Jalan Haji Kalla, Pusat Aktivitas Haji di Makassar

sisca


Jalan Haji Kalla, Pusat Aktivitas Haji di Makassar

Jalan Haji Kalla adalah jalan utama yang terletak di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jalan ini merupakan salah satu jalan tersibuk dan terpenting di kota tersebut, yang menghubungkan beberapa kawasan bisnis dan pusat perbelanjaan dengan pusat kota.

Jalan Haji Kalla memiliki peran penting dalam perekonomian dan transportasi kota Makassar. Jalan ini juga menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya, dengan banyak pertokoan, restoran, dan tempat hiburan yang berjejer di sepanjang jalan. Salah satu perkembangan sejarah penting di Jalan Haji Kalla adalah pembangunan Mal Ratu Indah pada tahun 2004, yang menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia timur.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang sejarah, perkembangan, dan peran penting Jalan Haji Kalla dalam kehidupan masyarakat kota Makassar.

Jalan Haji Kalla

Jalan Haji Kalla merupakan salah satu jalan utama dan terpenting di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jalan ini memiliki banyak aspek penting yang berkontribusi terhadap peran dan fungsinya dalam kehidupan masyarakat kota Makassar.

  • Sejarah
  • Lokasi
  • Panjang
  • Lebar
  • Bangunan
  • Lalu lintas
  • Ekonomi
  • Transportasi
  • Sosial
  • Budaya

Sepuluh aspek penting tersebut saling terkait dan membentuk karakteristik unik Jalan Haji Kalla. Misalnya, sejarah panjang jalan ini telah membentuk bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri tegak di sepanjang jalan. Lokasi strategisnya di pusat kota menjadikannya pusat kegiatan ekonomi dan transportasi. Selain itu, Jalan Haji Kalla juga menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya, dengan banyak pertokoan, restoran, dan tempat hiburan yang berjejer di sepanjang jalan.

Sejarah

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan Jalan Haji Kalla. Nama jalan ini diambil dari nama seorang tokoh penting dalam sejarah kota Makassar, yakni Haji Kalla. Haji Kalla adalah seorang pengusaha dan tokoh masyarakat yang sangat dihormati di Makassar. Ia merupakan pendiri perusahaan Kalla Group, salah satu perusahaan terbesar di Indonesia timur.

Pemberian nama Jalan Haji Kalla merupakan bentuk penghargaan atas jasa-jasanya dalam pengembangan kota Makassar. Jalan ini menjadi pengingat akan sejarah dan perjuangan Haji Kalla dalam memajukan kota kelahirannya. Selain itu, nama Jalan Haji Kalla juga menjadi simbol semangat kewirausahaan dan filantropi yang telah ditunjukkan oleh Haji Kalla sepanjang hidupnya.

Sejarah Jalan Haji Kalla juga tidak lepas dari perkembangan kota Makassar. Jalan ini menjadi saksi bisu perkembangan pesat kota Makassar, dari sebuah kota kecil menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia timur. Seiring dengan perkembangan kota, Jalan Haji Kalla pun terus berkembang dan menjadi salah satu jalan utama yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Makassar.

Lokasi

Lokasi Jalan Haji Kalla memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakteristik dan fungsinya. Jalan ini terletak di pusat kota Makassar, menghubungkan beberapa kawasan bisnis dan pusat perbelanjaan dengan pusat pemerintahan.

Lokasi yang strategis ini menjadikan Jalan Haji Kalla sebagai pusat kegiatan ekonomi, perdagangan, dan jasa. Banyak perusahaan besar, bank, dan pusat perbelanjaan berjejer di sepanjang jalan ini. Selain itu, Jalan Haji Kalla juga menjadi pusat kegiatan pemerintahan, dengan kantor Gubernur Sulawesi Selatan dan beberapa instansi pemerintah lainnya yang terletak di sepanjang jalan ini.

Lokasi Jalan Haji Kalla juga menjadikannya sebagai pusat kegiatan sosial dan budaya. Di sepanjang jalan ini terdapat banyak pertokoan, restoran, dan tempat hiburan. Selain itu, Jalan Haji Kalla juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara dan kegiatan masyarakat, seperti festival budaya, pameran, dan kegiatan keagamaan.

Panjang

Panjang merupakan salah satu aspek penting dari Jalan Haji Kalla. Jalan yang panjang memungkinkan untuk menampung lebih banyak bangunan, pertokoan, dan fasilitas umum. Selain itu, jalan yang panjang juga memudahkan akses dan mobilitas masyarakat.

  • Panjang Keseluruhan

    Jalan Haji Kalla memiliki panjang keseluruhan sekitar 2,5 kilometer. Panjang ini membentang dari persimpangan Jalan AP Pettarani hingga persimpangan Jalan Urip Sumoharjo.

  • Jumlah Ruas Jalan

    Jalan Haji Kalla memiliki dua ruas jalan, masing-masing dengan lebar sekitar 10 meter. Pembagian ruas jalan ini memudahkan pengaturan lalu lintas dan mencegah kemacetan.

  • Panjang Trotoar

    Jalan Haji Kalla memiliki trotoar yang cukup lebar di kedua sisinya. Trotoar ini berfungsi sebagai jalur pejalan kaki dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pejalan kaki.

  • Panjang Jembatan

    Jalan Haji Kalla melintasi beberapa jembatan, di antaranya adalah Jembatan Layang Pettarani dan Jembatan Layang Urip Sumoharjo. Jembatan-jembatan ini berfungsi untuk memperlancar arus lalu lintas dan mengurangi kemacetan.

Panjang Jalan Haji Kalla yang cukup panjang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Jalan ini dapat menampung berbagai aktivitas dan fasilitas, memudahkan akses dan mobilitas, serta memperlancar arus lalu lintas. Dengan demikian, Jalan Haji Kalla dapat berfungsi dengan baik sebagai pusat kegiatan ekonomi, perdagangan, jasa, sosial, dan budaya di kota Makassar.

Lebar

Lebar memiliki peranan penting dalam menentukan fungsi dan kenyamanan sebuah jalan. Lebar jalan yang memadai dapat menampung lebih banyak kendaraan, memperlancar arus lalu lintas, serta memberikan ruang yang cukup bagi pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya.

  • Lebar Ruas Jalan

    Lebar ruas jalan Jalan Haji Kalla sekitar 10 meter. Lebar ini cukup untuk menampung dua jalur kendaraan bermotor, sehingga dapat menampung volume kendaraan yang cukup banyak.

  • Lebar Trotoar

    Jalan Haji Kalla memiliki trotoar yang cukup lebar di kedua sisinya. Lebar trotoar ini memberikan ruang yang nyaman dan aman bagi pejalan kaki.

  • Lebar Bahu Jalan

    Bahu jalan Jalan Haji Kalla juga cukup lebar. Bahu jalan ini berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan darurat, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

  • Lebar Jembatan

    Lebar jembatan di Jalan Haji Kalla juga cukup memadai. Lebar jembatan ini memungkinkan kendaraan besar seperti bus dan truk untuk melintas dengan nyaman dan aman.

Lebar Jalan Haji Kalla yang memadai memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Jalan ini dapat menampung volume kendaraan yang cukup banyak, sehingga mengurangi kemacetan. Selain itu, trotoar yang lebar memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pejalan kaki. Dengan demikian, Jalan Haji Kalla dapat berfungsi dengan baik sebagai pusat kegiatan ekonomi, perdagangan, jasa, sosial, dan budaya di kota Makassar.

Bangunan

Bangunan merupakan salah satu aspek penting yang membentuk karakteristik dan fungsi Jalan Haji Kalla. Sepanjang jalan ini terdapat berbagai jenis bangunan, mulai dari gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, hingga tempat ibadah. Keberadaan bangunan-bangunan tersebut memiliki hubungan yang erat dengan Jalan Haji Kalla, baik sebagai penyebab maupun akibat.

Salah satu pengaruh bangunan terhadap Jalan Haji Kalla adalah peningkatan aktivitas ekonomi. Kehadiran gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan menarik banyak orang untuk datang ke Jalan Haji Kalla, sehingga meningkatkan aktivitas ekonomi di sepanjang jalan ini. Selain itu, pembangunan hotel juga memberikan dampak positif pada pariwisata dan perekonomian kota Makassar.

Sebaliknya, Jalan Haji Kalla juga memberikan dampak positif terhadap bangunan-bangunan yang berdiri di sepanjang jalan tersebut. Lokasi yang strategis di pusat kota menjadikan Jalan Haji Kalla sebagai tempat yang ideal untuk mendirikan berbagai jenis bangunan. Selain itu, aksesibilitas yang mudah dan infrastruktur yang memadai juga menjadi faktor pendukung bagi pembangunan di Jalan Haji Kalla.

Keberadaan bangunan di sepanjang Jalan Haji Kalla memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan aktivitas ekonomi
  • Mendukung pariwisata
  • Memperindah kota
  • Menyediakan ruang publik

Dengan demikian, keberadaan bangunan di Jalan Haji Kalla memiliki hubungan yang saling menguntungkan, baik bagi jalan itu sendiri maupun bagi bangunan-bangunan yang berdiri di sepanjang jalan tersebut.

Lalu lintas

Lalu lintas merupakan salah satu aspek penting yang tidak dapat dipisahkan dari Jalan Haji Kalla. Jalan ini merupakan salah satu jalan tersibuk di kota Makassar, dengan volume kendaraan yang sangat tinggi setiap harinya. Kemacetan lalu lintas pun menjadi masalah yang sering terjadi di Jalan Haji Kalla, terutama pada jam-jam sibuk.

Kemacetan lalu lintas di Jalan Haji Kalla disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Volume kendaraan yang tinggi
  • Banyaknya persimpangan dan lampu lalu lintas
  • Kurangnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas

Kemacetan lalu lintas di Jalan Haji Kalla berdampak negatif bagi masyarakat, antara lain:

  • Membuang-buang waktu dan energi
  • Meningkatkan polusi udara
  • Meningkatkan risiko kecelakaan

Pemerintah kota Makassar telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Jalan Haji Kalla, antara lain:

  • Membangun jalan layang dan underpass
  • Memperlebar jalan
  • Mengoptimalkan pengaturan lalu lintas

Selain itu, masyarakat juga dapat berperan aktif dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di Jalan Haji Kalla, antara lain:

  • Menggunakan transportasi umum
  • Berangkat dan pulang kerja pada waktu yang tidak sibuk
  • Mematuhi peraturan lalu lintas

Dengan mengatasi kemacetan lalu lintas di Jalan Haji Kalla, maka masyarakat dapat menikmati manfaat, seperti:

  • Menghemat waktu dan energi
  • Mengurangi polusi udara
  • Meningkatkan keselamatan lalu lintas

Ekonomi

Jalan Haji Kalla memiliki hubungan erat dengan perekonomian kota Makassar. Jalan ini menjadi pusat kegiatan ekonomi, perdagangan, dan jasa. Keberadaan berbagai jenis bangunan, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hotel, menjadikan Jalan Haji Kalla sebagai kawasan yang strategis untuk pengembangan ekonomi.

Kehadiran Jalan Haji Kalla memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat. Jalan ini menjadi pusat perputaran uang dan menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang. Selain itu, Jalan Haji Kalla juga menjadi tempat pemasaran produk dan jasa, sehingga menguntungkan para pelaku usaha.

Dalam konteks ekonomi Islam, Jalan Haji Kalla dapat menjadi sarana untuk mengembangkan ekonomi syariah. Prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti keadilan, transparansi, dan saling menguntungkan, dapat diterapkan dalam kegiatan ekonomi di Jalan Haji Kalla. Dengan demikian, Jalan Haji Kalla dapat menjadi pusat pengembangan ekonomi syariah di kota Makassar.

Transportasi

Transportasi merupakan aspek penting yang tidak dapat dipisahkan dari Jalan Haji Kalla. Jalan ini menjadi urat nadi transportasi di kota Makassar, menghubungkan berbagai kawasan bisnis, pusat perbelanjaan, dan tempat wisata. Keberadaan Jalan Haji Kalla sangat mendukung aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat.

  • Angkutan Umum

    Jalan Haji Kalla dilalui oleh berbagai jenis angkutan umum, seperti bus, pete-pete (angkutan kota), dan taksi. Angkutan umum ini memudahkan masyarakat untuk mengakses Jalan Haji Kalla dari berbagai penjuru kota Makassar.

  • Jalan Kaki dan Sepeda

    Jalan Haji Kalla memiliki trotoar yang cukup lebar dan nyaman untuk pejalan kaki. Selain itu, terdapat pula jalur sepeda yang dapat digunakan oleh pesepeda.

  • Parkir

    Di sepanjang Jalan Haji Kalla terdapat beberapa gedung parkir yang dapat digunakan oleh masyarakat. Gedung parkir ini sangat membantu dalam mengatasi masalah parkir, terutama pada saat jam sibuk.

  • Aksesibilitas

    Jalan Haji Kalla memiliki aksesibilitas yang sangat baik. Jalan ini dapat diakses dari berbagai arah, baik dari pusat kota maupun dari pinggiran kota.

Transportasi yang baik di Jalan Haji Kalla memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Masyarakat dapat dengan mudah mengakses Jalan Haji Kalla untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, berbelanja, dan wisata. Selain itu, transportasi yang baik juga mendukung aktivitas ekonomi di Jalan Haji Kalla.

Sosial

Jalan Haji Kalla tidak hanya memiliki peran penting dalam perekonomian dan transportasi, tetapi juga dalam kehidupan sosial masyarakat kota Makassar. Jalan ini menjadi pusat kegiatan sosial, budaya, dan rekreasi, yang dapat dilihat dari berbagai aspek berikut:

  • Tempat Berkumpul

    Jalan Haji Kalla menjadi tempat berkumpul dan bersosialisasi bagi masyarakat kota Makassar. Di sepanjang jalan ini terdapat banyak kafe, restoran, dan pusat perbelanjaan yang menjadi tempat nongkrong dan bersantai.

  • Kegiatan Sosial

    Di Jalan Haji Kalla sering diadakan berbagai kegiatan sosial, seperti bakti sosial, donor darah, dan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

  • Acara Budaya

    Jalan Haji Kalla juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara budaya, seperti festival musik, pameran seni, dan pertunjukan teater. Acara-acara ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan kreativitas dan melestarikan budaya lokal.

  • Ruang Publik

    Trotoar yang lebar dan nyaman di sepanjang Jalan Haji Kalla menjadi ruang publik yang dapat digunakan masyarakat untuk berjalan kaki, bersantai, dan berinteraksi sosial.

Dengan demikian, Jalan Haji Kalla tidak hanya berfungsi sebagai jalan penghubung, tetapi juga sebagai pusat kehidupan sosial dan budaya masyarakat kota Makassar. Jalan ini menjadi tempat dimana masyarakat dapat berinteraksi sosial, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, menikmati hiburan, dan melestarikan budaya lokal.

Budaya

Jalan Haji Kalla tidak hanya memiliki peran penting dalam perekonomian dan transportasi, tetapi juga dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat kota Makassar. Jalan ini menjadi pusat kegiatan sosial, budaya, dan rekreasi, yang dapat dilihat dari berbagai aspek berikut:

  • Festival Budaya

    Jalan Haji Kalla sering menjadi tempat penyelenggaraan berbagai festival budaya, seperti Festival Musik Tradisional Makassar, Pameran Kerajinan Tangan Sulawesi Selatan, dan Pertunjukan Tari Tradisional. Festival-festival ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan kreativitas dan melestarikan budaya lokal.

  • Pusat Kuliner

    Di sepanjang Jalan Haji Kalla terdapat banyak restoran dan kafe yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Makassar, seperti coto Makassar, pallubasa, dan es pisang ijo. Kuliner-kuliner ini menjadi daya tarik bagi wisatawan dan menjadi bagian dari identitas budaya kota Makassar.

  • Arsitektur Bangunan

    Beberapa bangunan di sepanjang Jalan Haji Kalla memiliki arsitektur yang unik dan berciri khas budaya lokal. Misalnya, Masjid Al-Markaz Al-Islami yang bergaya arsitektur Timur Tengah dan Rumah Adat Bugis yang bergaya rumah panggung tradisional.

  • Kegiatan Seni

    Di Jalan Haji Kalla terdapat beberapa galeri seni dan pusat kebudayaan yang menggelar pameran seni dan pertunjukan seni. Kegiatan-kegiatan ini menjadi wadah bagi seniman lokal untuk menampilkan karya-karyanya dan memperkaya khazanah budaya kota Makassar.

Dengan demikian, Jalan Haji Kalla tidak hanya berfungsi sebagai jalan penghubung, tetapi juga sebagai pusat kehidupan sosial dan budaya masyarakat kota Makassar. Jalan ini menjadi tempat dimana masyarakat dapat berinteraksi sosial, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, menikmati hiburan, dan melestarikan budaya lokal.

Tanya Jawab Jalan Haji Kalla

Bagian ini akan menjawab beberapa pertanyaan umum dan memberikan informasi tambahan mengenai Jalan Haji Kalla.

Pertanyaan 1: Di mana lokasi Jalan Haji Kalla?

Jawaban: Jalan Haji Kalla terletak di pusat kota Makassar, menghubungkan beberapa kawasan bisnis dan pusat perbelanjaan dengan pusat kota.

Pertanyaan 2: Apa saja bangunan penting yang ada di Jalan Haji Kalla?

Jawaban: Di sepanjang Jalan Haji Kalla terdapat berbagai bangunan penting, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, dan tempat ibadah, seperti Masjid Al-Markaz Al-Islami.

Pertanyaan 3: Bagaimana kondisi lalu lintas di Jalan Haji Kalla?

Jawaban: Jalan Haji Kalla merupakan salah satu jalan tersibuk di kota Makassar, dengan volume kendaraan yang sangat tinggi setiap harinya. Kemacetan lalu lintas sering terjadi, terutama pada jam-jam sibuk.

Pertanyaan 4: Apa saja moda transportasi yang tersedia di Jalan Haji Kalla?

Jawaban: Jalan Haji Kalla dilalui oleh berbagai jenis angkutan umum, seperti bus, pete-pete (angkutan kota), dan taksi. Selain itu, terdapat trotoar yang cukup lebar untuk pejalan kaki dan jalur sepeda.

Pertanyaan 5: Apa saja kegiatan sosial dan budaya yang dapat dilakukan di Jalan Haji Kalla?

Jawaban: Jalan Haji Kalla menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya, seperti festival musik, pameran seni, dan pertunjukan teater. Selain itu, di sepanjang jalan ini terdapat banyak kafe dan restoran yang menjadi tempat nongkrong dan bersantai.

Pertanyaan 6: Apa saja manfaat Jalan Haji Kalla bagi masyarakat kota Makassar?

Jawaban: Jalan Haji Kalla memiliki banyak manfaat, seperti mendukung aktivitas ekonomi, memperlancar transportasi, menyediakan ruang publik, dan menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya masyarakat kota Makassar.

Dengan demikian, Jalan Haji Kalla merupakan jalan yang sangat penting bagi masyarakat kota Makassar, baik dari aspek ekonomi, transportasi, sosial, maupun budaya.

Bagian selanjutnya akan membahas lebih dalam tentang sejarah dan perkembangan Jalan Haji Kalla.

Tips Terkait Jalan Haji Kalla

Bagian ini akan memberikan beberapa tips terkait Jalan Haji Kalla, mulai dari cara menghindari kemacetan hingga cara menikmati suasana jalan ini.

Tip 1: Gunakan Transportasi Umum
Untuk menghindari kemacetan, gunakanlah transportasi umum seperti bus atau pete-pete saat ingin pergi ke Jalan Haji Kalla.

Tip 2: Hindari Jam-Jam Sibuk
Jika memungkinkan, hindarilah pergi ke Jalan Haji Kalla pada jam-jam sibuk, seperti pagi hari dan sore hari.

Tip 3: Cari Parkir di Gedung Parkir
Untuk memudahkan parkir, gunakanlah gedung parkir yang tersedia di sepanjang Jalan Haji Kalla.

Tip 4: Nikmati Kuliner Khas Makassar
Jalan Haji Kalla memiliki banyak restoran dan kafe yang menyajikan kuliner khas Makassar, seperti coto Makassar dan pallubasa.

Tip 5: Ikuti Kegiatan Sosial dan Budaya
Jalan Haji Kalla sering menjadi tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan sosial dan budaya, seperti festival musik dan pameran seni. Ikutilah kegiatan-kegiatan tersebut untuk memperkaya pengalaman Anda.

Tip 6: Kagumi Arsitektur Bangunan
Di sepanjang Jalan Haji Kalla terdapat beberapa bangunan dengan arsitektur yang unik, seperti Masjid Al-Markaz Al-Islami dan Rumah Adat Bugis.

Tip 7: Nikmati Ruang Publik
Trotoar yang lebar dan nyaman di sepanjang Jalan Haji Kalla dapat digunakan untuk berjalan kaki, bersantai, dan berinteraksi sosial.

Tip 8: Berkunjunglah pada Malam Hari
Pada malam hari, Jalan Haji Kalla memiliki suasana yang berbeda dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan dan gedung-gedung.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menikmati Jalan Haji Kalla dengan lebih nyaman dan berkesan.

Tips-tips ini tidak hanya bermanfaat untuk menikmati Jalan Haji Kalla, tetapi juga untuk mendukung kehidupan sosial dan budaya masyarakat kota Makassar.

Kesimpulan

Jalan Haji Kalla merupakan salah satu jalan utama dan terpenting di kota Makassar. Jalan ini memiliki banyak aspek penting yang berkontribusi terhadap peran dan fungsinya dalam kehidupan masyarakat kota Makassar. Aspek-aspek tersebut saling terkait dan membentuk karakteristik unik Jalan Haji Kalla.

Beberapa poin utama yang dapat disimpulkan dari artikel ini adalah sebagai berikut:

  • Jalan Haji Kalla memiliki sejarah yang panjang dan erat kaitannya dengan perkembangan kota Makassar.
  • Lokasi strategis Jalan Haji Kalla menjadikannya pusat kegiatan ekonomi, perdagangan, jasa, sosial, dan budaya.
  • Jalan Haji Kalla memiliki peran penting dalam transportasi dan didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Dengan demikian, Jalan Haji Kalla dapat dikatakan sebagai urat nadi kota Makassar, yang menghubungkan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Keberadaannya sangat penting bagi perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya kota Makassar.



Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Tags

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru