Ketahui Doa sholat hajat dalam bahasa arab dan latin

sisca

Sholat hajat

Dalam kehidupan sehari-hari, sholat hajat merupakan sarana spiritual bagi umat Islam untuk memohon pertolongan Allah dalam menghadapi situasi tertentu dengan doa sholat hajat.

Doa Niat Sholat Hajat
Doa Niat Sholat Hajat

Keutamaan sholat hajat

Keutamaan sholat hajat sangat luar biasa dan memiliki beberapa manfaat penting bagi umat Islam, di antaranya adalah:

  • Dicintai Allah, karena sholat hajat merupakan ibadah sunnah yang mendekatkan diri kepada-Nya.
  • Ditinggikan Derajatnya, Allah SWT meninggikan derajat orang-orang yang memperbanyak sholat, termasuk sholat hajat.
  • Diampuni Dosanya, Allah SWT juga memberikan ampunan kepada orang-orang yang memperbanyak sholat.
  • Hajatnya Dikabulkan, ini adalah keutamaan khusus sholat hajat, dimana Allah SWT mengabulkan doa dan permohonan yang dipanjatkan.

Selain itu, sholat hajat juga membantu menenangkan hati dan pikiran sebelum memulai hajat atau keperluan tertentu. Ini adalah salah satu cara untuk memohon kepada Allah SWT agar dilancarkan hajatnya.

Mengamalkan sholat hajat
Mengamalkan sholat hajat

Waktu terbaik melaksanakan sholat hajat

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat hajat adalah pada sepertiga malam terakhir, yaitu antara pukul 01.00 dini hari hingga menjelang subuh. Ini merujuk pada hadits yang menyatakan bahwa malam tersebut adalah waktu yang paling didengar (dikabulkan) oleh Allah SWT.

Selain itu, waktu lain yang baik untuk sholat hajat adalah di waktu sholat dhuha, setelah Shalat Zhuhur hingga sebelum masuk waktu Shalat Ashar, setelah Shalat Maghrib hingga sebelum masuk waktu Shalat Isya’, dan setelah Shalat Isya’ hingga sebelum masuk waktu Shalat Subuh.

Namun, perlu diingat bahwa ada waktu-waktu tertentu di mana sholat sunnah, termasuk sholat hajat, tidak dianjurkan, seperti saat matahari terbit hingga meninggi seukuran satu tombak, ketika matahari tepat di atas kepala, dan saat matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sempurna.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Doa sholat dhuha untuk memohon keberkahan dan rezeki

Doa Niat Sholat Hajat

Doa niat sholat hajat adalah sebagai berikut:

Bahasa Arab:

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Hajat dalam bahasa latin: Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Doa ini diucapkan sebelum memulai sholat hajat dan merupakan penegasan niat dalam hati bahwa sholat yang akan dilakukan adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar hajat yang diinginkan dapat terkabul.

Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan dengan tujuan khusus, yaitu meminta pertolongan Allah dalam mengabulkan kebutuhan atau keperluan tertentu. Niat ini penting karena merupakan salah satu syarat sahnya sholat.

Tanpa niat, sholat tidak akan sah dan tidak akan diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu, niat harus dilakukan dengan hati yang tulus dan penuh keikhlasan.

Doa setelah sholat Hajat
Doa setelah sholat Hajat

Doa setelah sholat Hajat

Doa setelah sholat hajat adalah doa yang dibaca setelah menyelesaikan sholat sunnah hajat, sebagai permohonan kepada Allah SWT agar hajat yang diinginkan dapat terkabul. Berikut adalah bacaan doa setelah sholat hajat beserta latin dan artinya:

Bahasa Arab:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya:
“Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Doa ini mengandung pujian kepada Allah SWT, pengakuan keesaan-Nya, permohonan ampunan, dan permintaan pemenuhan hajat. Doa ini dibaca dengan penuh kekhusyukan dan harapan agar Allah SWT mengabulkan hajat yang dipanjatkan.

Baca Juga :  Doa Qunut Subuh beserta Arab, Latin dan Artinya

Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru