Amalkan 2 Doa Masuk Masjid ini agar Berkah Barokah

sisca

Doa Masuk Masjid

Dalam Islam, masuk masjid merupakan suatu kehormatan dan kesempatan untuk meraih keberkahan dari Allah SWT. Sebagai tanda rasa syukur dan penghormatan, umat Muslim diajarkan untuk membaca doa masuk masjid guna memohon perlindungan, petunjuk, rahmat, dan Berkah Barokah dari-Nya saat memasuki rumah-Nya yang mulia ini.

Doa masuk masjid dan artinya versi panjang
Doa masuk masjid dan artinya versi panjang

Keutamaan doa masuk masjid

Masuk ke dalam masjid tanpa melantunkan doa bagaikan memasuki sebuah rumah tanpa memberi salam kepada pemiliknya. Berdoa saat memasuki masjid memiliki banyak keutamaan yang mungkin tidak kita sadari, di antaranya:

  • Memohon perlindungan dari gangguan setan.
  • Mencari keberkahan dan rahmat Allah.
  • Menunjukkan kesadaran spiritualitas tinggi.
  • Mengingatkan tentang tujuan utama masuk masjid.
  • Mempererat hubungan dengan Allah SWT.
  • Membangun kesadaran akan etika beribadah.

Memohon perlindungan dari gangguan setan.

Ketika seseorang memasuki masjid dengan melantunkan doa masuk masjid, ia sejatinya sedang memohon perlindungan dari Allah agar terlindungi dari gangguan setan. Sebagaimana kita tahu, setan selalu berupaya menggoda manusia, terutama di tempat-tempat suci. Maka dari itu, doa ini menjadi benteng pertama bagi kita saat memasuki masjid.

Mencari keberkahan dan rahmat Allah.

Berdoa saat memasuki masjid adalah upaya kita untuk mendekatkan diri pada keberkahan dan rahmat yang melimpah dari Allah SWT. Masjid adalah rumah Allah di bumi, sehingga dengan doa ini kita memohon agar setiap langkah kita dalam masjid diberkahi oleh-Nya.

Menunjukkan kesadaran spiritualitas tinggi.

Melantunkan doa saat memasuki masjid menandakan bahwa seseorang memiliki kesadaran spiritualitas yang tinggi. Bukan sekedar rutinitas, tetapi sebuah refleksi diri bahwa kita adalah tamu di rumah Allah dan dengan doa, kita menunjukkan rasa hormat serta kesadaran spiritual kita.

Mengingatkan tentang tujuan utama masuk masjid.

Doa masuk masjid mengingatkan kita akan tujuan utama kita memasuki masjid, yaitu untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berdoa, kita diberi kesempatan untuk memfokuskan diri dan menyucikan niat sebelum melaksanakan ibadah di dalam masjid.

Mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Saat berdoa saat memasuki masjid, kita mempererat hubungan kita dengan Allah SWT. Doa adalah salah satu sarana komunikasi langsung dengan Allah, dan dengan melantunkannya, kita menunjukkan keinginan untuk selalu berada dalam lindungan dan petunjuk-Nya.

Membangun kesadaran akan etika beribadah.

Doa masuk masjid tidak hanya sekedar doa, tetapi juga sebagai bentuk pembinaan kesadaran akan etika ketika berada di tempat ibadah. Ketika kita berdoa, kita mengingatkan diri sendiri untuk selalu menjaga tutur kata, perbuatan, dan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak baik saat berada di dalam masjid.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu melantunkan doa saat hendak memasuki masjid, agar kita senantiasa berada dalam lindungan dan petunjuk-Nya.

Doa masuk masjid dan artinya
Doa masuk masjid dan artinya

Doa – doa masuk masjid dan artinya

Berikut adalah doa ketika masuk masjid yang bisa kita amalkan:

  1. Doa masuk masjid versi pendek.
    Dalam doa ini, kita meminta agar kita dibukakan pintu-pintu rahmat Allah SWT.
  2. Doa masuk masjid versi panjang.
    Dalam doa versi panjang, Kurang lebih sama dengan versi pendek. Kita meminta agar diampuni segala dosanya dan diberikan rahmat Allah SWT.

Doa masuk masjid versi pendek

Berikut adalah doa masuk masjid dan artinya dalam versi pendek yang bisa kita amalkan:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaftha lii abwaaba rahmatika
Artinya: "Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku." (HR. Abu Dawud, Nasa'i. dan Ibnu Majah).

Doa masuk masjid versi panjang

Berikut adalah doa masuk masjid dan artinya dalam versi panjang yang bisa kita amalkan:

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh.
Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.
Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu."
Sunnah mengucapkan doa masuk masjid
Sunnah mengucapkan doa masuk masjid

Sunnah mengucapkan doa masuk masjid

Mengucapkan doa ketika memasuki masjid adalah salah satu sunnah Rasulullah SAW yang diajarkan kepada umatnya. Ada beberapa sunnah yang dianjurkan saat berdoa pada momen tersebut, di antaranya:

  1. Membaca doa dengan hati khusyu.
  2. Menghadap kiblat saat berdoa.
  3. Memulai doa dengan basmalah.
  4. Menyudahi doa dengan salam.
  5. Berdoa sebelum menginjakkan kaki kanan.
  6. Membaca doa dengan suara pelan.

Dengan menjalankan sunnah-sunnah tersebut, kita dapat merasakan kedekatan yang lebih dalam dengan Allah SWT dan menghargai keagungan masjid sebagai rumah ibadah.

Manfaat Mengucapkan doa ketika masuk masjid

Berdoa saat memasuki masjid adalah tindakan yang penuh makna dan mengandung banyak hikmah. Beberapa manfaat dari mengucapkan doa masuk masjid meliputi:

  1. Memperoleh perlindungan dari gangguan setan.
  2. Mengundang keberkahan dalam ibadah.
  3. Menanamkan kesadaran akan kedudukan masjid.
  4. Membangun hubungan personal dengan Allah SWT.
  5. Menciptakan suasana hati yang khusyu.
  6. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Dengan menyadari berbagai manfaat ini, semoga kita semakin konsisten dalam mengucapkan doa saat memasuki masjid, memohon rahmat dan petunjuk dari Allah SWT.

Doa masuk masjid dan doa keluar masjid
Doa masuk masjid dan doa keluar masjid

Apa Hubungannya doa masuk masjid dan keluar masjid?

Doa masuk masjid dan doa keluar masjid memiliki keterkaitan yang mendalam dalam konteks ibadah dan adab memasuki serta meninggalkan masjid. Beberapa hubungan antara keduanya adalah:

  1. Kedua doa melibatkan interaksi dengan Allah.
  2. Menunjukkan rasa hormat pada masjid.
  3. Mengingatkan tujuan ibadah di masjid.
  4. Menyelaraskan niat masuk dan keluar masjid.
  5. Meminta perlindungan dan petunjuk Allah.
  6. Mengajarkan adab memasuki dan meninggalkan area suci.

Dengan memahami hubungan antara doa saat masuk dan keluar masjid, kita dapat lebih menghargai pentingnya berdoa dan menjaga etika saat berada di rumah Allah SWT.

Baca Juga: Doa Qunut Subuh beserta Arab, Latin dan Artinya

Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru