Referensi Menyeluruh: Permainan Bola Basket Ditemukan pada Tahun

sisca


Referensi Menyeluruh: Permainan Bola Basket Ditemukan pada Tahun

Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini diciptakan oleh James Naismith, seorang instruktur pendidikan jasmani di Springfield College, Massachusetts, Amerika Serikat, pada tahun 1891.

Bola basket memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kebugaran kardiovaskular, memperkuat otot, dan melatih koordinasi tangan-mata. Selain itu, bola basket juga dapat mengajarkan nilai-nilai seperti kerja sama tim, disiplin, dan sportivitas. Olahraga ini juga memiliki sejarah yang kaya, dengan beberapa perkembangan penting seperti penambahan papan pantul pada tahun 1906 dan pengenalan garis lemparan bebas pada tahun 1910.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang sejarah permainan bola basket, termasuk penemuannya, perkembangannya, dan dampaknya pada masyarakat.

Permainan Bola Basket Ditemukan pada Tahun

Penemuan permainan bola basket pada tahun 1891 oleh James Naismith merupakan tonggak penting dalam sejarah olahraga. Permainan ini kemudian berkembang menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia, dengan berbagai aspek penting yang berkontribusi pada popularitasnya.

  • Sejarah
  • Perkembangan
  • Aturan
  • Teknik
  • Atlet
  • Kompetisi
  • Dampak Sosial
  • Dampak Ekonomi
  • Budaya
  • Masa Depan

Setiap aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada keseluruhan daya tarik bola basket. Sejarah permainan yang kaya, perkembangan aturan dan teknik yang berkelanjutan, serta atlet-atlet berbakat yang menginspirasi penggemar di seluruh dunia, menjadikan bola basket sebagai olahraga yang dinamis dan menarik. Selain itu, bola basket memiliki dampak sosial dan ekonomi yang signifikan, serta telah menjadi bagian integral dari budaya populer.

Sejarah

Sejarah memainkan peran penting dalam perkembangan permainan bola basket. Penemuan bola basket pada tahun 1891 oleh James Naismith tidak terlepas dari pengaruh sejarah olahraga dan pendidikan jasmani. Naismith menciptakan bola basket sebagai permainan yang aman dan menarik bagi siswa-siswanya yang tidak dapat bermain sepak bola Amerika selama musim dingin.

Aturan dan teknik bola basket terus berkembang seiring waktu, dipengaruhi oleh perubahan sosial dan teknologi. Misalnya, penambahan garis lemparan bebas pada tahun 1910 dan pengenalan bola basket kursi roda pada tahun 1940-an memperluas jangkauan dan inklusivitas olahraga ini. Sejarah bola basket juga diwarnai oleh atlet-atlet legendaris seperti Michael Jordan, Kareem Abdul-Jabbar, dan Kobe Bryant, yang menginspirasi generasi pemain dan penggemar.

Memahami sejarah bola basket sangat penting untuk menghargai permainan ini secara utuh. Dengan mengetahui asal-usulnya, kita dapat memahami alasan di balik aturan dan teknik yang ada, serta mengapresiasi dampak positif bola basket terhadap masyarakat. Sejarah juga memberikan pelajaran berharga tentang bagaimana olahraga dapat beradaptasi dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang selalu berubah.

Perkembangan

Perkembangan merupakan aspek krusial dalam perjalanan permainan bola basket sejak ditemukan pada tahun 1891. Perkembangan aturan, teknik, peralatan, dan aspek lainnya telah membentuk olahraga ini menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Salah satu perkembangan paling signifikan dalam bola basket adalah pengenalan garis lemparan bebas pada tahun 1910. Aturan ini memberikan hukuman yang jelas bagi pelanggaran yang terjadi pada pemain yang sedang menembak, sehingga meningkatkan keadilan dan keterampilan dalam permainan. Selain itu, perkembangan teknik seperti dribbling dan passing yang lebih canggih juga meningkatkan kecepatan dan daya tarik permainan.

Perkembangan teknologi juga berperan penting dalam kemajuan bola basket. Penggunaan papan pantul yang terbuat dari kaca pada tahun 1906 meningkatkan pantulan bola dan memungkinkan berbagai jenis tembakan. Perkembangan bola basket terus berlanjut hingga saat ini, dengan inovasi seperti penggunaan teknologi pelacakan gerak dan analisis video untuk meningkatkan kinerja pemain dan strategi tim.

Memahami perkembangan bola basket sangat penting untuk mengapresiasi olahraga ini secara mendalam. Dari penemuannya yang sederhana hingga menjadi olahraga global yang dinamis, perkembangan bola basket mencerminkan semangat inovasi dan adaptasi yang terus berlanjut. Perkembangan ini tidak hanya membuat bola basket lebih menarik dan menantang, tetapi juga memperluas jangkauan dan dampaknya pada masyarakat.

Aturan

Aturan merupakan komponen penting dalam permainan bola basket sejak ditemukan pada tahun 1891. Aturan-aturan ini mengatur berbagai aspek permainan, mulai dari cara bermain hingga penilaian skor, sehingga menciptakan lingkungan yang terstruktur dan adil bagi para pemain dan penonton. Aturan-aturan ini tidak hanya memastikan kelancaran permainan, tetapi juga berkontribusi pada strategi dan taktik yang digunakan oleh tim.

Salah satu aturan paling mendasar dalam bola basket adalah mengenai dribbling. Aturan ini membatasi pemain untuk memantulkan bola hanya dengan satu tangan pada satu waktu, yang memaksa pemain untuk mengembangkan keterampilan dan strategi mengontrol bola. Aturan-aturan lain, seperti aturan mengenai waktu penguasaan bola dan pelanggaran, juga memainkan peran penting dalam menentukan tempo dan intensitas permainan.

Memahami aturan bola basket sangat penting untuk menikmati dan menghargai olahraga ini secara mendalam. Dengan memahami aturan-aturan ini, kita dapat mengapresiasi keterampilan dan strategi yang digunakan oleh para pemain, serta memahami keputusan yang dibuat oleh wasit. Memahami aturan juga memungkinkan kita untuk berpartisipasi dalam permainan dengan percaya diri dan berkontribusi secara efektif pada tim.

Teknik

Teknik merupakan aspek krusial dalam permainan bola basket sejak ditemukan pada tahun 1891. Teknik yang baik memungkinkan pemain mengontrol bola secara efektif, melakukan gerakan yang efisien, dan mengeksekusi berbagai jenis tembakan dengan akurasi dan kekuatan. Teknik dasar dalam bola basket meliputi dribbling, passing, shooting, rebounding, dan defense.

Teknik yang baik merupakan komponen penting dalam permainan bola basket. Pemain dengan teknik yang baik memiliki keunggulan dalam hal kecepatan, kelincahan, dan kemampuan mengontrol bola. Teknik yang baik juga mengurangi risiko cedera dan meningkatkan efisiensi permainan. Selain itu, teknik yang baik sangat penting untuk permainan tim yang efektif, karena memungkinkan pemain bekerja sama secara efektif dan mengeksekusi strategi dengan presisi.

Contoh nyata teknik dalam permainan bola basket adalah kemampuan dribbling Kyrie Irving. Dribbling Irving yang luar biasa memungkinkan dia melewati lawan dengan mudah dan menciptakan peluang mencetak skor bagi dirinya sendiri dan rekan setimnya. Contoh lainnya adalah tembakan tiga angka Stephen Curry yang akurat. Curry memiliki teknik menembak yang sangat baik, yang memungkinkan dia untuk melepaskan tembakan dengan cepat dan akurat dari jarak jauh.

Memahami teknik dalam bola basket sangat penting untuk menghargai olahraga ini secara mendalam. Dengan memahami teknik yang digunakan oleh para pemain, kita dapat mengapresiasi keterampilan dan strategi yang terlibat dalam permainan dan memperoleh wawasan tentang cara meningkatkan permainan kita sendiri. Selain itu, memahami teknik sangat penting untuk melatih pemain muda dan membantu mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam bola basket.

Atlet

Atlet memegang peran sentral dalam permainan bola basket sejak diciptakan pada tahun 1891. Keterampilan, dedikasi, dan semangat mereka menjadi penggerak utama perkembangan dan popularitas bola basket di seluruh dunia.

  • Kemampuan Fisik

    Atlet bola basket membutuhkan kemampuan fisik yang luar biasa, termasuk kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan daya tahan. Kemampuan ini memungkinkan mereka melakukan gerakan cepat, melompat tinggi, dan berlari jarak jauh, yang penting untuk permainan yang dinamis dan kompetitif.

  • Keterampilan Teknik

    Atlet bola basket harus menguasai berbagai keterampilan teknik, seperti dribbling, passing, shooting, rebounding, dan defense. Keterampilan ini diasah melalui latihan berulang dan memungkinkan atlet untuk mengontrol bola, menciptakan peluang mencetak skor, dan mencegah lawan mencetak angka.

  • Kecerdasan Basket

    Atlet bola basket yang sukses memiliki kecerdasan basket yang tinggi, yang memungkinkan mereka membaca permainan, mengantisipasi gerakan lawan, dan membuat keputusan cepat. Kecerdasan ini sangat penting dalam situasi permainan yang kompleks dan berubah dengan cepat.

  • Mentalitas Kompetitif

    Atlet bola basket harus memiliki mentalitas kompetitif yang kuat untuk menghadapi tekanan pertandingan dan mengatasi tantangan. Mentalitas ini mendorong mereka untuk berlatih dengan keras, tetap fokus, dan pantang menyerah, bahkan dalam situasi yang sulit.

Secara keseluruhan, atlet merupakan elemen penting dalam permainan bola basket. Kemampuan fisik, keterampilan teknik, kecerdasan basket, dan mentalitas kompetitif mereka menjadikan bola basket sebagai olahraga yang menarik dan menantang. Tanpa atlet, bola basket tidak akan berkembang menjadi olahraga global yang dicintai oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Kompetisi

Kompetisi merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari permainan bola basket sejak ditemukan pada tahun 1891. Persaingan antar pemain dan tim mendorong peningkatan keterampilan, strategi, dan semangat sportivitas yang menjadi ciri khas olahraga ini.

  • Rivalitas Tim

    Salah satu bentuk persaingan yang paling menonjol dalam bola basket adalah rivalitas antar tim. Tim-tim dari kota atau wilayah yang berbeda sering kali memiliki sejarah persaingan yang panjang, yang menambah intensitas dan kegembiraan pada setiap pertandingan.

  • Individu vs Individu

    Kompetisi juga terjadi di tingkat individu. Pemain bintang sering kali bersaing untuk mendapatkan penghargaan pribadi, seperti gelar pencetak skor terbanyak atau pemain bertahan terbaik. Persaingan ini mendorong pemain untuk melampaui batas dan menampilkan performa terbaik mereka.

  • Level Permainan

    Kompetisi juga hadir dalam berbagai level permainan bola basket. Dari pertandingan antar sekolah menengah hingga liga profesional, pemain dan tim bersaing untuk meraih kemenangan dan kejayaan. Setiap level kompetisi memiliki tantangan dan tuntutannya sendiri, yang mendorong peserta untuk terus berkembang dan meningkatkan keterampilan mereka.

  • Kompetisi Internasional

    Bola basket juga merupakan olahraga yang kompetitif di tingkat internasional. Timnas dari seluruh dunia bersaing di turnamen seperti Olimpiade dan Piala Dunia Bola Basket. Persaingan di level ini sangat ketat, dan kemenangan dapat membawa kehormatan dan pengakuan bagi suatu negara.

Secara keseluruhan, kompetisi merupakan kekuatan pendorong yang fundamental dalam permainan bola basket. Ini memacu kemajuan, menciptakan kegembiraan, dan menyatukan pemain, tim, dan penggemar dari seluruh dunia. Persaingan dalam bola basket tidak hanya tentang menang dan kalah, tetapi juga tentang mendorong batas-batas kemampuan manusia dan merayakan semangat sportivitas.

Dampak Sosial

Permainan bola basket yang ditemukan pada tahun 1891 memiliki dampak sosial yang signifikan, baik pada saat itu maupun selama perkembangannya. Sebagai olahraga yang dapat diakses oleh orang-orang dari berbagai latar belakang, bola basket mempromosikan inklusivitas dan memberikan kesempatan bagi individu untuk berkembang secara fisik, mental, dan sosial.

Salah satu dampak sosial utama dari bola basket adalah kemampuannya untuk menjembatani kesenjangan sosial. Di Amerika Serikat, misalnya, bola basket memainkan peran penting dalam gerakan hak-hak sipil, memberikan kesempatan bagi pemain Afrika-Amerika untuk menunjukkan keterampilan dan bakat mereka di lapangan bermain. Olahraga ini juga telah digunakan sebagai alat untuk mempromosikan perdamaian dan pengertian di daerah-daerah yang dilanda konflik.

Selain itu, bola basket memiliki dampak positif pada kesehatan dan kebugaran masyarakat. Partisipasi dalam olahraga ini mendorong aktivitas fisik, yang penting untuk kesehatan fisik dan mental. Program bola basket di sekolah dan komunitas juga mengajarkan nilai-nilai seperti kerja sama tim, disiplin, dan ketekunan, yang dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Memahami dampak sosial dari permainan bola basket sangat penting untuk menghargai olahraga ini secara mendalam. Dengan menyadari peran bola basket dalam mempromosikan inklusivitas, menjembatani kesenjangan sosial, dan meningkatkan kesehatan masyarakat, kita dapat mengapresiasi nilai intrinsiknya di luar hiburan dan persaingan.

Dampak Ekonomi

Permainan bola basket yang ditemukan pada tahun 1891 telah memberikan dampak ekonomi yang signifikan sepanjang sejarahnya. Olahraga ini telah menciptakan industri yang berkembang, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan memberikan peluang kerja bagi banyak orang.

  • Pembuatan Lapangan Kerja

    Industri bola basket menciptakan lapangan kerja di berbagai bidang, mulai dari pemain dan pelatih hingga wasit, komentator, dan staf pendukung. Kehadiran liga profesional, tim nasional, dan kompetisi internasional menyediakan lapangan kerja tetap bagi para profesional di bidang ini.

  • Pariwisata dan Perhotelan

    Pertandingan bola basket, terutama yang melibatkan tim-tim besar atau acara internasional, menarik banyak penonton. Hal ini mendorong pertumbuhan pariwisata dan perhotelan di kota-kota tuan rumah, karena penggemar dari berbagai daerah berdatangan untuk menyaksikan pertandingan.

  • Penjualan Merchandise dan Perlengkapan

    Popularitas bola basket juga memicu industri merchandise dan perlengkapan olahraga. Penjualan jersey, sepatu, bola, dan perlengkapan lainnya yang terkait dengan pemain dan tim favorit menghasilkan pendapatan yang besar bagi perusahaan manufaktur dan pengecer.

  • Investasi Infrastruktur

    Pertumbuhan bola basket juga memerlukan investasi dalam infrastruktur, seperti pembangunan stadion dan arena olahraga. Investasi ini tidak hanya menyediakan tempat untuk pertandingan, tetapi juga dapat merevitalisasi daerah sekitarnya dan mendorong pembangunan ekonomi secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, dampak ekonomi dari permainan bola basket sangatlah luas. Industri ini telah menciptakan lapangan kerja, mendorong pariwisata, meningkatkan penjualan merchandise, dan memicu investasi infrastruktur. Dampak ekonomi ini telah berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran di banyak daerah di seluruh dunia.

Budaya

Budaya memiliki hubungan yang erat dengan permainan bola basket yang ditemukan pada tahun 1891. Budaya dapat didefinisikan sebagai nilai-nilai, keyakinan, kebiasaan, dan praktik yang dianut oleh suatu masyarakat. Budaya tersebut memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk olahraga.

Dalam kasus bola basket, budaya telah memainkan peran penting dalam pengembangan dan penyebarannya. Nilai-nilai seperti kerja keras, dedikasi, dan sportivitas sangat dijunjung tinggi dalam budaya bola basket. Nilai-nilai ini tercermin dalam cara permainan dimainkan dan dalam perilaku para pemain dan penggemarnya.

Selain itu, budaya juga memengaruhi gaya permainan bola basket. Misalnya, di Amerika Serikat, bola basket memiliki tempo yang cepat dan mengandalkan atletisisme. Di Eropa, sebaliknya, bola basket cenderung dimainkan dengan tempo yang lebih lambat dan mengutamakan strategi. Perbedaan gaya bermain ini mencerminkan perbedaan budaya antara kedua wilayah.

Memahami hubungan antara budaya dan permainan bola basket sangat penting untuk menghargai olahraga ini secara mendalam. Dengan memahami bagaimana budaya memengaruhi permainan, kita dapat mengapresiasi keragaman dan kekayaan bola basket sebagai fenomena global.

Masa Depan

Permainan bola basket yang ditemukan pada tahun 1891 terus berkembang dan beradaptasi seiring berjalannya waktu. Masa depan bola basket diprediksi akan diwarnai oleh beberapa aspek berikut:

  • Teknologi
    Kemajuan teknologi akan terus memengaruhi masa depan bola basket. Teknologi seperti analisis video dan pelacak gerak dapat membantu pemain dan pelatih meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, teknologi dapat meningkatkan pengalaman penggemar dengan memberikan tayangan ulang yang lebih baik dan statistik real-time.
  • Globalisasi
    Bola basket telah menjadi olahraga global, dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut. Pertumbuhan bola basket di negara-negara baru akan menciptakan peluang bagi pemain dan penggemar di seluruh dunia.
  • Inklusivitas
    Bola basket adalah olahraga yang inklusif, dan masa depannya akan semakin inklusif. Upaya untuk meningkatkan partisipasi perempuan, penyandang disabilitas, dan orang-orang dari latar belakang yang kurang terwakili akan terus dilakukan.
  • Hiburan
    Bola basket adalah olahraga yang menghibur, dan aspek hiburan ini akan terus menjadi fokus di masa depan. Liga dan tim akan mencari cara baru untuk membuat pertandingan lebih menarik bagi penggemar, seperti melalui penggunaan teknologi dan format permainan baru.

Aspek-aspek masa depan ini saling terkait dan akan membentuk masa depan bola basket. Dengan merangkul kemajuan teknologi, mempromosikan globalisasi, meningkatkan inklusivitas, dan terus berinovasi dalam hal hiburan, bola basket akan terus menjadi olahraga yang menarik dan dinamis bagi pemain dan penggemarnya di seluruh dunia.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) berikut ini bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan umum dan mengklarifikasi aspek-aspek penting terkait permainan bola basket yang ditemukan pada tahun 1891.

Pertanyaan 1: Siapa penemu permainan bola basket?

James Naismith, seorang guru pendidikan jasmani asal Kanada, menemukan permainan bola basket pada tahun 1891 sebagai olahraga dalam ruangan untuk siswanya selama musim dingin.

Pertanyaan 2: Kapan pertandingan bola basket pertama dimainkan?

Pertandingan bola basket pertama dimainkan pada 21 Desember 1891, di Springfield College, Massachusetts, Amerika Serikat, antara dua tim yang masing-masing terdiri dari sembilan pemain.

Pertanyaan 3: Apa aturan asli permainan bola basket?

Aturan asli bola basket jauh lebih sederhana dibandingkan aturan saat ini. Ada 13 aturan dasar, termasuk tidak diperbolehkannya berlari dengan bola, memegang bola dengan kedua tangan, atau mendorong lawan.

Pertanyaan 4: Kapan bola basket menjadi olahraga Olimpiade?

Bola basket dipertandingkan pertama kali sebagai olahraga demonstrasi pada Olimpiade Musim Panas 1904 di St. Louis, Missouri. Bola basket resmi menjadi bagian dari Olimpiade pada Olimpiade Musim Panas 1936 di Berlin, Jerman.

Pertanyaan 5: Siapa pemain bola basket paling terkenal sepanjang masa?

Michael Jordan secara luas dianggap sebagai pemain bola basket paling terkenal sepanjang masa. Ia memimpin Chicago Bulls meraih enam gelar juara NBA dan terpilih sebagai MVP Final NBA lima kali.

Pertanyaan 6: Apa liga bola basket paling populer di dunia?

National Basketball Association (NBA) adalah liga bola basket paling populer di dunia. NBA terdiri dari 30 tim dari Amerika Serikat dan Kanada, dan dianggap sebagai liga bola basket paling kompetitif di dunia.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan ini memberikan gambaran umum tentang sejarah, aturan, dan tokoh-tokoh penting dalam permainan bola basket. Untuk eksplorasi lebih mendalam, silakan merujuk ke bagian selanjutnya dari artikel ini, yang membahas aspek-aspek permainan bola basket secara lebih rinci.

Aspek-aspek Permainan Bola Basket

Tips Bermain Bola Basket

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda bermain bola basket dengan lebih baik:

Tip 1: Berlatih Dribbling
Dribbling adalah dasar dari permainan bola basket. Berlatihlah mengontrol bola dengan tangan Anda, mengubah arah, dan melindungi bola dari lawan.

Tip 2: Tingkatkan Passing
Passing yang akurat sangat penting untuk kerja sama tim yang efektif. Berlatihlah mengoper bola dengan kedua tangan, baik jarak dekat maupun jauh.

Tip 3: Asah Kemampuan Shooting
Shooting adalah cara untuk mencetak angka dalam bola basket. Berlatihlah berbagai jenis tembakan, seperti layup, jump shot, dan three-point shot.

Tip 4: Kuasai Defense
Defense sama pentingnya dengan offense. Berlatihlah teknik bertahan seperti blocking, stealing, dan rebounding.

Tip 5: Tingkatkan Kebugaran
Bola basket adalah olahraga yang membutuhkan banyak energi. Berlatihlah untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan kekuatan Anda.

Tip 6: Pelajari Aturan Permainan
Memahami aturan permainan sangat penting untuk bermain bola basket secara efektif. Pelajari aturan tentang dribbling, passing, shooting, dan pelanggaran.

Tip 7: Bermain dengan Tim
Bola basket adalah olahraga tim. Berlatihlah bekerja sama dengan rekan satu tim, berkomunikasi secara efektif, dan mendukung satu sama lain.

Tip 8: Nikmati Permainan
Yang terpenting, nikmatilah permainan bola basket. Ini adalah olahraga yang menyenangkan dan bermanfaat yang dapat dimainkan oleh siapa saja.

Tips ini akan membantu Anda meningkatkan keterampilan bola basket dan membuat permainan lebih menyenangkan. Selalu ingat, latihan dan dedikasi adalah kunci untuk menjadi pemain bola basket yang lebih baik.

Bagian selanjutnya dari artikel ini akan membahas sejarah permainan bola basket, termasuk penemuan, perkembangan, dan dampaknya pada masyarakat.

Kesimpulan

Penemuan permainan bola basket pada tahun 1891 oleh James Naismith telah merevolusi dunia olahraga. Sejak awal yang sederhana sebagai olahraga dalam ruangan, bola basket telah berkembang menjadi fenomena global dengan jutaan pemain dan penggemar di seluruh dunia. Permainan ini telah memberikan dampak sosial dan ekonomi yang signifikan, mempromosikan inklusivitas, kesehatan masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi.

Artikel ini menyoroti beberapa aspek penting dari permainan bola basket, termasuk sejarahnya, aturan, teknik, atlet, dan dampaknya pada masyarakat. Aspek-aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada daya tarik dan popularitas bola basket secara keseluruhan. Memahami aspek-aspek ini memungkinkan kita untuk menghargai permainan ini secara mendalam dan merayakan perannya dalam kehidupan kita.



Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru