Manfaat Zakat: Rahasia Keberkahan dan Kesejahteraan

sisca


Manfaat Zakat: Rahasia Keberkahan dan Kesejahteraan

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu. Zakat memiliki banyak manfaat, baik bagi yang menunaikan maupun bagi penerimanya. Salah satu manfaat zakat adalah dapat membersihkan harta dan jiwa dari sifat kikir dan tamak.

Selain itu, zakat juga dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi di masyarakat. Zakat yang dibayarkan oleh orang-orang kaya akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim, dan janda. Dengan demikian, zakat dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Dalam sejarah Islam, zakat telah memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi dan sosial masyarakat. Pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab, zakat digunakan untuk membiayai berbagai program kesejahteraan sosial, seperti pembangunan rumah sakit, sekolah, dan jalan.

Apa Manfaat dari Zakat

Zakat memiliki banyak manfaat, baik bagi yang menunaikan maupun bagi penerimanya. Berikut adalah beberapa manfaat zakat yang perlu diketahui:

  • Membersihkan harta dan jiwa
  • Meningkatkan rezeki
  • Menolak bala
  • Mempererat tali silaturahmi
  • Membantu orang lain
  • Menciptakan masyarakat yang lebih adil
  • Membangun akhlak yang mulia
  • Menjadi bekal di akhirat
  • Menjaga kestabilan ekonomi

Manfaat-manfaat zakat tersebut saling berkaitan dan memiliki dampak positif bagi individu maupun masyarakat. Dengan menunaikan zakat, seorang muslim tidak hanya membersihkan hartanya, tetapi juga jiwanya dari sifat kikir dan tamak. Selain itu, zakat juga dapat membantu meningkatkan rezeki, karena harta yang dikeluarkan di jalan Allah akan diganti dengan yang lebih banyak dan berkah. Zakat juga dapat menolak bala bencana, karena merupakan salah satu bentuk sedekah yang sangat dicintai Allah SWT.

Membersihkan harta dan jiwa

Membersihkan harta dan jiwa merupakan salah satu manfaat utama dari zakat. Zakat dapat membersihkan harta dari harta yang haram atau syubhat, sehingga harta yang dimiliki menjadi berkah dan halal. Selain itu, zakat juga dapat membersihkan jiwa dari sifat kikir dan tamak, sehingga hati menjadi lebih bersih dan tenang.

Membersihkan harta dan jiwa merupakan komponen penting dari apa manfaat dari zakat, karena zakat tidak hanya berdampak pada kesejahteraan materi, tetapi juga pada kesejahteraan spiritual. Dengan menunaikan zakat, seorang muslim tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga membersihkan dan menyucikan dirinya sendiri.

Contoh nyata dari bagaimana zakat dapat membersihkan harta dan jiwa adalah kisah seorang saudagar kaya yang selalu merasa gelisah dan tidak tenang, meskipun hartanya melimpah. Setelah ia menunaikan zakat, ia merasa hatinya menjadi lebih ringan dan tenang. Ia juga merasa bahwa rezekinya semakin bertambah dan berkah setelah ia menunaikan zakat.

Pemahaman tentang hubungan antara membersihkan harta dan jiwa dengan apa manfaat dari zakat dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang muslim yang ingin membersihkan hartanya dan jiwanya dapat menunaikan zakat dengan ikhlas dan tepat waktu. Selain itu, ia juga dapat bersedekah dan membantu orang lain, sehingga hartanya menjadi berkah dan jiwanya menjadi lebih bersih dan tenang.

Meningkatkan rezeki

Meningkatkan rezeki merupakan salah satu manfaat utama dari zakat. Zakat dapat meningkatkan rezeki baik dalam bentuk materi maupun non-materi. Berikut adalah beberapa cara bagaimana zakat dapat meningkatkan rezeki:

  • Berkah dalam harta

    Zakat dapat mendatangkan berkah dalam harta yang dimiliki. Harta yang dikeluarkan di jalan Allah akan diganti oleh Allah dengan harta yang lebih banyak dan berkah. Hal ini sesuai dengan janji Allah dalam Al-Qur’an, “…Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya. Dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

  • Kelancaran usaha

    Zakat dapat melancarkan usaha yang dijalankan. Dengan menunaikan zakat, seorang muslim menunjukkan bahwa ia percaya rezekinya berasal dari Allah SWT. Hal ini akan membuat hati menjadi tenang dan fokus dalam berusaha, sehingga usaha yang dijalankan menjadi lancar dan sukses.

  • Terbukanya pintu rezeki

    Zakat dapat membuka pintu rezeki yang tidak terduga. Dengan berbagi sebagian harta kepada orang lain, seorang muslim membuka pintu rezekinya dari berbagai arah. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang suka memberi makan kepada orang yang lapar, niscaya Allah akan bukakan untuknya pintu-pintu rezeki yang tidak terhitung jumlahnya.” (HR. Tirmidzi)

  • Dibukakan pintu taubat

    Zakat dapat membuka pintu taubat bagi seorang muslim yang telah melakukan kesalahan atau dosa. Dengan menunaikan zakat, seorang muslim dapat menghapus kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat dan membuka pintu rezeki yang baru.

Dengan demikian, zakat memiliki manfaat yang sangat besar bagi peningkatan rezeki. Dengan menunaikan zakat, seorang muslim tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga membuka pintu rezeki yang lebih luas bagi dirinya sendiri.

Menolak bala

Menolak bala merupakan salah satu manfaat utama dari zakat. Bala atau bencana adalah segala sesuatu yang dapat menimpa manusia dan merugikannya, baik berupa musibah alam, penyakit, atau kecelakaan. Zakat dapat menolak bala dengan cara:

Pertama, zakat dapat membersihkan harta dan jiwa dari dosa dan kesalahan. Harta yang dikeluarkan untuk zakat akan menjadi penebus dosa dan kesalahan, sehingga Allah SWT akan menolak bala dari orang yang menunaikan zakat. Selain itu, zakat juga dapat membersihkan jiwa dari sifat kikir dan tamak, sehingga membuat hati menjadi lebih tenang dan tenteram. Hati yang tenang dan tenteram akan terhindar dari pikiran dan perbuatan yang negatif, sehingga dapat menolak bala.

Kedua, zakat dapat mendatangkan keberkahan dalam harta dan kehidupan. Harta yang dikeluarkan untuk zakat akan diganti oleh Allah SWT dengan harta yang lebih banyak dan berkah. Selain itu, zakat juga dapat mendatangkan keberkahan dalam kehidupan, seperti keberkahan dalam keluarga, kesehatan, dan usaha. Keberkahan dalam kehidupan akan membuat seseorang terhindar dari bala dan musibah.

Banyak kisah nyata yang membuktikan bahwa zakat dapat menolak bala. Salah satunya adalah kisah seorang petani yang selalu mengalami gagal panen. Setelah ia menunaikan zakat, panennya menjadi melimpah dan terhindar dari hama penyakit. Contoh lainnya adalah kisah seorang pedagang yang selalu mengalami kerugian dalam usahanya. Setelah ia menunaikan zakat, usahanya menjadi lancar dan keuntungannya meningkat.

Dari berbagai kisah nyata tersebut, kita dapat melihat bahwa zakat memang memiliki manfaat yang luar biasa dalam menolak bala. Dengan menunaikan zakat, kita tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga melindungi diri kita sendiri dan keluarga kita dari musibah dan bencana.

Mempererat Tali Silaturahmi

Salah satu manfaat penting dari zakat adalah mempererat tali silaturahmi. Zakat yang ditunaikan akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan, termasuk keluarga, kerabat, dan tetangga. Dengan demikian, zakat tidak hanya membantu meringankan beban ekonomi mereka, tetapi juga mempererat hubungan kekeluargaan dan sosial.

  • Membangun Rasa Solidaritas

    Zakat menumbuhkan rasa solidaritas dan kepedulian di antara sesama muslim. Dengan menunaikan zakat, kita menunjukkan bahwa kita tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi juga peduli dengan kesejahteraan orang lain.

  • Meningkatkan Rasa Empati

    Zakat melatih kita untuk berempati terhadap penderitaan orang lain. Ketika kita melihat orang-orang yang membutuhkan, zakat mendorong kita untuk membantu mereka dan meringankan beban mereka.

  • Menghilangkan Kesalahpahaman

    Zakat dapat membantu menghilangkan kesalahpahaman dan perselisihan antar sesama. Ketika kita saling membantu dan berbagi rezeki, kita menjadi lebih memahami satu sama lain dan lebih mudah untuk memaafkan kesalahan.

  • Mempererat Hubungan Sosial

    Zakat menjadi sarana untuk mempererat hubungan sosial di masyarakat. Saat kita menyalurkan zakat kepada orang-orang di sekitar kita, kita membangun hubungan yang lebih baik dan menciptakan lingkungan yang lebih harmonis.

Dengan demikian, zakat memiliki peran penting dalam mempererat tali silaturahmi. Zakat tidak hanya membantu kita memenuhi kewajiban agama, tetapi juga memperkuat hubungan kita dengan keluarga, kerabat, tetangga, dan masyarakat sekitar.

Membantu orang lain

Membantu orang lain merupakan salah satu manfaat utama dari zakat. Zakat adalah ibadah yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu, dan salah satu tujuannya adalah untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Dengan menunaikan zakat, kita dapat membantu meringankan beban ekonomi mereka yang kurang mampu, seperti fakir miskin, anak yatim, dan janda.

Selain membantu meringankan beban ekonomi, zakat juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sosial. Zakat yang disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan dapat digunakan untuk membangun rumah, sekolah, dan fasilitas umum lainnya. Dengan demikian, zakat dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Banyak kisah nyata yang membuktikan bahwa zakat dapat membantu orang lain dan membawa manfaat yang besar. Salah satu contohnya adalah kisah seorang anak yatim yang berhasil melanjutkan sekolahnya berkat bantuan zakat. Anak yatim tersebut berasal dari keluarga yang sangat miskin, dan ia tidak mampu membayar biaya sekolahnya. Berkat bantuan zakat, ia dapat membeli seragam, buku, dan peralatan sekolah, sehingga ia dapat terus melanjutkan pendidikannya.

Dari kisah tersebut, kita dapat melihat bahwa zakat memang memiliki manfaat yang luar biasa dalam membantu orang lain. Dengan menunaikan zakat, kita tidak hanya memenuhi kewajiban agama, tetapi juga membantu meringankan beban orang lain dan menciptakan masyarakat yang lebih baik.

Menciptakan masyarakat yang lebih adil

Menciptakan masyarakat yang lebih adil merupakan salah satu manfaat penting dari zakat. Zakat yang disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan dapat membantu mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial di masyarakat. Dengan demikian, zakat dapat menjadi instrumen untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

  • Mengurangi Kesenjangan Ekonomi

    Zakat dapat mengurangi kesenjangan ekonomi dengan mendistribusikan kekayaan dari orang kaya kepada orang miskin. Hal ini dapat membantu mengurangi kemiskinan dan kesenjangan pendapatan, sehingga menciptakan masyarakat yang lebih adil.

  • Menjamin Kebutuhan Dasar

    Zakat dapat menjamin kebutuhan dasar masyarakat miskin, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Dengan terjaminnya kebutuhan dasar, masyarakat miskin dapat hidup lebih layak dan produktif, sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan sosial.

  • Memberdayakan Masyarakat Miskin

    Zakat dapat memberdayakan masyarakat miskin dengan memberikan mereka akses ke pendidikan, pelatihan kerja, dan modal usaha. Dengan pemberdayaan ini, masyarakat miskin dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka, sehingga dapat keluar dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidupnya.

  • Mencegah Konflik Sosial

    Zakat dapat mencegah konflik sosial dengan mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial di masyarakat. Ketika kesenjangan ekonomi dan sosial tinggi, dapat terjadi kecemburuan sosial dan konflik antara kelompok kaya dan miskin. Zakat dapat membantu mengurangi ketegangan ini dengan mendistribusikan kekayaan dan menjamin kebutuhan dasar masyarakat miskin.

Dengan demikian, zakat memiliki peran penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil. Zakat tidak hanya membantu meringankan beban ekonomi masyarakat miskin, tetapi juga dapat memberdayakan mereka dan mencegah konflik sosial. Dengan menunaikan zakat, kita dapat berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang lebih sejahtera dan harmonis.

Membangun Akhlak yang Mulia

Membangun akhlak yang mulia merupakan salah satu manfaat penting dari zakat. Zakat tidak hanya membersihkan harta dan jiwa dari sifat kikir dan tamak, tetapi juga menumbuhkan sifat-sifat terpuji, seperti dermawan, peduli terhadap sesama, dan rendah hati. Sifat-sifat terpuji ini sangat penting untuk membangun masyarakat yang harmonis dan sejahtera.

Ketika seseorang menunaikan zakat, ia akan terbiasa untuk berbagi dan membantu orang lain. Hal ini akan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian dalam dirinya. Selain itu, zakat juga mengajarkan kita untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Dengan bersyukur, kita akan menjadi lebih rendah hati dan tidak sombong. Sifat rendah hati sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang rukun dan damai.

Banyak kisah nyata yang membuktikan bahwa zakat dapat membangun akhlak yang mulia. Salah satu contohnya adalah kisah seorang saudagar kaya yang selalu kikir dan tidak mau membantu orang lain. Setelah ia menunaikan zakat, hatinya menjadi lebih lembut dan ia mulai peduli terhadap orang lain. Ia mulai menyumbangkan sebagian hartanya untuk membantu fakir miskin dan anak yatim. Perbuatannya ini membuat masyarakat di sekitarnya menjadi lebih sejahtera dan harmonis.

Menjadi bekal di akhirat

Salah satu manfaat penting dari zakat adalah menjadi bekal di akhirat. Setiap amalan yang kita lakukan di dunia ini akan dibalas oleh Allah SWT di akhirat, termasuk zakat. Dengan menunaikan zakat, kita telah mengumpulkan pahala dan kebaikan yang akan menjadi bekal kita di akhirat nanti.

Zakat memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan bekal kita di akhirat. Zakat dapat menghapus dosa-dosa kita, meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT, dan menjadi syafaat bagi kita di hari kiamat. Selain itu, zakat juga dapat membantu kita masuk surga dan terhindar dari siksa neraka.

Banyak kisah nyata yang membuktikan bahwa zakat dapat menjadi bekal yang sangat berharga di akhirat. Salah satu contohnya adalah kisah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang bernama Abu Talhah. Abu Talhah adalah seorang saudagar kaya yang selalu dermawan dan suka bersedekah. Ketika ia meninggal dunia, ia meninggalkan banyak harta dan tanah. Namun, yang paling berharga dari semua hartanya adalah sebidang tanah yang ia wakafkan untuk kepentingan umat Islam. Tanah tersebut menjadi sumber pahala yang terus mengalir bagi Abu Talhah, bahkan setelah ia meninggal dunia.

Dari kisah tersebut, kita dapat melihat bahwa zakat memang memiliki manfaat yang luar biasa sebagai bekal di akhirat. Dengan menunaikan zakat, kita tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga mempersiapkan bekal yang sangat berharga untuk diri kita sendiri di akhirat nanti.

Menjaga kestabilan ekonomi

Salah satu manfaat penting dari zakat adalah menjaga kestabilan ekonomi. Zakat berperan penting dalam mendistribusikan kekayaan dan mengurangi kesenjangan ekonomi, sehingga menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

  • Redistribusi kekayaan

    Zakat mendistribusikan kekayaan dari orang kaya kepada orang miskin melalui mekanisme penyaluran zakat. Hal ini membantu mengurangi kesenjangan ekonomi dan menciptakan masyarakat yang lebih seimbang secara ekonomi.

  • Stimulasi ekonomi

    Penyaluran zakat dapat menstimulasi perekonomian dengan meningkatkan daya beli masyarakat miskin. Mereka dapat menggunakan dana zakat untuk membeli kebutuhan pokok, sehingga meningkatkan permintaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

  • Mengurangi kemiskinan

    Zakat membantu mengurangi kemiskinan dengan menyediakan bantuan langsung kepada masyarakat miskin. Dana zakat dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan pendidikan, sehingga membantu mengangkat masyarakat miskin dari kemiskinan.

  • Mencegah konflik sosial

    Kesenjangan ekonomi yang tinggi dapat memicu konflik sosial. Zakat berperan penting dalam mencegah konflik sosial dengan mendistribusikan kekayaan dan mengurangi kesenjangan ekonomi.

Dengan demikian, zakat memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kestabilan ekonomi. Zakat tidak hanya membantu meringankan beban ekonomi masyarakat miskin, tetapi juga menstimulasi perekonomian, mengurangi kemiskinan, dan mencegah konflik sosial. Dengan menunaikan zakat, kita dapat berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang lebih adil, sejahtera, dan harmonis.

Pertanyaan Umum tentang Apa Manfaat dari Zakat

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang manfaat zakat:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat zakat?

Jawaban: Zakat memiliki banyak manfaat, baik bagi yang menunaikan maupun bagi yang menerima. Beberapa manfaat zakat antara lain membersihkan harta dan jiwa, meningkatkan rezeki, menolak bala, mempererat tali silaturahmi, membantu orang lain, menciptakan masyarakat yang lebih adil, membangun akhlak yang mulia, menjadi bekal di akhirat, dan menjaga kestabilan ekonomi.

Pertanyaan 6: Bagaimana zakat dapat membantu menjaga kestabilan ekonomi?

Jawaban: Zakat berperan penting dalam menjaga kestabilan ekonomi dengan mendistribusikan kekayaan dan mengurangi kesenjangan ekonomi. Penyaluran zakat dapat menstimulasi perekonomian, mengurangi kemiskinan, dan mencegah konflik sosial.

Dengan demikian, zakat memiliki manfaat yang sangat besar dan berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera dan harmonis. Manfaat-manfaat ini menjadi alasan penting bagi umat Islam untuk menunaikan zakat dengan ikhlas dan tepat waktu.

Pembahasan lebih lanjut tentang zakat dan manfaatnya akan dibahas pada bagian selanjutnya, termasuk tata cara penunaian zakat, jenis-jenis zakat, dan hikmah di balik pensyariatan zakat.

Tips Memanfaatkan Zakat Secara Optimal

Zakat merupakan ibadah yang memiliki banyak manfaat, baik bagi yang menunaikan maupun bagi yang menerima. Untuk memperoleh manfaat zakat secara optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Niatkan karena Allah SWT

Saat menunaikan zakat, niatkanlah semata-mata karena Allah SWT. Jangan mengharapkan pujian atau balasan dari manusia, karena pahala zakat akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Tip 2: Tunaikan sesuai ketentuan

Zakat memiliki ketentuan tertentu, seperti nisab dan kadar yang harus dibayarkan. Tunaikan zakat sesuai dengan ketentuan tersebut agar zakat yang dikeluarkan sah dan diterima oleh Allah SWT.

Tip 3: Salurkan kepada yang berhak

Zakat harus disalurkan kepada delapan golongan yang berhak menerimanya, yaitu fakir, miskin, amil zakat, mualaf, budak, gharimin, fisabilillah, dan ibnu sabil. Pastikan zakat yang dikeluarkan sampai kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

Tip 4: Tunaikan secara rutin

Zakat harus ditunaikan secara rutin setiap tahunnya. Jangan menunda-nunda penunaian zakat, karena zakat yang ditunaikan tepat waktu akan lebih bermanfaat bagi penerimanya.

Tip 5: Jangan enggan bersedekah

Selain zakat, umat Islam juga dianjurkan untuk bersedekah. Bersedekah dapat dilakukan kapan saja dan kepada siapa saja yang membutuhkan. Sedekah yang ikhlas akan mendatangkan pahala yang besar.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kita dapat memaksimalkan manfaat zakat dan memperoleh pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Manfaat zakat tidak hanya dirasakan oleh penerima, tetapi juga oleh pemberi. Zakat dapat membersihkan harta dan jiwa, meningkatkan rezeki, dan menolak bala. Oleh karena itu, marilah kita tunaikan zakat dengan ikhlas dan tepat waktu agar memperoleh manfaatnya secara optimal.

Pembahasan lebih lanjut tentang zakat dan manfaatnya akan dibahas pada bagian selanjutnya, termasuk tata cara penunaian zakat, jenis-jenis zakat, dan hikmah di balik pensyariatan zakat.

Kesimpulan

Zakat merupakan ibadah yang memiliki banyak manfaat, baik bagi yang menunaikan maupun bagi yang menerima. Zakat dapat membersihkan harta dan jiwa dari sifat kikir dan tamak, meningkatkan rezeki, menolak bala, mempererat tali silaturahmi, membantu orang lain, menciptakan masyarakat yang lebih adil, membangun akhlak yang mulia, menjadi bekal di akhirat, dan menjaga kestabilan ekonomi.

Dua poin utama yang saling berkaitan adalah pembersihan harta dan jiwa serta peningkatan rezeki. Dengan menunaikan zakat, seorang muslim tidak hanya membersihkan hartanya dari harta yang haram atau syubhat, tetapi juga membersihkan jiwanya dari sifat kikir dan tamak. Hal ini akan membuat hati menjadi lebih bersih dan tenang, sehingga rezeki yang didapat akan menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

Zakat juga berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera. Dengan mendistribusikan kekayaan dari orang kaya kepada orang miskin, zakat dapat mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial. Selain itu, zakat juga dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin dengan menyediakan bantuan langsung untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti makanan, tempat tinggal, dan pendidikan.

Dengan demikian, zakat memiliki manfaat yang sangat besar bagi individu maupun masyarakat. Marilah kita tunaikan zakat dengan ikhlas dan tepat waktu agar dapat memperoleh manfaatnya secara optimal dan berkontribusi pada terciptanya masyarakat yang lebih sejahtera dan harmonis.



Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Tags

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru