3 Doa naik kendaraan Darat, Laut dan Udara: Mohon Keselamatan

sisca

Doa naik kendaraan

Dalam Islam, berdoa adalah suatu ungkapan rasa syukur, permohonan perlindungan, dan pengharapan kepada Allah SWT atas segala yang telah diberikan-Nya. Salah satu doa yang diajarkan dalam Islam adalah doa naik kendaraan.

Doa naik kendaraan Darat
Doa naik kendaraan Darat

Doa ini dibaca ketika seseorang hendak menaiki kendaraan, baik itu mobil, sepeda, kereta, atau kendaraan lainnya, sebagai permohonan keselamatan selama perjalanan.

Keutamaan Doa naik Kendaraan

Berdoa saat naik kendaraan bukanlah sekadar tradisi, namun memiliki makna dan keutamaan yang mendalam dalam ajaran Islam. Berikut adalah beberapa keutamaan berdoa saat naik kendaraan:

  1. Perlindungan dari bahaya perjalanan.
  2. Pengakuan akan kekuasaan Allah.
  3. Membawa ketenangan bagi pengendara.
  4. Menghindarkan dari kecelakaan.
  5. Memperkuat tawakal kepada Allah.
  6. Mengingatkan akan sifat sementara dunia.
  7. Mengundang rahmat dan barokah perjalanan.

Demikianlah beberapa keutamaan dari berdoa saat naik kendaraan. Semoga kita selalu diingatkan untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya dalam setiap langkah kita.

Doa Naik Kendaraan Laut
Doa Naik Kendaraan Laut

Doa naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara

Sebelum memulai perjalanan, tidak peduli melalui apa kita berpergian, penting bagi seorang muslim untuk selalu mengucapkan doa agar mendapatkan perlindungan dan berkah dari Allah SWT. Dengan berdoa, kita juga mengingatkan diri akan kecil dan lemahnya diri kita, serta besar dan kuatnya kuasa Allah. Berikut adalah beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk berbagai jenis perjalanan:

  • Doa naik kendaraan Darat
  • Doa naik kendaraan Laut
  • Doa naik kendaraan Udara
Baca Juga :  Doa sebelum tidur dan Artinya Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Doa Naik Kendaraan Darat

Saat kita hendak berpergian dengan kendaraan darat, seperti mobil atau sepeda motor, berdoa adalah tanda kita mengakui bahwa hanya Allah yang memberikan keselamatan. Maka dari itu, kita memohon perlindungan daripada-Nya.

بِاسْمِ اللَّهِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ
سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُون
(3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ
(3x) اللَّهُ أَكْبَرُ
سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Bismillah. Alhamdulillah. Subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun. Alhamdulillah (3x). Allaahu akbar (3x). Subhanaka inni zhalamtu nafsi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illaa anta

Artinya: “Dengan nama Allah. Segala puji bagi Allah. Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x). Allah Maha Besar (3x). Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Doa Naik Kendaraan Laut

Berdoa saat menaiki kapal atau perahu adalah mengakui kekuasaan Allah di atas lautan. Lautan yang luas ini mengingatkan kita akan kebesaran-Nya, sehingga berdoa adalah ungkapan tawakal dan penghambaan diri kita.

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Bismillaahi majreeha wa mursaahaa, inna rabbii laghafuurur rahiim.

Artinya: “Dengan nama Allah ketika dia berlayar (dalam perjalanan) dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa Naik Kendaraan Udara

Naik pesawat membawa kita melintasi langit yang menakjubkan. Dalam kondisi tersebut, kita dianjurkan untuk berdoa memohon keselamatan dan mengakui bahwa keselamatan hanyalah dari Allah semata.

Baca Juga :  Amalkan 2 Doa Masuk Masjid ini agar Berkah Barokah

للهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhai.
Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.”

Dengan demikian, dalam setiap perjalanan, mari kita memulainya dengan doa, agar selalu dalam lindungan-Nya. Semoga dengan berdoa, kita senantiasa mendapatkan keselamatan dan kelancaran dalam setiap perjalanan kita.

Doa Naik Kendaraan Udara
Doa Naik Kendaraan Udara

Cara membaca doa yang benar

Sebelum memulai perjalanan dengan berbagai jenis kendaraan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengucapkan doa bepergian naik kendaraan dengan benar. Kesalahan dalam mengucapkan doa bisa mengurangi makna dan esensi dari doa tersebut. Berikut beberapa point penting dalam cara yang benar mengucapkan doa bepergian naik kendaraan:

  1. Niat yang Ikhlas
Baca Juga :  Cara mandi wajib setelah haid beserta doanya

Niat harus murni karena Allah dan bukan karena tradisi semata.

  1. Memahami Makna Doa

Memahami makna dari doa ini membantu kita memohon dengan sepenuh hati.

  1. Ucapkan dengan Khidmat

Berdoa dengan penuh kekhusyukan dan kesungguhan hati.

  1. Lafaz Harus Benar

Pastikan mengucapkan lafaz doa dengan benar dan jelas.

  1. Menghadap Kiblat (Jika memungkinkan)

Walau bukan syarat wajib, berdoa menghadap kiblat menambah kekhusyukan.

  1. Ucapkan Sebelum Memulai Perjalanan

Ucapkan doa sebelum memulai perjalanan untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

  1. Yakin Doa Dikabulkan

Memiliki keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah.

Dengan memahami cara-cara di atas, diharapkan doa kita diterima oleh Allah SWT dan kita mendapatkan perlindungan serta kelancaran dalam setiap perjalanan. Setiap langkah yang kita lakukan hendaknya selalu dalam bimbingan dan perlindungan-Nya.

Baca Juga: Doa bangun tidur dan artinya

Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Tags

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru