergerak bebas.

Ketersediaan lahan

Pastikan Anda memiliki lahan yang cukup untuk membangun kolam renang kecil untuk anak. Pertimbangkan juga ruang untuk area bermain anak-anak di sekitar kolam renang.

Setelah mempertimbangkan semua faktor tersebut, Anda dapat menentukan ukuran kolam renang kecil untuk anak yang tepat. Pastikan ukuran kolam renang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan.

Pilih bahan kolam renang yang berkualitas

Bahan kolam renang yang berkualitas akan menentukan keamanan, kenyamanan, dan daya tahan kolam renang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bahan kolam renang yang berkualitas untuk kolam renang kecil untuk anak:

  • Keamanan

Pastikan bahan kolam renang yang dipilih aman untuk anak-anak. Bahan kolam renang tidak boleh mengandung bahan kimia berbahaya atau bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Kenyamanan

Pilih bahan kolam renang yang nyaman untuk anak-anak. Bahan kolam renang harus halus dan tidak kasar, sehingga tidak membuat kulit anak-anak terluka.

Daya tahan

Pilih bahan kolam renang yang memiliki daya tahan yang baik. Bahan kolam renang harus mampu menahan cuaca ekstrem dan penggunaan yang intensif oleh anak-anak.

Harga

Pertimbangkan harga bahan kolam renang yang sesuai dengan anggaran Anda. Namun, jangan mengorbankan kualitas bahan kolam renang demi harga yang lebih murah.

Setelah mempertimbangkan semua faktor tersebut, Anda dapat memilih bahan kolam renang yang berkualitas untuk kolam renang kecil untuk anak. Bahan kolam renang yang berkualitas akan memastikan keamanan, kenyamanan, dan daya tahan kolam renang, sehingga anak-anak dapat bermain air dan berenang dengan senang hati.

Perhatikan keamanan kolam renang

Keamanan kolam renang kecil untuk anak harus menjadi prioritas utama. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga keamanan kolam renang kecil untuk anak:

  • Pagar pengaman

Pasang pagar pengaman yang kokoh dan tinggi di sekitar kolam renang. Pagar pengaman harus memiliki pintu yang dapat dikunci, sehingga anak-anak tidak dapat masuk ke kolam renang tanpa pengawasan.

Penutup kolam renang

Gunakan penutup kolam renang saat kolam renang tidak digunakan. Penutup kolam renang akan mencegah anak-anak jatuh ke dalam kolam renang secara tidak sengaja.

Peralatan keselamatan

Sediakan peralatan keselamatan di sekitar kolam renang, seperti pelampung, tali penyelamat, dan kotak P3K. Pastikan peralatan keselamatan tersebut selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan.

Pengawasan orang dewasa

Selalu awasi anak-anak saat mereka bermain di kolam renang. Jangan pernah meninggalkan anak-anak sendirian di kolam renang, meskipun mereka sudah bisa berenang.

Dengan memperhatikan semua faktor tersebut, Anda dapat memastikan keamanan kolam renang kecil untuk anak. Anak-anak dapat bermain air dan berenang dengan senang hati, sementara orang tua dapat merasa tenang karena keamanan anak-anak terjamin.

Pasang pagar pengaman

Pagar pengaman adalah salah satu elemen terpenting dalam menjaga keamanan kolam renang kecil untuk anak. Pagar pengaman berfungsi untuk mencegah anak-anak masuk ke kolam renang tanpa pengawasan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memasang pagar pengaman di sekitar kolam renang kecil untuk anak:

1. Tinggi pagar

Pagar pengaman harus memiliki tinggi minimal 1,2 meter. Tinggi tersebut cukup untuk mencegah anak-anak memanjat pagar dan masuk ke kolam renang tanpa pengawasan.

2. Kekokohan pagar

Pagar pengaman harus terbuat dari bahan yang kokoh dan kuat. Pastikan pagar pengaman tidak mudah roboh atau rusak, sehingga dapat melindungi anak-anak dengan baik.

3. Pintu pagar

Pagar pengaman harus memiliki pintu yang dapat dikunci. Pastikan pintu pagar selalu terkunci saat kolam renang tidak digunakan, sehingga anak-anak tidak dapat masuk ke kolam renang tanpa pengawasan.

4. Jarak pagar dari kolam renang

Pasang pagar pengaman dengan jarak minimal 1 meter dari kolam renang. Jarak tersebut cukup untuk mencegah anak-anak meraih atau menyentuh air kolam renang dari luar pagar.

Dengan memasang pagar pengaman yang kokoh dan tinggi, Anda dapat mencegah anak-anak masuk ke kolam renang tanpa pengawasan. Anak-anak dapat bermain air dan berenang dengan senang hati, sementara orang tua dapat merasa tenang karena keamanan anak-anak terjamin.

Berikan pengawasan saat anak bermain

Pengawasan orang dewasa sangat penting saat anak-anak bermain di kolam renang. Pengawasan yang baik dapat mencegah terjadinya kecelakaan dan memastikan keamanan anak-anak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan pengawasan saat anak-anak bermain di kolam renang kecil untuk anak:

  • Selalu awasi anak-anak

Jangan pernah meninggalkan anak-anak sendirian di kolam renang, meskipun mereka sudah bisa berenang. Selalu awasi anak-anak saat mereka bermain di kolam renang, meskipun hanya sebentar.

Duduklah di dekat kolam renang

Saat anak-anak bermain di kolam renang, duduklah di dekat kolam renang sehingga Anda dapat mengawasi mereka dengan mudah. Pastikan Anda dapat melihat seluruh area kolam renang dari tempat Anda duduk.

Ajari anak-anak tentang keselamatan air

Ajari anak-anak tentang keselamatan air, seperti cara berenang yang benar, cara menggunakan pelampung, dan cara mengatasi keadaan darurat di air. Pastikan anak-anak memahami pentingnya keselamatan air dan mengikuti aturan keselamatan yang telah Anda ajarkan.

Siapkan peralatan keselamatan

Sediakan peralatan keselamatan di sekitar kolam renang, seperti pelampung, tali penyelamat, dan kotak P3K. Pastikan peralatan keselamatan tersebut selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan.

Dengan memberikan pengawasan yang baik saat anak-anak bermain di kolam renang, Anda dapat mencegah terjadinya kecelakaan dan memastikan keamanan anak-anak. Anak-anak dapat bermain air dan berenang dengan senang hati, sementara orang tua dapat merasa tenang karena keamanan anak-anak terjamin.

Jaga kebersihan kolam renang

Kebersihan kolam renang sangat penting untuk menjaga kesehatan anak-anak. Kolam renang yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, muntaber, dan infeksi kulit. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan kolam renang kecil untuk anak:

1. Bersihkan kolam renang secara rutin

Bersihkan kolam renang setidaknya sekali seminggu. Gunakan sikat dan pembersih kolam renang untuk membersihkan dinding, lantai, dan sudut-sudut kolam renang. Bersihkan juga filter kolam renang secara rutin untuk menghilangkan kotoran dan debu.

2. Periksa kadar pH air kolam renang

Periksa kadar pH air kolam renang secara rutin menggunakan test kit. Kadar pH air kolam renang yang ideal adalah antara 7,2 dan 7,8. Jika kadar pH air kolam renang terlalu rendah atau terlalu tinggi, dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata pada anak-anak.

3. Tambahkan kaporit atau klorin ke dalam air kolam renang

Tambahkan kaporit atau klorin ke dalam air kolam renang sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Kaporit atau klorin berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman dalam air kolam renang.

4. Ganti air kolam renang secara berkala

Ganti air kolam renang secara berkala, setidaknya setiap 3-6 bulan sekali. Ganti air kolam renang lebih sering jika kolam renang digunakan secara intensif oleh anak-anak.

Dengan menjaga kebersihan kolam renang secara rutin, Anda dapat memastikan kesehatan anak-anak saat bermain air dan berenang di kolam renang. Anak-anak dapat bermain air dan berenang dengan senang hati, sementara orang tua dapat merasa tenang karena kesehatan anak-anak terjamin.

Lakukan perawatan kolam renang secara berkala

Perawatan kolam renang secara berkala diperlukan untuk menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan kolam renang. Perawatan kolam renang yang baik dapat memperpanjang umur kolam renang dan mencegah terjadinya kerusakan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan kolam renang kecil untuk anak secara berkala:

  • Bersihkan permukaan air kolam renang

Bersihkan permukaan air kolam renang dari kotoran, seperti daun, ranting, dan serangga. Gunakan jaring pembersih kolam renang untuk mengangkat kotoran dari permukaan air kolam renang.

Sikat dinding dan lantai kolam renang

Sikat dinding dan lantai kolam renang menggunakan sikat kolam renang. Pastikan untuk menyikat semua sudut dan celah kolam renang. Bersihkan juga tangga dan pegangan kolam renang.

Periksa kadar pH dan klorin air kolam renang

Periksa kadar pH dan klorin air kolam renang secara rutin menggunakan test kit. Sesuaikan kadar pH dan klorin air kolam renang sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Bersihkan filter kolam renang

Bersihkan filter kolam renang secara rutin. Filter kolam renang berfungsi untuk menyaring kotoran dari air kolam renang. Pastikan filter kolam renang selalu bersih agar dapat bekerja dengan baik.

Dengan melakukan perawatan kolam renang secara berkala, Anda dapat memastikan kebersihan, keamanan, dan kenyamanan kolam renang kecil untuk anak. Anak-anak dapat bermain air dan berenang dengan senang hati, sementara orang tua dapat merasa tenang karena kesehatan dan keselamatan anak-anak terjamin.

FAQ

Hai anak-anak! Punya pertanyaan tentang kolam renang kecil untuk anak? Yuk, simak FAQ berikut ini:

Question 1: Apa itu kolam renang kecil untuk anak?

Answer 1: Kolam renang kecil untuk anak adalah kolam renang yang dirancang khusus untuk anak-anak. Kolam renang ini biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dan kedalaman yang lebih dangkal daripada kolam renang untuk dewasa. Kolam renang kecil untuk anak juga dilengkapi dengan pagar pengaman dan peralatan keselamatan lainnya untuk memastikan keamanan anak-anak saat bermain air.

Question 2: Apa saja manfaat bermain air di kolam renang kecil untuk anak?

Answer 2: Bermain air di kolam renang kecil untuk anak memiliki banyak manfaat, antara lain: meningkatkan keterampilan motorik anak, melatih keberanian anak, mengajarkan anak tentang keselamatan air, dan memberikan kesempatan bagi anak untuk bersenang-senang dan berekreasi.

Question 3: Bagaimana cara memilih kolam renang kecil untuk anak yang tepat?

Answer 3: Saat memilih kolam renang kecil untuk anak, pertimbangkan beberapa hal berikut: ukuran kolam renang, kedalaman kolam renang, bahan kolam renang, fitur keamanan kolam renang, dan harga kolam renang.

Question 4: Bagaimana cara merawat kolam renang kecil untuk anak?

Answer 4: Untuk merawat kolam renang kecil untuk anak, lakukan beberapa hal berikut: bersihkan permukaan air kolam renang secara rutin, sikat dinding dan lantai kolam renang secara berkala, periksa kadar pH dan klorin air kolam renang secara rutin, dan bersihkan filter kolam renang secara rutin.

Question 5: Apa saja yang perlu diperhatikan saat anak bermain di kolam renang kecil?

Answer 5: Saat anak bermain di kolam renang kecil, perhatikan beberapa hal berikut: selalu awasi anak saat bermain di kolam renang, duduklah di dekat kolam renang saat anak bermain, ajari anak tentang keselamatan air, dan sediakan peralatan keselamatan di sekitar kolam renang.

Question 6: Apakah anak-anak diperbolehkan berenang di kolam renang untuk dewasa?

Answer 6: Sebaiknya tidak. Kolam renang untuk dewasa biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan kedalaman yang lebih dalam daripada kolam renang kecil untuk anak. Selain itu, kolam renang untuk dewasa mungkin tidak dilengkapi dengan pagar pengaman dan peralatan keselamatan lainnya yang diperlukan untuk memastikan keamanan anak-anak.

Demikian FAQ tentang kolam renang kecil untuk anak. Semoga bermanfaat!

Selain memperhatikan hal-hal tersebut, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda lakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan anak-anak saat bermain di kolam renang kecil. Misalnya, Anda dapat menyediakan mainan air yang aman untuk anak-anak, seperti bola pantai, bebek karet, dan pelampung.

Tips

Hai anak-anak! Selain memperhatikan hal-hal penting yang sudah disebutkan sebelumnya, berikut ini ada beberapa tips tambahan yang dapat kalian lakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat bermain di kolam renang kecil:

Tip 1: Gunakan pakaian renang yang tepat

Saat bermain di kolam renang, gunakan pakaian renang yang terbuat dari bahan yang nyaman dan tidak mudah menyerap air. Hindari menggunakan pakaian renang yang terlalu longgar karena dapat membahayakan keselamatan kalian.

Tip 2: Lakukan pemanasan sebelum berenang

Sebelum berenang, lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti jogging di tempat, jumping jacks, dan gerakan peregangan. Pemanasan dapat membantu mencegah kram otot dan cedera saat berenang.

Tip 3: Berenanglah dengan teman atau orang dewasa

Jangan berenang sendirian. Selalu berenang bersama teman atau orang dewasa yang dapat mengawasi kalian. Jika terjadi sesuatu, teman atau orang dewasa tersebut dapat segera memberikan bantuan.

Tip 4: Jangan menyelam di tempat yang dangkal

Saat berenang, jangan menyelam di tempat yang dangkal. Pastikan kalian menyelam di tempat yang cukup dalam dan tidak ada benda-benda berbahaya di bawah air.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kalian dapat bermain air di kolam renang kecil dengan aman dan nyaman. Selamat bermain!

Demikian tips-tips untuk anak-anak saat bermain di kolam renang kecil. Semoga bermanfaat dan membuat pengalaman bermain air kalian semakin menyenangkan.

Conclusion

Demikian informasi tentang kolam renang kecil untuk anak. Semoga bermanfaat bagi anak-anak dan orang tua yang ingin membangun atau menggunakan kolam renang kecil untuk anak.

Ingatlah selalu, keselamatan anak-anak adalah yang utama. Pastikan untuk memilih kolam renang kecil yang tepat, merawat kolam renang dengan baik, dan mengawasi anak-anak saat mereka bermain di kolam renang.

Dengan memperhatikan semua hal tersebut, anak-anak dapat bermain air dan berenang di kolam renang kecil dengan aman dan nyaman. Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan. Semoga anak-anak dapat menikmati waktu bermain mereka di kolam renang kecil dengan penuh keceriaan.

Selamat bermain air!


Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru