Rahasia Chord Ungu Saat Bahagia untuk Referensi Musik Menawan

sisca


Rahasia Chord Ungu Saat Bahagia untuk Referensi Musik Menawan


Kord Ungu Saat Bahagia adalah istilah dalam musik yang merujuk pada rangkaian akord tertentu yang digunakan untuk menciptakan suasana ceria dan bahagia. Akord dasar yang umum digunakan dalam Kord Ungu Saat Bahagia adalah C, G, D, dan Em.

Kord Ungu Saat Bahagia banyak digunakan dalam lagu-lagu pop dan rock karena kemampuannya menciptakan perasaan optimis dan semangat. Beberapa lagu terkenal yang menggunakan Kord Ungu Saat Bahagia antara lain “Happy” oleh Pharrell Williams dan “Don’t Stop Believin'” oleh Journey.

Kord Ungu Saat Bahagia memiliki sejarah panjang dalam musik. Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke musik gospel dan blues awal abad ke-20. Seiring waktu, Kord Ungu Saat Bahagia menjadi populer di genre musik lainnya dan menjadi salah satu rangkaian akord yang paling dikenal di dunia.

Kord Ungu Saat Bahagia

Kord Ungu Saat Bahagia merupakan rangkaian akord yang sangat penting dalam musik karena dapat menciptakan suasana ceria dan bahagia. Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan terkait Kord Ungu Saat Bahagia, antara lain:

  • Susunan Akord: C, G, D, Em
  • Penggunaan: Lagu pop dan rock
  • Suasana: Optimis, semangat
  • Sejarah: Musik gospel dan blues
  • Popularitas: Mendunia
  • Kesederhanaan: Mudah dimainkan
  • Pengaruh: Menginspirasi banyak lagu
  • Identitas: Ciri khas musik ceria
  • Fungsi: Membangkitkan emosi positif

Ke-9 aspek tersebut saling terkait dan membentuk karakteristik unik Kord Ungu Saat Bahagia. Susunan akord yang sederhana namun efektif menciptakan suasana ceria yang mudah dikenali. Sejarah panjangnya dalam musik menunjukkan bahwa Kord Ungu Saat Bahagia telah teruji oleh waktu dan terus menjadi populer hingga saat ini. Kesederhanaannya membuatnya mudah dimainkan oleh musisi dari berbagai tingkat keahlian, sehingga dapat menjangkau khalayak yang luas. Pengaruhnya dapat dilihat dari banyaknya lagu yang menggunakan Kord Ungu Saat Bahagia, menunjukkan kekuatannya dalam membangkitkan emosi positif dan menciptakan kenangan indah.

Susunan Akord

Susunan akord C, G, D, Em merupakan elemen fundamental dari Kord Ungu Saat Bahagia. Urutan akord ini menciptakan progresi harmoni yang khas, membangkitkan perasaan ceria dan optimis. Berikut adalah beberapa aspek penting dari Susunan Akord C, G, D, Em:

  • Interval Akord
    Susunan akord ini menggunakan interval akord yang sederhana dan efektif, seperti interval mayor dan minor ketiga. Interval-interval ini menciptakan suara yang harmonis dan mudah didengar.
  • Resolusi Kadens
    Progresi akord C-G-D-Em membentuk kadens sempurna, memberikan rasa resolusi dan kepuasan harmonik. Kadens ini sangat efektif dalam menciptakan suasana yang ceria dan membangkitkan semangat.
  • Kesederhanaan
    Susunan akord ini sangat sederhana dan mudah dimainkan, menjadikannya pilihan yang cocok untuk musisi dari berbagai tingkat keahlian. Kesederhanaannya juga memudahkan pendengar untuk mengenali dan menikmati progresi harmoni.
  • Versatile
    Susunan akord C, G, D, Em sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai gaya musik, mulai dari pop dan rock hingga folk dan country. Versatilitas ini menjadikannya salah satu progresi akord yang paling populer dan banyak digunakan dalam musik.

Secara keseluruhan, Susunan Akord C, G, D, Em adalah komponen penting dari Kord Ungu Saat Bahagia. Interval akord yang sederhana, resolusi kadens yang memuaskan, kesederhanaan, dan versatilitasnya berkontribusi pada kemampuannya menciptakan suasana ceria dan positif yang telah membuatnya populer di seluruh dunia.

Penggunaan

Kord Ungu Saat Bahagia banyak digunakan dalam lagu pop dan rock karena kemampuannya menciptakan suasana ceria dan bersemangat. Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan terkait penggunaan Kord Ungu Saat Bahagia dalam lagu pop dan rock, antara lain:

  • Kompatibilitas dengan Genre
    Kord Ungu Saat Bahagia sangat cocok dengan karakteristik lagu pop dan rock yang biasanya ceria, optimis, dan penuh energi.
  • Penggunaan oleh Band Terkenal
    Banyak band pop dan rock terkenal menggunakan Kord Ungu Saat Bahagia dalam lagu-lagu mereka, seperti The Beatles, The Rolling Stones, dan Green Day.
  • Daya Tarik Komersial
    Lagu-lagu yang menggunakan Kord Ungu Saat Bahagia cenderung disukai oleh banyak orang karena sifatnya yang ceria dan mudah diingat.
  • Pengaruh pada Genre Lain
    Penggunaan Kord Ungu Saat Bahagia dalam lagu pop dan rock telah mempengaruhi genre musik lainnya, seperti country, folk, dan bahkan musik klasik.

Secara keseluruhan, penggunaan Kord Ungu Saat Bahagia dalam lagu pop dan rock memiliki dampak yang signifikan pada industri musik. Kemampuannya menciptakan suasana ceria dan bersemangat telah menjadikannya pilihan populer bagi musisi dan pendengar di seluruh dunia.

Suasana

Suasana optimis dan semangat merupakan salah satu ciri khas yang sangat melekat pada Kord Ungu Saat Bahagia. Progresi akord dan susunan harmoninya dirancang khusus untuk membangkitkan emosi positif dan menciptakan perasaan bahagia dan bersemangat. Hubungan antara suasana optimis, semangat, dan Kord Ungu Saat Bahagia dapat dilihat dari beberapa aspek berikut:

Pertama, Kord Ungu Saat Bahagia menggunakan akord-akord yang memiliki karakter cerah dan ceria, seperti akord mayor dan akord dengan interval mayor ketiga. Akord-akord ini secara alami membangkitkan perasaan positif dan optimisme. Kedua, progresi akord dalam Kord Ungu Saat Bahagia bergerak dengan cara yang dinamis dan bersemangat, menciptakan rasa gerakan dan energi yang sejalan dengan suasana optimis dan semangat.

Ketiga, Kord Ungu Saat Bahagia sering digunakan dalam konteks lagu-lagu yang bertemakan kebahagiaan, harapan, dan motivasi. Lirik-lirik lagu yang dipadukan dengan Kord Ungu Saat Bahagia semakin memperkuat suasana optimis dan semangat, sehingga pendengar dapat dengan mudah terhubung dengan pesan positif yang ingin disampaikan.

Memahami hubungan antara suasana optimis, semangat, dan Kord Ungu Saat Bahagia memiliki beberapa aplikasi praktis. Pertama, musisi dapat menggunakan Kord Ungu Saat Bahagia dalam komposisi mereka untuk menciptakan lagu-lagu yang membangkitkan perasaan positif dan semangat. Kedua, pendengar dapat menikmati lagu-lagu yang menggunakan Kord Ungu Saat Bahagia untuk mendapatkan suasana hati yang lebih baik dan meningkatkan motivasi mereka. Ketiga, Kord Ungu Saat Bahagia dapat digunakan dalam terapi musik untuk membantu individu mengatasi emosi negatif dan mengembangkan sikap yang lebih optimis dan bersemangat.

Sejarah

Kord ungu saat bahagia memiliki hubungan sejarah yang erat dengan musik gospel dan blues. Musik gospel, yang berakar pada nyanyian rohani komunitas Afrika-Amerika, sering menggunakan progresi akord sederhana dan berulang, termasuk kord ungu saat bahagia. Akord-akord ini membantu menciptakan suasana ceria dan penuh harapan, yang mencerminkan tema-tema iman dan keselamatan yang umum dalam musik gospel.

Musik blues, yang juga berasal dari komunitas Afrika-Amerika, juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan kord ungu saat bahagia. Musisi blues sering menggunakan akord-akord yang sama untuk mengekspresikan emosi sedih dan senang. Progresi kord ungu saat bahagia mampu membangkitkan perasaan senang dan optimisme, bahkan di tengah-tengah kesulitan yang digambarkan dalam musik blues.

Beberapa contoh nyata penggunaan kord ungu saat bahagia dalam musik gospel dan blues antara lain lagu “Oh Happy Day” oleh Edwin Hawkins Singers dan “Hound Dog” oleh Elvis Presley. Kedua lagu ini menggunakan progresi kord ungu saat bahagia untuk menciptakan suasana ceria dan penuh semangat. Pemahaman tentang hubungan antara kord ungu saat bahagia dan musik gospel dan blues memiliki beberapa aplikasi praktis. Pertama, hal ini dapat membantu musisi memahami asal-usul dan makna di balik progresi akord yang populer ini.

Popularitas

Popularitas mendunia yang diraih oleh “chord ungu saat bahagia” tidak terjadi secara kebetulan. Ada beberapa faktor yang saling terkait yang berkontribusi pada kesuksesan global progresi akord ini, antara lain:

Kesederhanaan dan Keakraban
Progresi “chord ungu saat bahagia” sangat sederhana dan mudah dimainkan, menjadikannya mudah dipelajari dan dikenali oleh musisi dari semua tingkat keahlian. Selain itu, susunan akordnya yang umum digunakan dalam berbagai genre musik membuat “chord ungu saat bahagia” terasa akrab bagi banyak pendengar.

Daya Tarik Emosional
“Chord ungu saat bahagia” memiliki kemampuan unik untuk membangkitkan emosi positif, seperti kebahagiaan, optimisme, dan semangat. Progresi akordnya yang ceria dan bersemangat secara alami menarik bagi banyak orang, menjadikannya pilihan yang cocok untuk lagu-lagu yang ingin membangkitkan suasana hati yang baik.

Penggunaan oleh Musisi Terkenal
Banyak musisi terkenal di dunia telah menggunakan “chord ungu saat bahagia” dalam lagu-lagu mereka, seperti The Beatles, Bob Dylan, dan Ed Sheeran. Penggunaan progresi akord ini oleh musisi-musisi ternama telah semakin mempopulerkan “chord ungu saat bahagia” dan memperluas jangkauannya ke audiens yang lebih luas.

Pemahaman tentang hubungan antara popularitas mendunia dan “chord ungu saat bahagia” memiliki beberapa aplikasi praktis. Pertama, hal ini dapat membantu musisi memahami faktor-faktor yang berkontribusi pada kesuksesan progresi akord ini. Kedua, hal ini dapat membantu pendengar menghargai keindahan dan daya tarik universal dari “chord ungu saat bahagia”. Ketiga, hal ini dapat mendorong penggunaan progresi akord ini dalam berbagai konteks musik, mulai dari pertunjukan langsung hingga produksi rekaman.

Kesederhanaan

Kesederhanaan “chord ungu saat bahagia” dalam hal kemudahan memainkannya merupakan salah satu faktor penting yang berkontribusi pada popularitas dan kesuksesannya. Progresi akord ini hanya menggunakan empat akord dasar (C, G, D, Em), yang merupakan akord yang umum digunakan dan mudah dipelajari oleh gitaris pemula. Selain itu, transisi antar akord juga sangat mudah, sehingga memudahkan pemain gitar untuk memainkannya dengan lancar.

Kesederhanaan ini menjadikannya pilihan yang tepat untuk berbagai keperluan musikal. Musisi pemula dapat menggunakannya sebagai titik awal untuk belajar bermain gitar dan berlatih transisi akord. Musisi yang lebih berpengalaman dapat menggunakannya sebagai dasar untuk improvisasi dan eksplorasi harmonik. Bahkan musisi profesional pun sering menggunakan “chord ungu saat bahagia” dalam pertunjukan live dan rekaman karena kesederhanaan dan fleksibilitasnya.

Salah satu contoh nyata dari kesederhanaan “chord ungu saat bahagia” adalah lagu “Happy” oleh Pharrell Williams. Lagu ini menggunakan progresi “chord ungu saat bahagia” yang sederhana, namun sangat efektif dalam membangkitkan perasaan bahagia dan optimisme. Kesederhanaan progresi akord memungkinkan Williams untuk fokus pada melodi dan lirik yang menarik, yang pada akhirnya membuat lagu ini menjadi hit global.

Pemahaman tentang hubungan antara kesederhanaan dan “chord ungu saat bahagia” memiliki beberapa aplikasi praktis. Pertama, hal ini dapat membantu musisi pemula untuk mengembangkan keterampilan dasar mereka dan membangun kepercayaan diri dalam bermain gitar. Kedua, hal ini dapat menginspirasi musisi yang lebih berpengalaman untuk mengeksplorasi kemungkinan harmonik yang ditawarkan oleh progresi akord yang sederhana. Ketiga, hal ini dapat membantu pendengar untuk menghargai keindahan dan daya tarik universal dari “chord ungu saat bahagia”, terlepas dari tingkat pengetahuan musik mereka.

Pengaruh

Hubungan antara “Pengaruh: Menginspirasi banyak lagu” dan “chord ungu saat bahagia” sangat erat. Kemampuan “chord ungu saat bahagia” dalam membangkitkan emosi positif dan menciptakan suasana ceria telah menjadikannya inspirasi bagi banyak musisi untuk menciptakan lagu-lagu yang berkesan dan populer.

Kesederhanaan dan daya tarik universal dari “chord ungu saat bahagia” menjadikannya pilihan yang mudah diakses oleh musisi dari berbagai latar belakang dan genre. Musisi dapat bereksperimen dengan progresi akord ini, menambahkan variasi melodi dan lirik untuk menciptakan lagu-lagu yang unik dan menarik. Lagu-lagu seperti “Stand by Me” oleh Ben E. King dan “Three Little Birds” oleh Bob Marley adalah contoh nyata bagaimana “chord ungu saat bahagia” telah menginspirasi penciptaan lagu-lagu klasik yang dicintai banyak orang.

Memahami hubungan antara “Pengaruh: Menginspirasi banyak lagu” dan “chord ungu saat bahagia” memiliki beberapa aplikasi praktis. Pertama, hal ini dapat membantu musisi menghargai kekuatan progresi akord yang sederhana dan bagaimana progresi tersebut dapat menjadi dasar bagi lagu-lagu yang berkesan. Kedua, hal ini dapat menginspirasi musisi untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dan menemukan cara baru untuk menggunakan “chord ungu saat bahagia” dalam komposisi mereka. Ketiga, hal ini dapat membantu pendengar untuk lebih menghargai keindahan dan kompleksitas lagu-lagu yang menggunakan progresi akord ini.

Identitas

Sebagai ciri khas musik ceria, “chord ungu saat bahagia” memiliki beberapa identitas yang melekat padanya. Identitas-identitas ini berkontribusi pada kemampuan chord ungu saat bahagia untuk membangkitkan suasana hati yang positif dan membangkitkan semangat.

  • Kelincahan Ritmis

    Chord ungu saat bahagia sering kali dimainkan dengan irama yang lincah dan bersemangat, memberikan kesan ceria dan menggembirakan. Ritme yang upbeat ini menular dan dapat dengan mudah membuat pendengar ingin bergerak dan menari.

  • Melodi Menanjak

    Melodi yang dibangun di atas chord ungu saat bahagia cenderung bergerak ke arah atas, menciptakan rasa optimisme dan harapan. Gerakan menanjak ini selaras dengan suasana hati yang positif yang dibangkitkan oleh chord dan berkontribusi pada daya tarik emosionalnya.

  • Harmonisasi Sederhana

    Kesederhanaan harmonisasi chord ungu saat bahagia menjadikannya mudah diakses dan dinikmati oleh pendengar dari semua latar belakang musik. Harmonisasi yang tidak rumit memungkinkan melodi dan lirik untuk bersinar, membuat lagu-lagu yang menggunakan chord ungu saat bahagia mudah diingat dan dinyanyikan bersama.

  • Lirik Positif

    Lagu-lagu yang menggunakan chord ungu saat bahagia sering kali memiliki lirik yang positif dan membangkitkan semangat. Lirik-lirik ini berfokus pada tema-tema seperti kebahagiaan, cinta, dan harapan, memperkuat suasana hati ceria yang diciptakan oleh musik.

Secara keseluruhan, identitas “chord ungu saat bahagia” sebagai ciri khas musik ceria sangat erat kaitannya dengan ritme yang lincah, melodi yang menanjak, harmonisasi yang sederhana, dan lirik yang positif. Kombinasi elemen-elemen ini menciptakan pengalaman musik yang membangkitkan semangat dan membangkitkan suasana hati yang positif.

Fungsi

Hubungan antara “Fungsi: membangkitkan emosi positif” dan “chord ungu saat bahagia” sangat erat dan saling melengkapi. Chord ungu saat bahagia memiliki kemampuan yang unik untuk membangkitkan emosi positif karena beberapa alasan:

  • Kesederhanaan dan Keakraban
    Chord ungu saat bahagia menggunakan akord yang sederhana dan umum, membuatnya mudah dikenali dan dinikmati oleh banyak orang. Kesederhanaan ini menciptakan rasa akrab dan nyaman, yang dapat berkontribusi pada emosi positif.
  • Progresi Harmonis yang Menyenangkan
    Progresi harmonis chord ungu saat bahagia secara alami membangkitkan perasaan senang dan optimisme. Transisi antara akord menciptakan gerakan yang dinamis dan bersemangat, yang dapat menular pada pendengar.
  • Asosiasi dengan Pengalaman Positif
    Chord ungu saat bahagia telah digunakan dalam banyak lagu yang berhubungan dengan momen-momen bahagia, seperti pernikahan, ulang tahun, dan perayaan. Asosiasi ini memperkuat hubungan antara chord dan emosi positif.

Salah satu contoh nyata dari kemampuan chord ungu saat bahagia untuk membangkitkan emosi positif adalah lagu “Happy” oleh Pharrell Williams. Lagu ini menggunakan chord ungu saat bahagia yang sederhana namun efektif, yang berkontribusi pada suasana ceria dan menggembirakan secara keseluruhan. Lagu ini telah menjadi hit global dan telah digunakan untuk menyebarkan pesan kebahagiaan dan kepositifan.Pemahaman tentang hubungan antara “Fungsi: membangkitkan emosi positif” dan “chord ungu saat bahagia” memiliki beberapa aplikasi praktis. Pertama, hal ini dapat membantu musisi dan penulis lagu menciptakan musik yang memiliki dampak emosional yang kuat pada pendengar. Kedua, hal ini dapat membantu terapis musik menggunakan musik untuk membantu pasien mengatasi emosi negatif dan mempromosikan kesehatan mental yang positif. Ketiga, hal ini dapat membantu pendengar menghargai dan menikmati kekuatan musik untuk membangkitkan emosi positif dan menciptakan pengalaman yang lebih bermakna.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Kord Ungu Saat Bahagia

Bagian ini berisi kumpulan pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya untuk membantu Anda memahami lebih lanjut tentang Kord Ungu Saat Bahagia.

Pertanyaan 1: Apa itu Kord Ungu Saat Bahagia?

Kord Ungu Saat Bahagia adalah rangkaian akord musik yang terdiri dari akord C, G, D, dan Em. Progresi akord ini dikenal karena kemampuannya membangkitkan perasaan ceria dan bahagia.

Pertanyaan 2: Mengapa disebut Kord Ungu Saat Bahagia?

Istilah “Ungu Saat Bahagia” tidak merujuk pada warna ungu, melainkan pada perasaan bahagia dan ceria yang ditimbulkan oleh progresi akord ini.

Pertanyaan 3: Dalam genre musik apa Kord Ungu Saat Bahagia sering digunakan?

Kord Ungu Saat Bahagia banyak digunakan dalam musik pop, rock, folk, dan country.

Pertanyaan 4: Apakah Kord Ungu Saat Bahagia mudah dimainkan?

Ya, Kord Ungu Saat Bahagia termasuk progresi akord yang mudah dimainkan, terutama bagi pemula.

Pertanyaan 5: Siapa saja musisi terkenal yang menggunakan Kord Ungu Saat Bahagia dalam lagu mereka?

Beberapa musisi terkenal yang menggunakan Kord Ungu Saat Bahagia dalam lagu mereka antara lain The Beatles, Bob Dylan, Ed Sheeran, dan Pharrell Williams.

Pertanyaan 6: Apa dampak penggunaan Kord Ungu Saat Bahagia dalam sebuah lagu?

Penggunaan Kord Ungu Saat Bahagia dalam sebuah lagu dapat menciptakan suasana ceria, optimis, dan membangkitkan semangat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan ini memberikan pemahaman mendasar tentang Kord Ungu Saat Bahagia. Untuk pembahasan lebih mendalam, silakan lanjutkan membaca bagian selanjutnya dari artikel ini.

Lanjut ke: Penerapan Kord Ungu Saat Bahagia dalam Berbagai Konteks

Tips Menerapkan Kord Ungu Saat Bahagia

Bagian ini akan memberikan beberapa tips praktis tentang cara menerapkan Kord Ungu Saat Bahagia secara efektif dalam berbagai konteks musik.

Tip 1: Mulailah dengan Dasar-dasar

Pelajari urutan akord dasar C, G, D, dan Em serta transisinya. Latih transisi ini secara teratur untuk membangun keterampilan dan kepercayaan diri Anda.

Tip 2: Bereksperimen dengan Variasi Ritme

Jangan terpaku pada pola strumming yang sama. Cobalah variasi ritme yang berbeda untuk menciptakan nuansa yang unik dan menarik pada lagu Anda.

Tip 3: Tambahkan Improvisasi

Setelah Anda menguasai dasar-dasarnya, mulailah berimprovisasi dengan melodi dan improvisasi di atas Kord Ungu Saat Bahagia. Hal ini akan membantu Anda mengembangkan kreativitas dan gaya pribadi Anda.

Tip 4: Sesuaikan dengan Genre Musik Anda

Kord Ungu Saat Bahagia dapat digunakan dalam berbagai genre musik. Sesuaikan penggunaan akord ini dengan gaya musik Anda, apakah itu pop, rock, folk, atau country.

Tip 5: Perhatikan Dinamika

Gunakan dinamika secara efektif untuk menambah kedalaman dan emosi pada lagu Anda. Variasikan volume dan intensitas permainan Anda untuk menciptakan nuansa yang kontras.

Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat memanfaatkan kekuatan Kord Ungu Saat Bahagia untuk menciptakan musik yang berkesan dan membangkitkan semangat. Tips ini akan membantu Anda menguasai progresi akord ini, mengembangkan kreativitas Anda, dan menonjolkan karya musik Anda.

Lanjut ke: Kesimpulan: Kord Ungu Saat Bahagia sebagai Alat Ekspresi Kreatif

Kesimpulan

Kord Ungu Saat Bahagia telah terbukti menjadi alat musik yang ampuh dalam membangkitkan emosi positif dan menciptakan suasana yang ceria. Kesederhanaan, daya tarik universal, dan dampak emosionalnya yang kuat menjadikannya pilihan yang populer bagi musisi dari berbagai genre.

Salah satu aspek terpenting dari Kord Ungu Saat Bahagia adalah kemampuannya untuk menginspirasi kreativitas. Progresi akord yang sederhana menyediakan dasar yang kuat untuk eksplorasi melodi, harmoni, dan ritme. Hal ini memungkinkan musisi untuk bereksperimentasi dengan gaya dan suara yang berbeda, menghasilkan musik yang unik dan berkesan.

Sebagai kesimpulan, Kord Ungu Saat Bahagia lebih dari sekadar rangkaian akord. Ini adalah alat ekspresi kreatif yang dapat membuka jalan bagi penciptaan musik yang membangkitkan semangat, menginspirasi kegembiraan, dan meninggalkan dampak abadi pada pendengar. Dengan memahami dan memanfaatkan kekuatannya, musisi dapat memanfaatkan Kord Ungu Saat Bahagia untuk menciptakan musik yang benar-benar menggerakkan hati dan jiwa.



Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru