Cara mandi wajib setelah haid beserta doanya

sisca

Dalam Islam, mandi wajib setelah haid adalah sebuah ibadah membersihkan diri yang dianjurkan bagi wanita setelah selesai mengalami masa haidnya. Proses ini penting agar seorang wanita dapat kembali menjalankan ibadah-ibadah lain yang membutuhkan kebersihan syar’i, seperti salat atau puasa.

Mandi Wajib

Mandi wajib setelah haid tidak hanya membersihkan fisik, namun juga melambangkan pembersihan rohaniah, mempersiapkan diri untuk kembali beribadah dengan hati yang suci dan bersih.

Doa Niat Mandi Wajib setelah Haid
Doa Niat Mandi Wajib setelah Haid

Mandi wajib setelah haid

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan ketika Mandi wajib setelah haid, diantaranya adalah:

  • Niat mandi wajib setelah haid
  • Cara mandi wajib setelah haid
  • Doa mandi wajib setelah haid

Niat mandi wajib setelah haid

Setiap ibadah dalam Islam dimulai dengan niat. Demikian juga saat mandi wajib setelah haid, niat adalah pondasi yang menentukan sah atau tidaknya ibadah tersebut. Seorang muslimah hendaknya berniat di dalam hati saat akan melakukan mandi wajib setelah haid, dengan mengatakan dalam hati: “Aku niat mandi wajib setelah haid untuk menghilangkan hadas besar, semoga Allah menerima.” Niat ini dinyatakan dalam hati, bukan dengan lisan, dan menjadi penanda bahwa ibadah yang dilakukan adalah tulus karena Allah.

Cara mandi wajib setelah haid

Adapun cara melaksanakan mandi wajib pasca haid, sebenarnya sangat sederhana namun sarat makna. Pertama-tama, basuh tangan Anda dan bersihkan bagian kemaluan. Kemudian, lakukan wudhu seperti wudhu untuk salat. Setelah itu, siramkan air ke seluruh kepala hingga merata, lalu siram seluruh tubuh, dimulai dari sisi kanan dan kemudian sisi kiri, dengan memastikan bahwa seluruh bagian tubuh basah. Semua ini dilakukan dengan penuh khusyuk, sebagai bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT dan upaya menjaga kebersihan yang Dia anjurkan.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Doa sholat dhuha untuk memohon keberkahan dan rezeki

Doa mandi wajib setelah haid

Doa merupakan bentuk komunikasi antara hamba dengan Tuhannya. Saat mandi wajib pasca haid, ada doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca. Meskipun tidak wajib, namun membacanya dapat menambah keberkahan dan kekhusyukan. Doa tersebut adalah: “Nawaitul ghusla liraf’i hadatsil haidi fardhal lillahi ta’ala”. Artinya, “Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid fardhu karena Allah Ta’ala.” Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan dari gangguan-gangguan yang mungkin menghalangi konsentrasi kita dalam beribadah.

Niat Mandi Wajib setelah Haid

Doa Niat Mandi Wajib setelah Haid

Adapun doa niat mandi wajib setelah haid di bawah ini bisa kita baca dan amalkan:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid fardhu karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Latin doa Niat mandi wajib setelah Haid untuk perempuan:

Nawaitul ghusla liraf’i hadatsil haidi fardhal lillahi ta’ala.

Akhir kata

Mandi wajib setelah haid bukan sekedar ritual pembersihan fisik, melainkan juga simbol pembersihan rohaniah yang mendalam. Setiap langkah, mulai dari niat hingga pembacaan doa, diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjalankan apa yang telah Dia perintahkan.

Sebagai Muslimah, menjaga kebersihan diri setelah haid bukan hanya kewajiban, tetapi juga bentuk penghambaan yang ikhlas. Semoga setiap langkah yang diambil dalam menjalankan ibadah ini mendapatkan ridho dari-Nya dan menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas keimanan kita.

Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru