Gambar Anak Mengaji: Keindahan dan Makna di Baliknya

sisca


Gambar Anak Mengaji: Keindahan dan Makna di Baliknya

Di Indonesia, mengaji atau belajar membaca Al-Qur’an merupakan kegiatan yang sangat penting bagi umat Islam. Hal ini karena Al-Qur’an adalah kitab suci yang berisi firman-firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Mengaji tidak hanya sekedar belajar membaca huruf-huruf Arab, tetapi juga memahami makna dan kandungan Al-Qur’an itu sendiri.

Bagi anak-anak, mengaji merupakan salah satu cara untuk belajar tentang agama Islam. Mereka akan belajar tentang dasar-dasar Islam, seperti rukun Islam, rukun iman, dan kisah-kisah para nabi dan rasul. Selain itu, mengaji juga membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis mereka.

Gambar anak-anak yang sedang mengaji seringkali menjadi pemandangan yang indah dan menyejukkan hati. Anak-anak yang sedang duduk dengan tenang, fokus membaca Al-Qur’an, dan mendengarkan penjelasan dari guru mengaji mereka, menciptakan suasana yang damai dan tentram.

gambar anak mengaji

Mewujudkan keindahan dan makna.

  • Akhlak mulia
  • Ketekunan
  • Kedamaian
  • Keindahan
  • Masa depan cerah
  • Generasi beriman
  • Cahaya kehidupan
  • Harapan orang tua
  • Bekal hidup
  • Syiar Islam

Mengaji adalah kegiatan yang sangat mulia dan bermanfaat bagi anak-anak. Orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk mengaji sejak dini agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang beriman dan berakhlak mulia.

Akhlak mulia

Gambar anak mengaji tidak hanya indah dipandang, tetapi juga sarat dengan makna. Salah satu makna yang terkandung dalam gambar anak mengaji adalah akhlak mulia.

Akhlak mulia adalah perilaku yang baik dan terpuji. Anak-anak yang mengaji sedari dini akan belajar tentang akhlak mulia dari guru mengaji dan teman-teman mengaji mereka. Mereka akan belajar tentang kejujuran, amanah, tanggung jawab, dan sifat-sifat baik lainnya.

Selain itu, mengaji juga mengajarkan anak-anak tentang kasih sayang dan saling menghormati. Mereka akan belajar tentang kasih sayang kepada Allah SWT, kasih sayang kepada sesama manusia, dan kasih sayang kepada makhluk hidup lainnya. Mereka juga akan belajar tentang pentingnya menghormati orang tua, guru, dan sesama teman.

Dengan demikian, mengaji dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan akhlak mulia sejak dini. Akhlak mulia ini akan menjadi bekal yang sangat berharga bagi mereka dalam menjalani kehidupan di masa depan.

Orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk mengaji sejak dini agar mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang beriman dan berakhlak mulia. Dengan mengaji, anak-anak akan belajar tentang nilai-nilai kebaikan dan akhlak mulia yang akan menjadi bekal mereka dalam menjalani kehidupan di dunia dan di akhirat.

Ketekunan

Gambar anak mengaji juga menunjukkan pentingnya ketekunan. Mengaji bukanlah kegiatan yang mudah. Anak-anak harus belajar membaca huruf-huruf Arab, memahami makhraj huruf, dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Hal ini membutuhkan ketekunan dan kesabaran yang tinggi.

  • Kegigihan

    Anak-anak yang mengaji harus gigih dalam belajar. Mereka tidak boleh menyerah meskipun mengalami kesulitan.

  • Kesabaran

    Anak-anak yang mengaji harus sabar dalam belajar. Mereka harus sabar menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dan memahami maknanya.

  • Disiplin

    Anak-anak yang mengaji harus disiplin dalam belajar. Mereka harus belajar secara teratur dan konsisten.

  • Fokus

    Anak-anak yang mengaji harus fokus dalam belajar. Mereka harus fokus mendengarkan penjelasan guru mengaji dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang mereka baca.

Dengan ketekunan, anak-anak akan dapat menguasai ilmu mengaji dengan baik. Mereka akan dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar dan memahami maknanya. Ketekunan juga akan membantu anak-anak dalam menghadapi tantangan hidup lainnya.

Kedamaian

Gambar anak mengaji juga memancarkan kedamaian. Anak-anak yang sedang mengaji biasanya terlihat tenang dan fokus. Mereka tidak terganggu oleh hiruk pikuk dunia luar. Mereka hanya fokus pada ayat-ayat Al-Qur’an yang mereka baca dan pahami.

  • Ketentraman hati

    Mengaji dapat memberikan ketentraman hati bagi anak-anak. Ketika mereka membaca dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an, mereka akan merasakan ketenangan dan kedamaian.

  • Menjauhkan dari perbuatan buruk

    Anak-anak yang mengaji akan lebih terhindar dari perbuatan buruk. Mereka akan lebih takut kepada Allah SWT dan lebih menjaga diri dari perbuatan-perbuatan yang dilarang.

  • Menciptakan suasana yang kondusif

    Gambar anak mengaji dapat menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar. Anak-anak akan lebih fokus dan tenang ketika belajar di lingkungan yang kondusif.

  • Menebarkan kebaikan

    Anak-anak yang mengaji akan lebih cenderung untuk menebarkan kebaikan di lingkungan sekitarnya. Mereka akan lebih ramah, santun, dan saling tolong-menolong.

Dengan demikian, gambar anak mengaji dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu menjaga kedamaian dan ketenangan hati. Kita juga harus selalu berusaha untuk menebarkan kebaikan di lingkungan sekitar kita.

Keindahan

Gambar anak mengaji tidak hanya memancarkan kedamaian, tetapi juga keindahan. Ada beberapa hal yang membuat gambar anak mengaji terlihat indah.

Baca Juga :  Baju Anak Muslim: Pilihan Tepat untuk Mengenalkan Busana Islami Sejak Dini

Pertama, anak-anak yang sedang mengaji biasanya terlihat sangat suci dan polos. Mereka tidak terpengaruh oleh hal-hal duniawi yang kotor. Mereka hanya fokus pada ayat-ayat Al-Qur’an yang mereka baca dan pahami. Kesucian dan kepolosan anak-anak ini memancarkan aura yang sangat indah.

Kedua, suara anak-anak yang sedang mengaji juga sangat indah. Suara mereka biasanya lembut, merdu, dan penuh penghayatan. Suara anak-anak yang mengaji dapat membuat hati siapa saja yang mendengarnya menjadi tenang dan damai.

Ketiga, suasana tempat mengaji juga biasanya sangat indah. Tempat mengaji biasanya terletak di masjid atau mushola yang bersih dan rapi. Di tempat mengaji juga biasanya terdapat hiasan-hiasan yang indah, seperti kaligrafi, lukisan ayat-ayat Al-Qur’an, dan sebagainya. Keindahan suasana tempat mengaji menambah keindahan gambar anak mengaji.

Dengan demikian, gambar anak mengaji dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu menjaga kesucian, kepolosan, dan keindahan hati kita. Kita juga harus selalu berusaha untuk memperindah suara dan perilaku kita.

Masa depan cerah

Gambar anak mengaji tidak hanya indah dan damai, tetapi juga melambangkan masa depan yang cerah. Anak-anak yang mengaji sedari dini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengaji.

  • Menguasai ilmu agama

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan lebih menguasai ilmu agama. Mereka akan lebih memahami Al-Qur’an dan hadits. Mereka juga akan lebih memahami tentang akidah, ibadah, muamalah, dan akhlak.

  • Berakhlak mulia

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan lebih berakhlak mulia. Mereka akan lebih jujur, amanah, tanggung jawab, dan santun. Mereka juga akan lebih menghormati orang tua, guru, dan sesama teman.

  • Cerdas dan kreatif

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan lebih cerdas dan kreatif. Mereka akan lebih mudah memahami pelajaran di sekolah. Mereka juga akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

  • Bermanfaat bagi masyarakat

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan lebih bermanfaat bagi masyarakat. Mereka akan lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Mereka juga akan lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial.

Dengan demikian, gambar anak mengaji dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu mendorong anak-anak kita untuk mengaji sedari dini. Dengan mengaji, anak-anak kita akan memiliki masa depan yang cerah dan gemilang.

Generasi beriman

Gambar anak mengaji juga melambangkan generasi beriman. Anak-anak yang mengaji sedari dini akan lebih mengenal dan mencintai Allah SWT. Mereka akan lebih memahami tentang ajaran-ajaran Islam dan berusaha untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Generasi beriman sangat penting bagi masa depan bangsa dan negara. Generasi beriman akan lebih kuat dalam menghadapi tantangan hidup. Mereka akan lebih mampu membedakan antara yang hak dan yang batil. Mereka juga akan lebih terhindar dari perbuatan-perbuatan yang tercela.

Oleh karena itu, kita semua harus berupaya untuk mencetak generasi beriman. Salah satu caranya adalah dengan mendorong anak-anak kita untuk mengaji sedari dini. Dengan mengaji, anak-anak kita akan tumbuh menjadi generasi yang beriman, berakhlak mulia, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri generasi beriman:

  • Mengucapkan dua kalimat syahadat dengan ikhlas
  • Menunaikan shalat lima waktu dengan khusyuk
  • Membaca Al-Qur’an dan memahami maknanya
  • Mempelajari ilmu agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Berakhlak mulia dan santun
  • Menjaga hubungan baik dengan sesama manusia
  • Menyayangi dan menghormati orang tua, guru, dan sesama teman
  • Bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar

Cahaya kehidupan

Gambar anak mengaji juga melambangkan cahaya kehidupan. Anak-anak yang mengaji sedari dini akan lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Mereka akan lebih memiliki tujuan hidup yang jelas dan terarah. Mereka juga akan lebih optimis dalam menghadapi tantangan hidup.

  • Semangat hidup

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Mereka akan lebih memiliki energi dan motivasi untuk belajar dan meraih cita-cita.

  • Tujuan hidup yang jelas

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan lebih memiliki tujuan hidup yang jelas dan terarah. Mereka akan lebih memahami tentang hakikat hidup dan kematian. Mereka juga akan lebih memahami tentang tujuan penciptaan manusia.

  • Optimis dalam menghadapi tantangan hidup

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan lebih optimis dalam menghadapi tantangan hidup. Mereka akan lebih percaya diri dan tidak mudah putus asa. Mereka juga akan lebih mampu mencari solusi dari setiap masalah yang mereka hadapi.

  • Menjadi penerang bagi orang lain

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan menjadi penerang bagi orang lain. Mereka akan menjadi contoh dan teladan bagi teman-teman dan keluarga mereka. Mereka juga akan menjadi agen perubahan yang positif bagi masyarakat.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Kena Cacingan Perlu Diketahui

Dengan demikian, gambar anak mengaji dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu berusaha menjadi cahaya kehidupan bagi orang lain. Kita harus selalu berusaha untuk menyebarkan kebaikan dan kebenaran di lingkungan sekitar kita.

Harapan orang tua

Gambar anak mengaji juga mewakili harapan orang tua. Orang tua selalu berharap agar anak-anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang beriman, berakhlak mulia, dan bermanfaat bagi masyarakat. Mengaji adalah salah satu cara untuk mewujudkan harapan tersebut.

  • Anak yang beriman dan berakhlak mulia

    Orang tua berharap agar anak-anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang beriman dan berakhlak mulia. Mereka berharap agar anak-anak mereka menjadi pribadi yang jujur, amanah, tanggung jawab, dan santun. Mereka juga berharap agar anak-anak mereka menjadi pribadi yang beriman kepada Allah SWT dan menjalankan perintah-Nya.

  • Anak yang cerdas dan berprestasi

    Orang tua juga berharap agar anak-anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan berprestasi. Mereka berharap agar anak-anak mereka dapat meraih nilai yang bagus di sekolah dan lulus dengan nilai yang memuaskan. Mereka juga berharap agar anak-anak mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

  • Anak yang bermanfaat bagi masyarakat

    Orang tua juga berharap agar anak-anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat. Mereka berharap agar anak-anak mereka dapat berkontribusi positif bagi lingkungan sekitar. Mereka juga berharap agar anak-anak mereka dapat menjadi pemimpin yang baik di masa depan.

  • Anak yang bahagia dan sejahtera

    Orang tua juga berharap agar anak-anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang bahagia dan sejahtera. Mereka berharap agar anak-anak mereka dapat hidup dengan nyaman dan berkecukupan. Mereka juga berharap agar anak-anak mereka dapat menikmati hidup dan meraih kebahagiaan.

Dengan demikian, gambar anak mengaji dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu berusaha menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak kita. Kita harus selalu berusaha untuk memberikan pendidikan dan pengasuhan yang terbaik bagi anak-anak kita.

Bekal hidup

Gambar anak mengaji juga melambangkan bekal hidup. Anak-anak yang mengaji sedari dini akan memiliki bekal hidup yang kuat dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan. Bekal hidup tersebut berupa ilmu agama, akhlak mulia, dan keterampilan hidup.

Ilmu agama akan membantu anak-anak untuk memahami hakikat hidup dan kematian. Ilmu agama juga akan membantu anak-anak untuk membedakan antara yang hak dan yang batil. Akhlak mulia akan membantu anak-anak untuk menjadi pribadi yang baik dan terhormat. Akhlak mulia juga akan membantu anak-anak untuk hidup bermasyarakat dengan baik.

Keterampilan hidup akan membantu anak-anak untuk mandiri dan produktif. Keterampilan hidup juga akan membantu anak-anak untuk mendapatkan pekerjaan dan berpenghasilan. Dengan demikian, anak-anak yang mengaji sedari dini akan memiliki bekal hidup yang kuat untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa contoh bekal hidup yang dapat diperoleh dari mengaji:

  • Kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an
  • Pemahaman tentang ilmu agama, seperti akidah, ibadah, muamalah, dan akhlak
  • Akhlak mulia, seperti kejujuran, amanah, tanggung jawab, dan santun
  • Keterampilan hidup, seperti membaca, menulis, berhitung, dan berkomunikasi
  • Kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah
  • Kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi dengan orang lain
  • Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru
  • Kemampuan menghadapi tekanan dan tantangan hidup

Syiar Islam

Gambar anak mengaji juga melambangkan syiar Islam. Syiar Islam adalah penyebaran ajaran Islam. Anak-anak yang mengaji sedari dini akan menjadi agen syiar Islam. Mereka akan menyebarkan ajaran Islam dengan cara membaca dan memahami Al-Qur’an, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Membaca dan memahami Al-Qur’an

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan belajar membaca dan memahami Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman-firman Allah SWT. Dengan membaca dan memahami Al-Qur’an, anak-anak akan belajar tentang ajaran Islam yang sebenarnya.

  • Mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan belajar untuk mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Mereka akan belajar untuk menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Dengan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak akan menjadi contoh yang baik bagi orang lain.

  • Mengajak orang lain untuk memeluk Islam

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan memiliki semangat untuk mengajak orang lain untuk memeluk Islam. Mereka akan mengajak teman-teman, keluarga, dan tetangga mereka untuk belajar tentang Islam dan menjadi seorang Muslim. Dengan semangat dakwah yang tinggi, anak-anak akan berkontribusi dalam menyebarkan Islam ke seluruh dunia.

  • Menjaga kemurnian ajaran Islam

    Anak-anak yang mengaji sedari dini akan belajar tentang kemurnian ajaran Islam. Mereka akan belajar tentang aqidah yang benar, ibadah yang benar, dan akhlak yang benar. Dengan belajar tentang kemurnian ajaran Islam, anak-anak akan terhindar dari ajaran-ajaran sesat dan menyesatkan.

Baca Juga :  Cara Cepat Hamil: Tips dan Trik untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

Dengan demikian, gambar anak mengaji dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu berusaha menyebarkan ajaran Islam dengan cara yang baik dan benar. Kita harus selalu berusaha untuk menjadi agen syiar Islam yang efektif dan berdampak positif bagi lingkungan sekitar kita.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh anak-anak tentang mengaji:

Pertanyaan 1: Mengapa aku harus mengaji?
Mengaji itu penting karena mengaji dapat membantu kamu untuk memahami agama Islam dengan lebih baik. Kamu akan belajar tentang kisah-kisah para nabi dan rasul, tentang rukun Islam dan rukun iman, dan tentang bagaimana cara beribadah kepada Allah SWT.

Pertanyaan 2: Apa manfaat mengaji?
Mengaji memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  • Dapat membuat kamu lebih dekat dengan Allah SWT.
  • Dapat membantu kamu untuk memahami agama Islam dengan lebih baik.
  • Dapat membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Dapat membantu kamu untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengaji yang baik?
Untuk mengaji dengan baik, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Bacalah Al-Qur’an dengan tartil, yaitu dengan jelas dan tidak terburu-buru.
  • Pahamilah makna dari ayat-ayat Al-Qur’an yang kamu baca.
  • Amalkanlah ajaran-ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan 4: Di mana aku bisa mengaji?
Kamu bisa mengaji di masjid, di mushola, atau di tempat-tempat lain yang menyediakan layanan mengaji. Kamu juga bisa mengaji dengan guru mengaji privat.

Pertanyaan 5: Kapan waktu yang tepat untuk mengaji?
Waktu yang tepat untuk mengaji adalah kapan saja kamu memiliki waktu luang. Namun, ada beberapa waktu yang dianggap lebih baik untuk mengaji, seperti pada waktu setelah shalat subuh, setelah shalat maghrib, atau pada malam hari sebelum tidur.

Pertanyaan 6: Apa saja yang perlu aku bawa saat mengaji?
Saat mengaji, kamu perlu membawa beberapa barang, seperti:

  • Al-Qur’an
  • Sajadah
  • Tasbih
  • Buku catatan
  • Pensil atau pulpen

Pertanyaan 7: Bagaimana jika aku kesulitan mengaji?
Jika kamu kesulitan mengaji, jangan menyerah. Mintalah bantuan kepada guru mengaji atau kepada orang tua kamu. Mereka akan membantumu untuk belajar mengaji dengan lebih mudah.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh anak-anak tentang mengaji. Semoga bermanfaat.

Selain mengaji, ada beberapa hal lain yang dapat kamu lakukan untuk belajar tentang agama Islam. Kamu bisa membaca buku-buku tentang agama Islam, menonton video ceramah agama, atau mengikuti kajian-kajian agama.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk anak-anak yang ingin belajar mengaji:

1. Mulailah dari yang mudah
Jangan langsung mencoba membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang sulit. Mulailah dari ayat-ayat yang pendek dan mudah dibaca. Setelah kamu menguasai ayat-ayat yang pendek, kamu bisa melanjutkan ke ayat-ayat yang lebih panjang dan sulit.

2. Belajarlah secara rutin
Jangan belajar mengaji hanya sekali-sekali. Belajarlah secara rutin, misalnya setiap hari atau setiap minggu. Dengan belajar secara rutin, kamu akan lebih cepat menguasai ilmu mengaji.

3. Jangan takut bertanya
Jika kamu tidak mengerti sesuatu, jangan takut untuk bertanya kepada guru mengaji atau kepada orang tua kamu. Mereka akan membantumu untuk memahami materi yang sedang kamu pelajari.

4. Berdoalah kepada Allah SWT
Sebelum memulai belajar mengaji, berdoalah kepada Allah SWT agar kamu diberi kemudahan dalam belajar. Mintalah kepada Allah SWT agar kamu diberi pemahaman yang baik tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang kamu baca.

Demikian beberapa tips untuk anak-anak yang ingin belajar mengaji. Semoga bermanfaat.

Mengaji adalah kegiatan yang sangat penting bagi umat Islam. Dengan mengaji, kamu dapat belajar tentang agama Islam dengan lebih baik. Kamu juga dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT.

Conclusion

Mengaji adalah kegiatan yang sangat penting bagi anak-anak. Dengan mengaji, anak-anak dapat belajar tentang agama Islam dengan lebih baik. Mereka juga dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT.

Gambar anak mengaji melambangkan banyak hal, seperti akhlak mulia, ketekunan, kedamaian, keindahan, masa depan cerah, generasi beriman, cahaya kehidupan, harapan orang tua, bekal hidup, dan syiar Islam. Semua nilai-nilai tersebut sangat penting untuk ditanamkan pada anak-anak sejak dini.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita harus mendorong anak-anak kita untuk mengaji sedari dini. Kita harus menyediakan waktu dan fasilitas yang cukup agar anak-anak kita dapat belajar mengaji dengan baik.

Dengan mengaji, anak-anak kita akan tumbuh menjadi pribadi yang beriman, berakhlak mulia, dan bermanfaat bagi masyarakat. Mereka akan menjadi generasi penerus yang membanggakan.

Mari kita ajak anak-anak kita untuk mengaji sejak dini. Dengan mengaji, anak-anak kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat, both in this world and in the hereafter.


Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru