Reuben Elishama: Sang Putra Sulung Yakub dari Bilha

sisca


Reuben Elishama: Sang Putra Sulung Yakub dari Bilha

Reuben Elishama adalah salah satu tokoh penting dalam Kitab Kejadian, yang merupakan kitab pertama dalam Alkitab. Ia adalah putra sulung Yakub dari Bilha, hamba perempuan Rahel. Nama “Reuben” berarti “lihatlah, seorang putra,” sedangkan “Elishama” berarti “Tuhan mendengar.” Reuben memainkan peran penting dalam sejarah Israel kuno, dan kisah hidupnya diceritakan secara rinci dalam Kitab Kejadian.

Reuben lahir di Padan Aram, tempat Yakub melarikan diri setelah menipu kakaknya, Esau. Ia adalah anak pertama Yakub, dan memiliki sebelas saudara lelaki dan satu saudara perempuan. Reuben tumbuh menjadi seorang pemuda yang kuat dan pemberani, dan ia sering memimpin saudara-saudaranya dalam berbagai petualangan. Suatu hari, ketika mereka sedang menggembalakan ternak di padang rumput, Reuben melihat adiknya, Yusuf, sedang dikeroyok oleh saudara-saudaranya yang lain. Reuben berusaha menyelamatkannya, tetapi ia kalah jumlah dan terpaksa melarikan diri.

Kisah Reuben Elishama berlanjut dengan berbagai peristiwa penting lainnya, termasuk penjualan Yusuf sebagai budak, pertemuan kembali dengan Yusuf di Mesir, dan migrasi suku-suku Israel ke Mesir. Reuben memiliki peran penting dalam masing-masing peristiwa ini, dan ia selalu berusaha untuk melindungi keluarganya dan menjaga keutuhan suku Israel.

reuben elishama anak siapa

Putra sulung Yakub dari Bilha.

  • Lahir di Padan Aram.
  • Pemuda kuat dan pemberani.
  • Menyelamatkan Yusuf dari saudara-saudaranya.
  • Berperan penting dalam penjualan Yusuf.
  • Bertemu kembali dengan Yusuf di Mesir.
  • Bermigrasi ke Mesir bersama keluarganya.

Reuben Elishama adalah tokoh penting dalam sejarah Israel kuno, dan kisah hidupnya diceritakan secara rinci dalam Kitab Kejadian.

Lahir di Padan Aram.

Reuben Elishama lahir di Padan Aram, sebuah wilayah di Mesopotamia yang terletak di sebelah barat sungai Efrat. Yakub, ayah Reuben, melarikan diri ke Padan Aram setelah menipu kakaknya, Esau. Di Padan Aram, Yakub bekerja untuk Laban, saudara ibunya, dan menikah dengan dua putri Laban, yaitu Lea dan Rahel. Bilha, hamba perempuan Rahel, melahirkan Reuben untuk Yakub.

Padan Aram adalah tempat yang penting dalam kehidupan Yakub. Di sanalah ia bertemu dengan istrinya, Lea dan Rahel, dan memiliki anak-anaknya yang pertama, termasuk Reuben. Padan Aram juga merupakan tempat di mana Yakub bekerja keras untuk meraup kekayaan dan membangun keluarganya. Setelah beberapa tahun tinggal di Padan Aram, Yakub memutuskan untuk kembali ke tanah kelahirannya, Kanaan. Namun, sebelum ia pergi, ia harus menyelesaikan masalah dengan Laban, yang tidak ingin kehilangan pekerja yang cakap seperti Yakub.

Yakub dan Laban akhirnya mencapai kesepakatan, dan Yakub melanjutkan perjalanannya ke Kanaan bersama keluarganya dan ternaknya. Reuben, sebagai putra sulung Yakub, memainkan peran penting dalam perjalanan ini. Ia membantu ayahnya memimpin keluarga dan ternak mereka, dan ia juga membantu menjaga keamanan keluarganya dari bahaya.

Setelah beberapa tahun mengembara, Yakub dan keluarganya akhirnya sampai di Kanaan. Di Kanaan, Yakub membeli sebidang tanah di Sikhem, dan ia dan keluarganya menetap di sana. Reuben terus memainkan peran penting dalam keluarga Yakub, dan ia menjadi salah satu pemimpin suku Israel.

Kisah kelahiran Reuben Elishama di Padan Aram adalah bagian penting dari sejarah Israel kuno. Kelahirannya menandai dimulainya perjalanan Yakub dan keluarganya, yang akhirnya mengarah pada pembentukan bangsa Israel.

Pemuda kuat dan pemberani.

Reuben Elishama dikenal sebagai pemuda yang kuat dan pemberani. Sifat-sifat ini terlihat jelas dalam beberapa peristiwa yang diceritakan dalam Kitab Kejadian.

  • Menyelamatkan Yusuf dari saudara-saudaranya.

    Ketika Yusuf diculik oleh saudara-saudaranya dan dijual sebagai budak, Reuben berusaha menyelamatkannya. Ia mencoba meyakinkan saudara-saudaranya untuk tidak membunuh Yusuf, tetapi mereka tidak mendengarkannya. Reuben kemudian menyarankan agar mereka menjual Yusuf kepada pedagang Midian, dengan harapan bahwa Yusuf dapat ditebus nanti.

  • Memimpin saudara-saudaranya dalam berbagai petualangan.

    Reuben sering memimpin saudara-saudaranya dalam berbagai petualangan. Suatu hari, ketika mereka sedang menggembalakan ternak di padang rumput, Reuben melihat sekelompok perampok. Ia segera mengumpulkan saudara-saudaranya dan mereka bersama-sama mengusir para perampok tersebut.

  • Membela keluarganya dari bahaya.

    Reuben juga selalu siap membela keluarganya dari bahaya. Ketika mereka sedang dalam perjalanan dari Padan Aram ke Kanaan, mereka diserang oleh sekelompok orang asing. Reuben dengan berani melawan para penyerang tersebut dan berhasil melindungi keluarganya.

  • Menjadi pemimpin suku Israel.

    Setelah kematian Yakub, Reuben menjadi salah satu pemimpin suku Israel. Ia memimpin sukunya dengan bijaksana dan adil, dan ia selalu membela hak-hak sukunya.

Sifat-sifat Reuben yang kuat dan pemberani membuatnya menjadi tokoh yang penting dan disegani dalam sejarah Israel kuno.

Menyelamatkan Yusuf dari saudara-saudaranya.

Yusuf adalah adik Reuben yang paling dicintai oleh Yakub. Hal ini membuat saudara-saudara Yusuf yang lain menjadi iri dan benci. Suatu hari, ketika mereka sedang menggembalakan ternak di padang rumput, saudara-saudara Yusuf menangkapnya dan berencana untuk membunuhnya.

  • Reuben berusaha meyakinkan saudara-saudaranya untuk tidak membunuh Yusuf.

    Reuben tahu bahwa membunuh Yusuf adalah dosa besar. Ia mencoba meyakinkan saudara-saudaranya untuk tidak melakukan kejahatan tersebut. Ia berkata kepada mereka, “Janganlah kita menumpahkan darah. Marilah kita menjualnya kepada pedagang Midian, tetapi janganlah kita membunuhnya.” Namun, saudara-saudara Yusuf tidak mendengarkannya.

  • Reuben menyarankan agar mereka menjual Yusuf kepada pedagang Midian.

    Melihat bahwa saudara-saudaranya bersikeras untuk membunuh Yusuf, Reuben menyarankan agar mereka menjual Yusuf kepada pedagang Midian. Ia berharap bahwa dengan demikian Yusuf dapat diselamatkan. Para pedagang Midian kebetulan lewat di tempat itu, dan saudara-saudara Yusuf menjual Yusuf kepada mereka.

  • Reuben bermaksud untuk menyelamatkan Yusuf nanti.

    Reuben bermaksud untuk menyelamatkan Yusuf nanti setelah saudara-saudaranya sudah tenang. Ia berharap bahwa mereka akan menyesali perbuatan mereka dan membiarkannya membawa Yusuf kembali. Namun, rencana Reuben tidak berhasil. Saudara-saudara Yusuf berbohong kepada Yakub dan mengatakan bahwa Yusuf telah dibunuh oleh binatang buas.

  • Reuben sangat sedih ketika mengetahui bahwa Yusuf telah dijual.

    Ketika Reuben mengetahui bahwa Yusuf telah dijual, ia sangat sedih. Ia merasa bersalah karena tidak dapat menyelamatkannya. Namun, ia tidak menyerah. Ia terus berharap bahwa suatu hari ia akan bertemu kembali dengan Yusuf.

Peristiwa penyelamatan Yusuf dari saudara-saudaranya oleh Reuben menunjukkan bahwa Reuben adalah pribadi yang baik dan penyayang. Ia berusaha untuk melindungi saudara-saudaranya dari dosa, dan ia juga berusaha untuk menyelamatkan Yusuf dari kematian.

Berperan penting dalam penjualan Yusuf.

Setelah saudara-saudara Yusuf memutuskan untuk menjualnya kepada pedagang Midian, Reuben berperan penting dalam pelaksanaan penjualan tersebut. Ia membantu saudara-saudaranya untuk membawa Yusuf ke tempat pedagang Midian berada. Ia juga membantu saudara-saudaranya untuk meyakinkan pedagang Midian agar membeli Yusuf.

Reuben melakukan hal tersebut karena ia berharap bahwa dengan menjual Yusuf kepada pedagang Midian, Yusuf dapat diselamatkan dari kematian. Ia berpikir bahwa pedagang Midian akan membawa Yusuf ke tempat yang jauh, di mana saudara-saudara Yusuf tidak dapat menjangkaunya. Ia juga berharap bahwa suatu hari ia dapat menemukan Yusuf dan membawanya kembali kepada Yakub.

Namun, rencana Reuben tidak berjalan sesuai dengan harapannya. Saudara-saudara Yusuf berbohong kepada Yakub dan mengatakan bahwa Yusuf telah dibunuh oleh binatang buas. Yakub sangat sedih mendengar berita tersebut, dan ia meratapi kematian Yusuf selama bertahun-tahun.

Reuben merasa bersalah atas apa yang terjadi pada Yusuf. Ia tahu bahwa ia seharusnya berusaha lebih keras untuk menyelamatkannya. Namun, ia juga tahu bahwa ia tidak dapat mengubah apa yang telah terjadi. Ia hanya bisa berharap bahwa suatu hari ia dapat bertemu kembali dengan Yusuf dan meminta maaf kepadanya.

Peran Reuben dalam penjualan Yusuf menunjukkan bahwa ia adalah pribadi yang baik dan penyayang. Ia berusaha untuk menyelamatkan Yusuf dari kematian, meskipun pada akhirnya ia tidak berhasil.

Bertemu kembali dengan Yusuf di Mesir.

Bertahun-tahun setelah Yusuf dijual ke Mesir, ia menjadi orang yang sangat penting di kerajaan Mesir. Ia menjadi penasihat raja Firaun dan diberi tanggung jawab untuk mengurus seluruh urusan negara. Pada saat itu, terjadi bencana kelaparan di seluruh dunia, termasuk di Kanaan, tempat tinggal Yakub dan saudara-saudara Yusuf.

Yakub mendengar berita bahwa ada seorang pejabat tinggi di Mesir yang dapat menyediakan makanan bagi orang-orang yang kelaparan. Ia pun mengirim kesepuluh putranya ke Mesir untuk membeli makanan. Namun, Benyamin, adik Yusuf yang paling kecil, tidak ikut pergi karena Yakub takut terjadi sesuatu yang buruk padanya.

Ketika saudara-saudara Yusuf sampai di Mesir, mereka tidak mengenali Yusuf karena ia telah berubah menjadi seorang pejabat tinggi yang gagah dan berwibawa. Yusuf, sebaliknya, langsung mengenali saudara-saudaranya. Ia ingin sekali bertemu dengan mereka dan mengungkapkan identitasnya, tetapi ia memutuskan untuk menguji mereka terlebih dahulu.

Yusuf menahan Simeon dan menyuruh saudara-saudaranya untuk kembali ke Kanaan dan membawa Benyamin bersamanya. Ia juga memerintahkan agar uang yang mereka bayarkan untuk membeli makanan dikembalikan kepada mereka secara diam-diam.

Saudara-saudara Yusuf kembali ke Kanaan dan menceritakan kepada Yakub apa yang terjadi di Mesir. Yakub sangat enggan untuk membiarkan Benyamin pergi ke Mesir, tetapi pada akhirnya ia setuju karena ia tahu bahwa keluarganya membutuhkan makanan.

Bermigrasi ke Mesir bersama keluarganya.

Setelah saudara-saudara Yusuf kembali ke Mesir untuk kedua kalinya dan membawa Benyamin bersama mereka, Yusuf akhirnya mengungkapkan identitasnya kepada mereka. Saudara-saudara Yusuf sangat terkejut dan menyesal atas apa yang telah mereka lakukan kepadanya. Yusuf memaafkan mereka dan mengundang mereka untuk tinggal di Mesir bersama keluarganya.

Yusuf kemudian pergi menemui Firaun dan menceritakan kepadanya tentang keluarganya yang ada di Kanaan. Firaun mengizinkan Yusuf untuk membawa keluarganya ke Mesir dan memberi mereka tanah untuk ditempati. Yakub dan seluruh keluarganya, termasuk Reuben, kemudian pindah ke Mesir dan menetap di sana.

Di Mesir, Yakub dan keluarganya hidup dengan makmur dan sejahtera. Yusuf menjadi orang yang sangat dihormati di Mesir, dan ia menggunakan kekuasaannya untuk membantu keluarganya dan orang-orang Israel lainnya.

Reuben, sebagai putra sulung Yakub, memainkan peran penting dalam memimpin keluarganya di Mesir. Ia membantu ayahnya untuk mengelola urusan keluarga dan memastikan bahwa semua anggota keluarganya terurus dengan baik.

Migrasi keluarga Yakub ke Mesir merupakan peristiwa penting dalam sejarah Israel kuno. Peristiwa ini menandai dimulainya periode pemukiman bangsa Israel di Mesir, yang berlangsung selama lebih dari 400 tahun.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang Reuben Elishama yang mungkin ditanyakan oleh anak-anak:

Pertanyaan 1: Reuben itu siapa?
Jawaban: Reuben adalah putra sulung Yakub dari Bilha, hamba perempuan Rahel.

Pertanyaan 2: Di mana Reuben lahir?
Jawaban: Reuben lahir di Padan Aram, sebuah wilayah di Mesopotamia yang terletak di sebelah barat sungai Efrat.

Pertanyaan 3: Apa sifat-sifat Reuben?
Jawaban: Reuben adalah pemuda yang kuat, pemberani, dan penyayang.

Pertanyaan 4: Apa peran Reuben dalam keluarga Yakub?
Jawaban: Reuben adalah pemimpin saudara-saudaranya dan ia membantu ayahnya untuk mengelola urusan keluarga.

Pertanyaan 5: Apa yang terjadi pada Reuben ketika Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya?
Jawaban: Reuben berusaha menyelamatkan Yusuf, tetapi ia kalah jumlah dan terpaksa melarikan diri.

Pertanyaan 6: Bagaimana Reuben bertemu kembali dengan Yusuf?
Jawaban: Reuben bertemu kembali dengan Yusuf di Mesir, ketika Yusuf telah menjadi orang yang sangat penting di kerajaan Mesir.

Pertanyaan 7: Apakah Reuben ikut bermigrasi ke Mesir bersama keluarganya?
Jawaban: Ya, Reuben ikut bermigrasi ke Mesir bersama keluarganya dan ia memainkan peran penting dalam memimpin keluarganya di sana.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum tentang Reuben Elishama yang mungkin ditanyakan oleh anak-anak. Semoga bermanfaat!

Selain membaca kisah Reuben Elishama, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan anak-anak untuk belajar lebih banyak tentang sejarah Israel kuno, seperti:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk anak-anak yang ingin belajar lebih banyak tentang sejarah Israel kuno, khususnya tentang tokoh Reuben Elishama:

Tip 1: Baca Alkitab.

Alkitab adalah sumber informasi utama tentang sejarah Israel kuno, termasuk kisah Reuben Elishama. Anak-anak dapat membaca tentang Reuben di Kitab Kejadian, khususnya pasal 35, 37, 42, dan 45.

Tip 2: Kunjungi museum atau situs sejarah.

Banyak museum dan situs sejarah yang menyimpan koleksi artefak dan informasi tentang sejarah Israel kuno. Anak-anak dapat mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk belajar lebih banyak tentang Reuben Elishama dan tokoh-tokoh lain dalam sejarah Israel kuno.

Tip 3: Tonton film atau dokumenter.

Ada beberapa film dan dokumenter yang menceritakan tentang sejarah Israel kuno, termasuk kisah Reuben Elishama. Anak-anak dapat menonton film atau dokumenter tersebut untuk belajar lebih banyak tentang Reuben Elishama dan sejarah Israel kuno dengan cara yang lebih menarik.

Tip 4: Baca buku-buku tentang sejarah Israel kuno.

Ada banyak buku-buku yang menceritakan tentang sejarah Israel kuno, termasuk kisah Reuben Elishama. Anak-anak dapat membaca buku-buku tersebut untuk belajar lebih banyak tentang Reuben Elishama dan tokoh-tokoh lain dalam sejarah Israel kuno.

Demikianlah beberapa tips untuk anak-anak yang ingin belajar lebih banyak tentang sejarah Israel kuno, khususnya tentang tokoh Reuben Elishama. Semoga bermanfaat!

Dengan mengikuti tips-tips di atas, anak-anak dapat belajar lebih banyak tentang Reuben Elishama dan sejarah Israel kuno dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Kesimpulan

Reuben Elishama adalah putra sulung Yakub dari Bilha, hamba perempuan Rahel. Ia adalah pemuda yang kuat, pemberani, dan penyayang. Reuben memainkan peran penting dalam keluarga Yakub dan ia membantu ayahnya untuk mengelola urusan keluarga.

Ketika Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya, Reuben berusaha menyelamatkannya tetapi ia kalah jumlah dan terpaksa melarikan diri. Reuben bertemu kembali dengan Yusuf di Mesir, ketika Yusuf telah menjadi orang yang sangat penting di kerajaan Mesir. Reuben ikut bermigrasi ke Mesir bersama keluarganya dan ia memainkan peran penting dalam memimpin keluarganya di sana.

Kisah Reuben Elishama mengajarkan kita tentang pentingnya persaudaraan, kasih sayang, dan pengampunan. Meskipun Reuben dan saudara-saudaranya pernah berselisih, pada akhirnya mereka dapat berdamai dan hidup rukun bersama.

Demikianlah kisah Reuben Elishama, putra sulung Yakub yang memainkan peran penting dalam sejarah Israel kuno. Semoga kisah ini dapat menginspirasi anak-anak untuk belajar lebih banyak tentang sejarah Israel kuno dan untuk hidup dalam kasih sayang dan persaudaraan.


Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru