Nama Anak Laki Laki Unik

sisca


Nama Anak Laki Laki Unik

Selamat! Anda sedang menantikan kelahiran seorang bayi laki-laki. Anda pasti sudah mulai memikirkan nama yang tepat untuknya. Nama adalah doa dan harapan orang tua untuk anaknya. Oleh karena itu, memilih nama yang unik dan bermakna sangatlah penting.

Ada banyak sekali nama anak laki-laki unik yang bisa Anda pilih. Namun, sebelum memutuskan nama yang tepat, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut. Pertama, pilihlah nama yang mudah diucapkan dan dieja. Hindari nama yang terlalu panjang atau sulit dieja, karena akan menyulitkan anak Anda ketika ia dewasa.

Kemudian, pilihlah nama yang memiliki arti yang baik. Nama yang baik akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda. Hindari nama yang memiliki arti yang buruk atau negatif, karena akan membawa dampak buruk bagi anak Anda.

nama anak laki laki unik

Memberikan kesan yang baik dan bermakna.

  • Mudah diucapkan dan dieja.
  • Memiliki arti yang baik.
  • Tidak pasaran.
  • Berasal dari bahasa yang indah.
  • Memiliki makna yang positif.
  • Mencerminkan sifat atau karakter yang baik.
  • Tidak mengandung unsur SARA.
  • Tidak terlalu panjang atau pendek.
  • Enak didengar.
  • Tidak mengandung arti yang negatif.

Dengan mempertimbangkan 10 poin penting tersebut, Anda dapat memilih nama anak laki-laki yang unik dan bermakna untuk buah hati Anda.

Mudah diucapkan dan dieja.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah mudah diucapkan dan dieja. Hal ini penting agar anak Anda tidak kesulitan ketika ia harus menyebutkan namanya sendiri atau ketika orang lain memanggil namanya. Nama yang sulit diucapkan atau dieja akan membuat anak Anda merasa minder dan tidak percaya diri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar nama anak laki-laki yang Anda pilih mudah diucapkan dan dieja. Pertama, hindari nama yang terlalu panjang. Nama yang terlalu panjang akan sulit diucapkan dan diingat, terutama bagi anak-anak kecil. Kedua, hindari nama yang mengandung huruf atau suku kata yang sulit diucapkan. Misalnya, huruf “r” dan “l” yang berdekatan akan membuat nama sulit diucapkan. Ketiga, hindari nama yang memiliki ejaan yang tidak biasa atau rumit. Misalnya, nama “Xavi” atau “Zayn” mungkin terlihat unik, tetapi akan sulit dieja oleh kebanyakan orang.

Pilihlah nama yang sederhana dan mudah diucapkan. Nama yang sederhana akan lebih mudah diingat dan diucapkan oleh anak Anda dan orang lain. Hindari nama yang mengandung huruf atau suku kata yang sulit diucapkan, seperti huruf “r” dan “l” yang berdekatan. Misalnya, nama “Reksa” atau “Luthfi” lebih mudah diucapkan daripada “Resky” atau “Lutfhi”.

Anda juga dapat memilih nama yang memiliki ejaan yang sederhana dan mudah diingat. Misalnya, nama “Arka” atau “Nara” lebih mudah dieja daripada “Arkha” atau “Narae”.

Dengan memilih nama yang mudah diucapkan dan dieja, Anda akan membantu anak Anda untuk merasa percaya diri dan tidak minder dengan namanya sendiri.

Memiliki arti yang baik.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah memiliki arti yang baik. Nama yang baik akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda. Sebaliknya, nama yang buruk atau negatif akan membawa dampak buruk bagi anak Anda.

Ada banyak sekali nama anak laki-laki yang memiliki arti yang baik. Anda dapat memilih nama yang sesuai dengan harapan dan doa Anda untuk anak Anda. Misalnya, jika Anda ingin anak Anda menjadi seorang yang pemberani, Anda dapat memilih nama “Singa” atau “Macan”. Jika Anda ingin anak Anda menjadi seorang yang cerdas, Anda dapat memilih nama “Pintar” atau “Cendekia”.

Anda juga dapat memilih nama anak laki-laki yang memiliki arti yang unik dan bermakna. Misalnya, nama “Langit” berarti “tempat yang tinggi dan luas”. Nama “Laut” berarti “kumpulan air yang sangat luas”. Nama “Gunung” berarti “tanah yang tinggi menjulang”.

Selain itu, Anda juga dapat memilih nama anak laki-laki yang memiliki arti yang berhubungan dengan sifat atau karakter yang baik. Misalnya, nama “Adil” berarti “orang yang selalu bersikap adil”. Nama “Bijaksana” berarti “orang yang memiliki kebijaksanaan”. Nama “Dermawan” berarti “orang yang suka memberi”.

Dengan memilih nama yang memiliki arti yang baik, Anda akan memberikan doa dan harapan terbaik Anda untuk anak Anda.

Tidak pasaran.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah tidak pasaran. Nama yang pasaran akan membuat anak Anda terlihat biasa-biasa saja dan tidak memiliki ciri khas. Selain itu, nama yang pasaran juga akan membuat anak Anda mudah tertukar dengan anak-anak lain yang memiliki nama yang sama.

Ada banyak sekali cara untuk memilih nama anak laki-laki yang tidak pasaran. Salah satunya adalah dengan memilih nama yang berasal dari bahasa atau budaya yang berbeda. Misalnya, Anda dapat memilih nama “Aiden” yang berasal dari bahasa Irlandia, atau “Kai” yang berasal dari bahasa Jepang.

Anda juga dapat memilih nama anak laki-laki yang jarang digunakan di Indonesia. Misalnya, nama “Bayu” atau “Langit” lebih jarang digunakan daripada nama “Rangga” atau “Dimas”.

Selain itu, Anda juga dapat memilih nama anak laki-laki yang memiliki ejaan yang unik. Misalnya, nama “Xavi” atau “Zayn” mungkin terlihat pasaran, tetapi ejaan yang unik akan membuat nama tersebut menjadi lebih istimewa.

Dengan memilih nama yang tidak pasaran, Anda akan membuat anak Anda terlihat lebih unik dan berkarakter.

Berasal dari bahasa yang indah.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah berasal dari bahasa yang indah. Bahasa yang indah akan membuat nama tersebut terdengar lebih merdu dan enak didengar. Selain itu, nama yang berasal dari bahasa yang indah juga akan memberikan kesan yang positif dan berkelas.

Ada banyak sekali bahasa di dunia yang memiliki keindahan tersendiri. Anda dapat memilih nama anak laki-laki yang berasal dari bahasa Arab, Inggris, Prancis, Jepang, atau bahasa lainnya yang Anda sukai.

Beberapa contoh nama anak laki-laki yang berasal dari bahasa yang indah antara lain:

* **Arab:** Adam, Ali, Hasan, Hussein, Khalid, Muhammad, Omar, Usman
* **Inggris:** Alexander, Arthur, Benjamin, Charles, David, Edward, George, Henry, James, John, Joseph, Michael, Richard, Robert, Thomas, William
* **Prancis:** Antoine, Charles, Claude, Francois, Henri, Jean, Louis, Marcel, Maurice, Michel, Pierre, Robert
* **Jepang:** Akira, Daichi, Haruto, Hiroki, Kazuma, Ken, Kota, Masato, Ryota, Shota, Sora, Takumi, Yamato

Dengan memilih nama yang berasal dari bahasa yang indah, Anda akan membuat anak Anda memiliki nama yang terdengar merdu dan berkelas.

Memiliki makna yang positif.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah memiliki makna yang positif. Nama yang positif akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda. Sebaliknya, nama yang negatif atau buruk akan membawa dampak buruk bagi anak Anda.

  • Membawa keberuntungan dan kebaikan.

    Nama yang positif akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda. Misalnya, nama “Reza” berarti “keberuntungan”, nama “Hendra” berarti “kebahagiaan”, dan nama “Mubarok” berarti “berkah”.

  • Mencerminkan sifat atau karakter yang baik.

    Nama yang positif dapat mencerminkan sifat atau karakter yang baik. Misalnya, nama “Adil” berarti “orang yang selalu bersikap adil”, nama “Bijaksana” berarti “orang yang memiliki kebijaksanaan”, dan nama “Dermawan” berarti “orang yang suka memberi”.

  • Memberikan harapan dan doa yang baik.

    Nama yang positif dapat memberikan harapan dan doa yang baik untuk anak Anda. Misalnya, nama “Harapan” berarti “keinginan yang kuat untuk mencapai sesuatu”, nama “Doa” berarti “permohonan kepada Tuhan”, dan nama “Cita-cita” berarti “tujuan atau keinginan yang ingin dicapai”.

  • Menghindari nama yang negatif atau buruk.

    Hindari memilih nama yang memiliki makna yang negatif atau buruk. Misalnya, nama “Dosa” berarti “perbuatan yang salah”, nama “Sial” berarti “nasib buruk”, dan nama “Celaka” berarti “musibah”.

Dengan memilih nama yang memiliki makna yang positif, Anda akan memberikan doa dan harapan terbaik Anda untuk anak Anda.

Mencerminkan sifat atau karakter yang baik.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah mencerminkan sifat atau karakter yang baik. Nama yang baik akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda. Sebaliknya, nama yang buruk atau negatif akan membawa dampak buruk bagi anak Anda.

Ada banyak sekali sifat atau karakter yang baik yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk memilih nama anak laki-laki Anda. Misalnya, Anda dapat memilih nama yang mencerminkan sifat-sifat seperti kejujuran, kebaikan, keberanian, dan tanggung jawab.

Beberapa contoh nama anak laki-laki yang mencerminkan sifat atau karakter yang baik antara lain:

* **Jujur:** Amanah, Satria, Setia, Teguh
* **Baik hati:** Budiman, Dermawan, Ikhlas, Welas Asih
* **Berani:** Gagah, Perkasa, Tegar, Wira
* **Tanggung jawab:** Andal, Handal, Kokoh, Kuat

Dengan memilih nama yang mencerminkan sifat atau karakter yang baik, Anda akan memberikan doa dan harapan terbaik Anda untuk anak Anda.

Selain itu, nama yang baik juga akan membuat anak Anda merasa bangga dan percaya diri. Anak Anda akan merasa senang ketika dipanggil dengan nama yang memiliki makna yang positif dan mencerminkan sifat atau karakter yang baik.

Tidak mengandung unsur SARA.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan). Nama yang mengandung unsur SARA dapat menimbulkan perpecahan dan konflik. Selain itu, nama yang mengandung unsur SARA juga dapat membuat anak Anda merasa minder dan tidak percaya diri.

Ada banyak sekali nama anak laki-laki yang tidak mengandung unsur SARA. Anda dapat memilih nama yang berasal dari bahasa atau budaya yang berbeda. Misalnya, Anda dapat memilih nama “Aiden” yang berasal dari bahasa Irlandia, atau “Kai” yang berasal dari bahasa Jepang.

Anda juga dapat memilih nama anak laki-laki yang tidak memiliki arti yang berhubungan dengan SARA. Misalnya, nama “Bayu” atau “Langit” lebih netral daripada nama “Rangga” atau “Dimas”.

Selain itu, Anda juga dapat memilih nama anak laki-laki yang tidak mengandung unsur SARA dengan cara menghindari penggunaan nama-nama yang bersifat menghina atau merendahkan. Misalnya, hindari menggunakan nama-nama seperti “Anjing”, “Babi”, atau “Kafir”.

Dengan memilih nama yang tidak mengandung unsur SARA, Anda akan membuat anak Anda merasa bangga dan percaya diri. Anak Anda juga akan terhindar dari perpecahan dan konflik yang mungkin timbul akibat penggunaan nama yang mengandung unsur SARA.

Tidak terlalu panjang atau pendek.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah tidak terlalu panjang atau pendek. Nama yang terlalu panjang akan sulit diucapkan dan diingat, terutama bagi anak-anak kecil. Sedangkan nama yang terlalu pendek akan terdengar kurang bermakna dan kurang berkarakter.

  • Nama yang ideal terdiri dari 2-3 suku kata.

    Nama yang terdiri dari 2-3 suku kata akan lebih mudah diucapkan dan diingat. Selain itu, nama yang terdiri dari 2-3 suku kata juga akan terdengar lebih bermakna dan lebih berkarakter.

  • Hindari nama yang terlalu panjang.

    Nama yang terlalu panjang akan sulit diucapkan dan diingat, terutama bagi anak-anak kecil. Selain itu, nama yang terlalu panjang juga akan terlihat kurang rapi dan kurang estetis.

  • Hindari nama yang terlalu pendek.

    Nama yang terlalu pendek akan terdengar kurang bermakna dan kurang berkarakter. Selain itu, nama yang terlalu pendek juga akan membuat anak Anda terlihat kurang percaya diri.

  • Pertimbangkan nama panggilan.

    Jika Anda memilih nama yang cukup panjang, pertimbangkan untuk menggunakan nama panggilan. Nama panggilan akan membuat nama anak Anda lebih mudah diucapkan dan diingat. Selain itu, nama panggilan juga akan membuat anak Anda merasa lebih akrab dengan namanya sendiri.

Dengan memilih nama yang tidak terlalu panjang atau pendek, Anda akan membuat anak Anda merasa bangga dan percaya diri. Anak Anda juga akan lebih mudah untuk mengucapkan dan mengingat namanya sendiri.

Enak didengar.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah enak didengar. Nama yang enak didengar akan membuat anak Anda merasa senang dan percaya diri. Selain itu, nama yang enak didengar juga akan membuat orang lain merasa senang ketika mendengarnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar nama anak laki-laki yang Anda pilih enak didengar. Pertama, pilihlah nama yang memiliki bunyi yang merdu. Hindari nama yang memiliki bunyi yang kasar atau tidak enak didengar.

Kedua, pilihlah nama yang memiliki ritme yang baik. Nama yang memiliki ritme yang baik akan terdengar lebih enak didengar. Misalnya, nama “Muhammad” memiliki ritme yang baik karena memiliki bunyi yang bervariasi (ma-ha-mmad).

Ketiga, pilihlah nama yang memiliki panjang yang sesuai. Nama yang terlalu panjang atau terlalu pendek akan terdengar kurang enak didengar. Nama yang ideal terdiri dari 2-3 suku kata.

Keempat, pilihlah nama yang sesuai dengan kepribadian anak Anda. Nama yang sesuai dengan kepribadian anak Anda akan membuatnya merasa lebih percaya diri dan bangga.

Dengan memilih nama yang enak didengar, Anda akan membuat anak Anda merasa senang dan percaya diri. Selain itu, nama yang enak didengar juga akan membuat orang lain merasa senang ketika mendengarnya.

Tidak mengandung arti yang negatif.

Nama anak laki-laki yang unik haruslah tidak mengandung arti yang negatif. Nama yang mengandung arti yang negatif akan membawa dampak buruk bagi anak Anda. Selain itu, nama yang mengandung arti yang negatif juga akan membuat anak Anda merasa minder dan tidak percaya diri.

  • Hindari nama yang memiliki arti yang buruk atau jahat.

    Nama yang memiliki arti yang buruk atau jahat akan membawa dampak buruk bagi anak Anda. Misalnya, nama “Dosa” berarti “perbuatan yang salah”, nama “Sial” berarti “nasib buruk”, dan nama “Celaka” berarti “musibah”.

  • Hindari nama yang memiliki arti yang tidak pantas.

    Nama yang memiliki arti yang tidak pantas akan membuat anak Anda merasa minder dan tidak percaya diri. Misalnya, nama “Anjing” atau “Babi” adalah nama yang tidak pantas untuk diberikan kepada anak laki-laki.

  • Hindari nama yang memiliki arti yang kuno atau ketinggalan zaman.

    Nama yang memiliki arti yang kuno atau ketinggalan zaman akan membuat anak Anda terlihat kurang modern dan kurang percaya diri. Misalnya, nama “Joko” atau “Suparman” adalah nama yang sudah kuno dan jarang digunakan saat ini.

  • Pilihlah nama yang memiliki arti yang positif dan baik.

    Nama yang memiliki arti yang positif dan baik akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda. Misalnya, nama “Reza” berarti “keberuntungan”, nama “Hendra” berarti “kebahagiaan”, dan nama “Mubarok” berarti “berkah”.

Dengan memilih nama yang tidak mengandung arti yang negatif, Anda akan membuat anak Anda merasa bangga dan percaya diri. Selain itu, nama yang tidak mengandung arti yang negatif juga akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh para orang tua tentang nama anak laki-laki yang unik:

Question 1: Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih nama anak laki-laki yang unik?
Answer 1: Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih nama anak laki-laki yang unik, yaitu:

  • Pilihlah nama yang mudah diucapkan dan dieja.
  • Pilihlah nama yang memiliki arti yang baik.
  • Pilihlah nama yang tidak pasaran.
  • Pilihlah nama yang berasal dari bahasa yang indah.
  • Pilihlah nama yang memiliki makna yang positif.
  • Pilihlah nama yang mencerminkan sifat atau karakter yang baik.
  • Pilihlah nama yang tidak mengandung unsur SARA.
  • Pilihlah nama yang tidak terlalu panjang atau pendek.
  • Pilihlah nama yang enak didengar.
  • Pilihlah nama yang tidak mengandung arti yang negatif.

Question 2: Bagaimana cara memilih nama anak laki-laki yang unik yang sesuai dengan kepribadian anak?
Answer 2: Untuk memilih nama anak laki-laki yang unik yang sesuai dengan kepribadian anak, Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Amati sifat dan karakter anak Anda.
  • Pilihlah nama yang mencerminkan sifat dan karakter tersebut.
  • Anda juga dapat memilih nama yang memiliki arti yang berhubungan dengan harapan dan doa Anda untuk anak Anda.

Question 3: Apa saja contoh nama anak laki-laki yang unik?
Answer 3: Berikut adalah beberapa contoh nama anak laki-laki yang unik:

  • Aksa (berarti “pemimpin yang bijaksana”)
  • Bayu (berarti “angin”)
  • Cakra (berarti “roda kehidupan”)
  • Dewa (berarti “dewa”)
  • Eka (berarti “satu”)
  • Fajar (berarti “waktu subuh”)
  • Galang (berarti “cahaya”)
  • Haris (berarti “matahari”)
  • Indra (berarti “raja”)
  • Jaya (berarti “kemenangan”)

Question 7: Di mana saya dapat menemukan inspirasi untuk memilih nama anak laki-laki yang unik?
Answer 7: Anda dapat menemukan inspirasi untuk memilih nama anak laki-laki yang unik dari berbagai sumber, seperti:

  • Buku-buku tentang nama bayi.
  • Situs web tentang nama bayi.
  • Film dan acara TV.
  • Tokoh-tokoh sejarah.
  • Alam.
  • Budaya dan tradisi.

Question 8: Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat menemukan nama anak laki-laki yang unik yang sesuai dengan keinginan saya?
Answer 8: Jika Anda tidak dapat menemukan nama anak laki-laki yang unik yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat mencoba untuk menggabungkan dua atau lebih nama menjadi satu nama yang unik. Misalnya, Anda dapat menggabungkan nama “Aksa” dan “Bayu” menjadi nama “Aksabayu”.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh para orang tua tentang nama anak laki-laki yang unik. Semoga bermanfaat!

Selain memilih nama yang unik, Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips berikut agar nama anak laki-laki Anda terdengar lebih menarik dan bermakna:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih nama anak laki-laki yang unik dan bermakna:

Tip 1: Pilihlah nama yang memiliki arti yang baik.

Nama yang memiliki arti yang baik akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda. Sebaliknya, nama yang memiliki arti yang buruk atau negatif akan membawa dampak buruk bagi anak Anda. Misalnya, nama “Reza” berarti “keberuntungan”, nama “Hendra” berarti “kebahagiaan”, dan nama “Mubarok” berarti “berkah”.

Tip 2: Pilihlah nama yang mencerminkan sifat atau karakter yang baik.

Nama yang mencerminkan sifat atau karakter yang baik akan membuat anak Anda merasa bangga dan percaya diri. Misalnya, nama “Adil” berarti “orang yang selalu bersikap adil”, nama “Bijaksana” berarti “orang yang memiliki kebijaksanaan”, dan nama “Dermawan” berarti “orang yang suka memberi”.

Tip 3: Pilihlah nama yang unik dan tidak pasaran.

Nama yang unik dan tidak pasaran akan membuat anak Anda terlihat lebih istimewa dan berkarakter. Anda dapat memilih nama yang berasal dari bahasa atau budaya yang berbeda. Misalnya, Anda dapat memilih nama “Aiden” yang berasal dari bahasa Irlandia, atau “Kai” yang berasal dari bahasa Jepang.

Tip 4: Pilihlah nama yang mudah diucapkan dan dieja.

Nama yang mudah diucapkan dan dieja akan membuat anak Anda merasa lebih percaya diri. Selain itu, nama yang mudah diucapkan dan dieja juga akan memudahkan orang lain untuk mengingat nama anak Anda. Misalnya, nama “Bayu” atau “Langit” lebih mudah diucapkan daripada nama “Rangga” atau “Dimas”.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memilih nama anak laki-laki yang unik, bermakna, dan mudah diucapkan. Nama yang tepat akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda, serta membuatnya merasa bangga dan percaya diri.

Demikianlah beberapa tips untuk memilih nama anak laki-laki yang unik dan bermakna. Semoga bermanfaat!

Conclusion

Memilih nama anak laki-laki yang unik dan bermakna adalah hal yang penting. Nama yang tepat akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda, serta membuatnya merasa bangga dan percaya diri.

Dalam memilih nama anak laki-laki yang unik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Pilihlah nama yang mudah diucapkan dan dieja.
  • Pilihlah nama yang memiliki arti yang baik.
  • Pilihlah nama yang tidak pasaran.
  • Pilihlah nama yang berasal dari bahasa yang indah.
  • Pilihlah nama yang memiliki makna yang positif.
  • Pilihlah nama yang mencerminkan sifat atau karakter yang baik.
  • Pilihlah nama yang tidak mengandung unsur SARA.
  • Pilihlah nama yang tidak terlalu panjang atau pendek.
  • Pilihlah nama yang enak didengar.
  • Pilihlah nama yang tidak mengandung arti yang negatif.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memilih nama anak laki-laki yang unik, bermakna, dan mudah diucapkan. Nama yang tepat akan membawa keberuntungan dan kebaikan bagi anak Anda, serta membuatnya merasa bangga dan percaya diri.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memilih nama anak laki-laki yang unik dan bermakna. Terima kasih telah membaca!


Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Tags

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru