Panduan Lengkap: Jenis-Jenis Penelitian Sosial untuk Referensi Anda

sisca


Panduan Lengkap: Jenis-Jenis Penelitian Sosial untuk Referensi Anda

Penelitian sosial adalah penyelidikan terstruktur mengenai perilaku, norma, dan nilai manusia dalam masyarakat. Misalnya, survei tentang kepuasan pelanggan terhadap suatu produk memberikan wawasan tentang preferensi konsumen.

Penelitian ini sangat penting untuk memahami dinamika sosial, mengidentifikasi masalah, dan mengembangkan solusi. Penelitian sosial memiliki manfaat seperti memberikan bukti untuk pengambilan keputusan, mengungkap perspektif berbeda, dan mempromosikan pemahaman antar budaya. Pada abad ke-19, Auguste Comte memperkenalkan positivisme, yang menekankan penggunaan metode ilmiah dalam penelitian sosial, sehingga menjadikannya disiplin yang lebih objektif dan sistematis.

Artikel ini akan mengulas berbagai jenis penelitian sosial, termasuk studi kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Setiap jenis memiliki tujuan, kekuatan, dan kelemahan spesifik yang akan dibahas secara mendalam.

Jenis Penelitian Sosial

Penelitian sosial memiliki banyak aspek penting yang perlu diperhatikan untuk memahami dan melakukan penelitian secara efektif. Berikut adalah 10 aspek penting dari jenis penelitian sosial:

  • Tujuan penelitian
  • Metodologi penelitian
  • Pengumpulan data
  • Analisis data
  • Interpretasi hasil
  • Jenis penelitian (kualitatif, kuantitatif, campuran)
  • Bidang penelitian (sosial, ekonomi, politik, dll.)
  • Etika penelitian
  • Validitas dan reliabilitas
  • Dampak penelitian

Aspek-aspek ini saling terkait dan menentukan kualitas serta kegunaan penelitian sosial. Tujuan penelitian menentukan metodologi yang digunakan, yang pada gilirannya memengaruhi cara pengumpulan dan analisis data. Interpretasi hasil harus dilakukan secara objektif dan didukung oleh bukti dari data. Etika penelitian memastikan bahwa penelitian dilakukan secara bertanggung jawab dan tidak merugikan peserta. Validitas dan reliabilitas memastikan bahwa penelitian dapat diandalkan dan menghasilkan temuan yang dapat dipercaya. Dampak penelitian mengukur kontribusi penelitian terhadap pengetahuan dan kebijakan sosial.

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah elemen mendasar dalam penelitian sosial yang mengarahkan keseluruhan proses penelitian. Tujuan yang jelas sangat penting untuk memastikan bahwa penelitian relevan, terfokus, dan dapat dicapai.

  • Eksplorasi
    Tujuan eksplorasi bertujuan untuk mendapatkan pemahaman awal tentang topik penelitian, mengidentifikasi area-area kunci, dan mengembangkan hipotesis.
  • Deskripsi
    Tujuan deskriptif bertujuan untuk memberikan deskripsi yang komprehensif tentang suatu fenomena atau kelompok, mengungkap karakteristik, pola, dan tren.
  • Eksplanasi
    Tujuan eksplorasi bertujuan untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu fenomena terjadi, menguji hubungan sebab akibat, dan mengembangkan teori.
  • Evaluasi
    Tujuan evaluasi bertujuan untuk menilai efektivitas atau dampak suatu program, kebijakan, atau intervensi, dengan membandingkan hasil aktual dengan yang diharapkan.

Tujuan penelitian dapat bervariasi tergantung pada jenis penelitian sosial yang dilakukan. Misalnya, penelitian kualitatif cenderung memiliki tujuan eksplorasi atau deskriptif, sedangkan penelitian kuantitatif lebih berfokus pada tujuan eksplankton dan evaluasi. Dengan mengidentifikasi tujuan penelitian secara jelas sejak awal, peneliti dapat memastikan bahwa metodologi dan metode pengumpulan data yang digunakan sesuai dan menghasilkan temuan yang bermakna.

Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian merupakan aspek krusial dalam jenis penelitian sosial yang menentukan bagaimana data dikumpulkan, dianalisis, dan ditafsirkan untuk mencapai tujuan penelitian. Metodologi yang dipilih harus sesuai dengan jenis penelitian dan pertanyaan penelitian yang diajukan.

  • Desain Penelitian
    Desain penelitian mengacu pada struktur keseluruhan penelitian, termasuk jenis penelitian (kualitatif, kuantitatif, atau campuran), metode pengumpulan data (survei, wawancara, observasi), dan rencana pengambilan sampel.
  • Pengumpulan Data
    Metode pengumpulan data yang digunakan tergantung pada desain penelitian dan sifat data yang dibutuhkan. Metode umum termasuk survei, wawancara, observasi, dan studi dokumen.
  • Analisis Data
    Analisis data melibatkan penggunaan teknik statistik atau kualitatif untuk mengekstrak makna dari data yang dikumpulkan. Metode analisis bervariasi tergantung pada jenis data dan tujuan penelitian.
  • Interpretasi Hasil
    Interpretasi hasil adalah proses menarik kesimpulan dan makna dari data yang dianalisis. Peneliti harus menafsirkan hasil secara objektif dan mendukungnya dengan bukti dari data.

Metodologi penelitian yang tepat dapat meningkatkan validitas dan reliabilitas hasil penelitian, memastikan bahwa temuan dapat diandalkan dan digeneralisasikan. Pemilihan metodologi yang tepat juga berdampak pada biaya, waktu, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian.

Pengumpulan data

Pengumpulan data merupakan bagian penting dari jenis penelitian sosial karena menyediakan bahan dasar untuk analisis dan interpretasi. Data yang dikumpulkan harus relevan, akurat, dan cukup untuk menjawab pertanyaan penelitian.

  • Metode Pengumpulan

    Berbagai metode pengumpulan data dapat digunakan, seperti survei, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pemilihan metode tergantung pada jenis penelitian, tujuan penelitian, dan sifat data yang dibutuhkan.

  • Instrumen Pengumpulan

    Instrumen pengumpulan data, seperti kuesioner, pedoman wawancara, atau lembar observasi, harus dirancang dengan hati-hati untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan akurat dan dapat diandalkan.

  • Sampel Penelitian

    Sampel penelitian adalah bagian dari populasi yang diteliti. Pemilihan sampel yang representatif sangat penting untuk memastikan bahwa hasil penelitian dapat digeneralisasikan ke populasi yang lebih luas.

  • Etika Penelitian

    Etika penelitian harus diperhatikan dalam pengumpulan data, seperti memperoleh informed consent dari peserta, menjaga kerahasiaan data, dan meminimalkan bias.

Pengumpulan data yang cermat dan sistematis sangat penting untuk keberhasilan penelitian sosial. Hal ini memberikan landasan yang kuat untuk analisis dan interpretasi data, sehingga menghasilkan temuan yang valid dan dapat diandalkan yang dapat digunakan untuk menginformasikan kebijakan dan praktik.

Analisis data

Analisis data merupakan tahap penting dalam jenis penelitian sosial yang memungkinkan peneliti untuk mengekstrak makna dan wawasan dari data yang dikumpulkan. Analisis data yang cermat dan sistematis sangat penting untuk menghasilkan temuan yang valid dan dapat diandalkan.

Analisis data melibatkan penggunaan teknik statistik atau kualitatif, tergantung pada jenis data dan tujuan penelitian. Dalam penelitian kuantitatif, analisis statistik digunakan untuk mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan dalam data. Sementara itu, dalam penelitian kualitatif, analisis dilakukan secara manual untuk mengidentifikasi tema, kategori, dan makna dalam data.

Contoh nyata analisis data dalam jenis penelitian sosial adalah penggunaan analisis regresi untuk menguji hubungan antara tingkat pendidikan dan pendapatan. Peneliti dapat menggunakan analisis ini untuk menentukan apakah ada hubungan positif antara kedua variabel tersebut, dan jika ya, seberapa kuat hubungan tersebut.

Pemahaman tentang hubungan antara analisis data dan jenis penelitian sosial sangat penting untuk melakukan penelitian yang efektif. Analisis data yang tepat memungkinkan peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan yang didukung oleh bukti. Selain itu, hasil analisis data dapat digunakan untuk menginformasikan kebijakan dan praktik di berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

Interpretasi Hasil

Interpretasi hasil merupakan bagian penting dalam jenis penelitian sosial karena memungkinkan peneliti untuk memberikan makna dan pemahaman terhadap data yang telah dianalisis. Interpretasi yang cermat dan sistematis sangat penting untuk menghasilkan temuan penelitian yang valid dan dapat diandalkan.

Interpretasi hasil didasarkan pada jenis penelitian sosial yang dilakukan. Dalam penelitian kuantitatif, interpretasi hasil melibatkan penafsiran makna statistik, mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan dalam data. Sementara itu, dalam penelitian kualitatif, interpretasi hasil melibatkan pemahaman makna dan tema yang muncul dari data, serta mengungkap perspektif dan pengalaman partisipan.

Salah satu contoh nyata interpretasi hasil dalam penelitian sosial adalah studi tentang kepuasan pelanggan terhadap suatu produk. Peneliti dapat menggunakan analisis statistik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, seperti kualitas produk, harga, dan layanan pelanggan. Hasil analisis tersebut kemudian diinterpretasikan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Pemahaman tentang hubungan antara interpretasi hasil dan jenis penelitian sosial sangat penting untuk melakukan penelitian yang efektif. Interpretasi yang tepat memungkinkan peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan yang didukung oleh bukti. Selain itu, hasil interpretasi dapat digunakan untuk menginformasikan kebijakan dan praktik di berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

Jenis Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Campuran)

Dalam jenis penelitian sosial, pemilihan jenis penelitian (kualitatif, kuantitatif, atau campuran) merupakan komponen penting yang menentukan pendekatan dan metode pengumpulan data. Jenis penelitian yang dipilih akan memengaruhi cara peneliti mengeksplorasi, memahami, dan menafsirkan fenomena sosial.

Secara umum, penelitian kualitatif berfokus pada pemahaman mendalam tentang pengalaman, perspektif, dan makna yang dianut oleh individu atau kelompok tertentu. Metode pengumpulan data yang umum digunakan dalam penelitian kualitatif meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi kasus. Penelitian kuantitatif, di sisi lain, berfokus pada pengumpulan data numerik untuk menguji hipotesis atau mengidentifikasi pola dan tren dalam suatu populasi. Metode pengumpulan data yang umum digunakan dalam penelitian kuantitatif meliputi survei, eksperimen, dan analisis statistik.

Penelitian campuran menggabungkan elemen penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang suatu fenomena. Dengan menggabungkan kedua pendekatan tersebut, peneliti dapat memperoleh wawasan mendalam dari perspektif individu sekaligus mengidentifikasi pola dan tren yang lebih luas dalam suatu populasi. Contoh nyata dari penelitian campuran adalah studi tentang pengalaman pasien dengan penyakit kronis, di mana peneliti menggunakan wawancara mendalam untuk mengeksplorasi pengalaman subjektif pasien dan survei untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang prevalensi gejala dan kualitas hidup.

Bidang Penelitian (Sosial, Ekonomi, Politik, dll.)

Bidang penelitian merupakan aspek penting dalam jenis penelitian sosial yang menentukan fokus dan ruang lingkup suatu penelitian. Bidang penelitian yang dipilih akan memengaruhi pertanyaan penelitian, metode pengumpulan data, dan interpretasi hasil.

  • Penelitian Sosial

    Berfokus pada perilaku, interaksi, dan struktur masyarakat, meneliti aspek seperti kemiskinan, kesenjangan, dan mobilitas sosial.

  • Penelitian Ekonomi

    Menganalisis sistem ekonomi, perilaku konsumen dan produsen, serta dampak kebijakan ekonomi pada pertumbuhan dan pembangunan.

  • Penelitian Politik

    Menyelidiki sistem politik, perilaku pemilih, dan peran lembaga politik dalam masyarakat, menganalisis isu-isu seperti demokrasi, kekuasaan, dan konflik.

  • Penelitian Pendidikan

    Berfokus pada proses belajar mengajar, kebijakan pendidikan, dan dampak pendidikan pada individu dan masyarakat.

Pemilihan bidang penelitian sangat penting karena menentukan arah dan tujuan penelitian sosial. Dengan memahami berbagai bidang penelitian, peneliti dapat mengidentifikasi topik penelitian yang relevan, mengembangkan pertanyaan penelitian yang tepat, dan memilih metode penelitian yang sesuai untuk menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu, bidang penelitian yang berbeda memiliki implikasi bagi kebijakan dan praktik di berbagai bidang, seperti kesejahteraan sosial, pembangunan ekonomi, tata kelola pemerintahan, dan pendidikan.

Etika Penelitian

Etika penelitian merupakan prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang memandu perilaku peneliti dalam melakukan penelitian. Etika penelitian sangat penting dalam jenis penelitian sosial karena memastikan bahwa penelitian dilakukan dengan cara yang bertanggung jawab dan tidak merugikan partisipan atau masyarakat.

Salah satu prinsip utama etika penelitian adalah menghormati hak dan martabat partisipan. Peneliti harus mendapatkan informed consent dari partisipan sebelum melibatkan mereka dalam penelitian dan memastikan bahwa partisipan memahami tujuan, risiko, dan manfaat penelitian. Selain itu, peneliti harus menjaga kerahasiaan data partisipan dan melindungi mereka dari potensi bahaya atau ketidaknyamanan.

Etika penelitian juga mencakup aspek-aspek seperti menghindari bias, menjaga integritas data, dan menghindari plagiarisme. Peneliti harus berusaha untuk melakukan penelitian secara objektif dan menghindari pengaruh pribadi atau kepentingan yang dapat bias hasil penelitian. Mereka juga harus memastikan bahwa data yang dikumpulkan akurat dan dapat dipercaya, dan memberikan penghargaan yang sesuai kepada sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian.

Pemahaman tentang etika penelitian sangat penting untuk melakukan penelitian sosial yang bertanggung jawab dan kredibel. Dengan mematuhi prinsip-prinsip etika penelitian, peneliti dapat membantu memastikan bahwa penelitian mereka bermanfaat bagi masyarakat dan tidak merugikan individu atau kelompok mana pun.

Validitas dan Reliabilitas

Dalam jenis penelitian sosial, validitas dan reliabilitas merupakan konsep penting yang saling terkait untuk memastikan kualitas dan kredibilitas penelitian. Validitas mengacu pada sejauh mana suatu penelitian mengukur apa yang seharusnya diukur, sementara reliabilitas mengacu pada konsistensi dan stabilitas hasil penelitian.

Validitas sangat penting dalam penelitian sosial karena memastikan bahwa temuan penelitian akurat dan bermakna. Penelitian yang tidak valid dapat menghasilkan kesimpulan yang menyesatkan atau tidak dapat diandalkan, yang dapat berdampak negatif pada kebijakan dan praktik. Reliabilitas, di sisi lain, memastikan bahwa hasil penelitian dapat direplikasi dan diandalkan dari waktu ke waktu dan oleh peneliti yang berbeda. Penelitian yang tidak reliabel dapat menghasilkan temuan yang tidak konsisten dan sulit untuk digeneralisasikan ke populasi yang lebih luas.

Untuk memastikan validitas dan reliabilitas penelitian sosial, peneliti dapat menggunakan berbagai metode, seperti triangulasi data (mengumpulkan data dari berbagai sumber), pengujian ulang (mengulangi penelitian dengan sampel atau metode yang berbeda), dan analisis inter-rater (membandingkan hasil dari beberapa peneliti atau pengkode). Memahami hubungan antara validitas dan reliabilitas sangat penting bagi peneliti sosial untuk melakukan penelitian yang berkualitas tinggi dan bermakna, yang dapat menginformasikan kebijakan dan praktik serta berkontribusi pada pemahaman kita tentang masyarakat.

Dampak Penelitian

Dampak penelitian dalam jenis penelitian sosial sangat penting karena mengukur kontribusi penelitian terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan praktik. Dampak ini dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, mulai dari menginformasikan kebijakan publik hingga mengadvokasi perubahan sosial.

  • Dampak Teoretis

    Penelitian sosial dapat menghasilkan temuan-temuan baru dan teori-teori yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan pemahaman kita tentang masyarakat.

  • Dampak Praktis

    Penelitian sosial dapat memberikan bukti empiris untuk mendukung atau menginformasikan kebijakan dan program sosial, sehingga menghasilkan perubahan positif dalam kehidupan masyarakat.

  • Dampak Metodologis

    Penelitian sosial dapat mengembangkan metode dan teknik penelitian baru yang dapat digunakan oleh peneliti lain, sehingga meningkatkan kualitas dan keandalan penelitian di masa depan.

  • Dampak Sosial

    Penelitian sosial dapat mengungkap masalah-masalah sosial, mengadvokasi perubahan, dan meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu penting, sehingga berkontribusi pada pembangunan masyarakat.

Dampak penelitian sosial saling terkait dan dapat berdampak luas pada masyarakat. Dengan melakukan penelitian yang berkualitas tinggi dan relevan, peneliti sosial dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan manusia dan pemecahan masalah sosial.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Jenis Penelitian Sosial

Bagian ini menyediakan jawaban atas pertanyaan umum tentang jenis penelitian sosial, meliputi tujuan, jenis, dan relevansinya.

Pertanyaan 1: Apa itu penelitian sosial?

Penelitian sosial adalah penyelidikan terstruktur mengenai perilaku, interaksi, dan struktur masyarakat, menggunakan metode ilmiah untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

Pertanyaan 2: Apa saja jenis utama penelitian sosial?

Jenis utama penelitian sosial meliputi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran, masing-masing dengan pendekatan dan metode pengumpulan data yang berbeda.

Pertanyaan 3: Bidang apa saja yang termasuk dalam penelitian sosial?

Penelitian sosial mencakup berbagai bidang, seperti sosiologi, ekonomi, politik, pendidikan, dan psikologi sosial, meneliti aspek masyarakat yang berbeda.

Pertanyaan 4: Mengapa penelitian sosial penting?

Penelitian sosial memberikan pemahaman tentang masalah sosial, menginformasikan kebijakan publik, mengevaluasi program sosial, dan berkontribusi pada pembangunan masyarakat.

Pertanyaan 5: Apa itu etika penelitian dalam penelitian sosial?

Etika penelitian mengacu pada prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang memandu perilaku peneliti, memastikan bahwa penelitian dilakukan secara bertanggung jawab dan tidak merugikan partisipan.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara memastikan kualitas penelitian sosial?

Kualitas penelitian sosial dapat dipastikan melalui validitas, reliabilitas, transparansi, dan dampaknya, dengan menggunakan metode penelitian yang tepat dan mematuhi standar etika.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan ini memberikan gambaran umum tentang berbagai aspek penelitian sosial. Untuk pembahasan lebih mendalam tentang topik tertentu, silakan merujuk ke bagian artikel yang relevan.

Selain itu, topik penting lainnya yang terkait dengan penelitian sosial termasuk metode penelitian, analisis data, dan penyebaran hasil penelitian. Memahami aspek-aspek ini sangat penting untuk melakukan penelitian sosial yang efektif dan berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan praktik.

Tips Penelitian Sosial

Bagian ini menyajikan beberapa tips penting untuk melakukan penelitian sosial yang berkualitas tinggi dan bermakna.

Tip 1: Tentukan Tujuan Penelitian yang Jelas
Identifikasi tujuan spesifik penelitian Anda sebelum memulai, memastikan bahwa penelitian Anda fokus dan terarah.

Tip 2: Pilih Metode Penelitian yang Tepat
Pertimbangkan jenis penelitian (kualitatif, kuantitatif, atau campuran) dan metode pengumpulan data yang paling sesuai dengan tujuan dan pertanyaan penelitian Anda.

Tip 3: Kembangkan Instrumen Penelitian yang Valid dan Reliabel
Instrumen penelitian, seperti kuesioner atau pedoman wawancara, harus dirancang dengan hati-hati untuk memastikan pengumpulan data yang akurat dan dapat diandalkan.

Tip 4: Lakukan Pengambilan Sampel yang Representatif
Pilih sampel penelitian yang mewakili populasi target Anda untuk memfasilitasi generalisasi temuan.

Tip 5: Analisis Data Secara Cermat dan Sistematis
Gunakan teknik analisis data yang tepat untuk mengekstrak makna dan wawasan dari data yang dikumpulkan.

Tip 6: Interpretasikan Hasil Secara Objektif
Hindari bias dan tafsirkan hasil penelitian secara objektif, didukung oleh bukti dari data.

Tip 7: Patuhi Prinsip Etika Penelitian
Pastikan penelitian Anda dilakukan secara etis, menghormati hak dan martabat partisipan.

Tip 8: Komunikasikan Hasil Penelitian Secara Efektif
Presentasikan temuan penelitian Anda dalam format yang jelas dan mudah dipahami, memastikan bahwa hasil Anda dapat diakses dan digunakan oleh khalayak yang lebih luas.

Dengan mengikuti tips ini, peneliti sosial dapat meningkatkan kualitas dan dampak penelitian mereka, berkontribusi pada pemahaman kita tentang masyarakat dan pemecahan masalah sosial.

Tips ini memberikan dasar yang kuat untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip penting dalam penelitian sosial. Bagian selanjutnya akan membahas kesimpulan dari topik ini, merangkum poin-poin penting dan menggarisbawahi peran penelitian sosial dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan praktik.

Kesimpulan

Jenis penelitian sosial merupakan disiplin penting yang menyediakan wawasan mendalam tentang perilaku, interaksi, dan struktur masyarakat. Penelitian sosial memainkan peran krusial dalam mengembangkan pengetahuan, menginformasikan kebijakan, dan mendorong perubahan sosial. Artikel ini telah mengeksplorasi berbagai jenis penelitian sosial, termasuk penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran, serta menyoroti peran penting etika penelitian, validitas, reliabilitas, dan dampak penelitian.

Beberapa poin utama yang telah dibahas meliputi:

  • Penting untuk memilih jenis penelitian yang tepat berdasarkan tujuan dan pertanyaan penelitian.
  • Etika penelitian harus dipatuhi untuk memastikan bahwa penelitian dilakukan secara bertanggung jawab dan tidak merugikan partisipan.
  • Validitas dan reliabilitas sangat penting untuk memastikan kualitas dan keandalan penelitian sosial.

Kesadaran akan berbagai jenis penelitian sosial dan prinsip-prinsip yang memandu penelitian sangat penting bagi siapa pun yang ingin melakukan penelitian sosial atau memahami temuan penelitian sosial. Dengan melakukan penelitian yang berkualitas tinggi dan etis, kita dapat terus berkontribusi pada pemahaman kita tentang masyarakat dan bekerja untuk memecahkan masalah sosial.



Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru