Panduan Lengkap Tanggal Jawa Hari Ini Weton: Referensi Terpercaya

sisca


Panduan Lengkap Tanggal Jawa Hari Ini Weton: Referensi Terpercaya

Tanggal Jawa hari ini adalah weton, sebuah sistem penanggalan tradisional Jawa yang menggabungkan unsur hari dalam seminggu ( pasaran) dengan tanggal dalam kalender Jawa. Contohnya, weton hari ini adalah Senin Kliwon.

Weton memiliki nilai budaya dan spiritual yang penting bagi masyarakat Jawa. Weton dapat digunakan untuk memprediksi keberuntungan, karakter seseorang, dan menentukan hari baik untuk acara-acara penting.

Konsep weton telah berkembang selama berabad-abad, dipengaruhi oleh Hindu-Budha dan budaya lokal Jawa. Weton terus digunakan hingga saat ini dan menjadi bagian integral dari tradisi dan kepercayaan masyarakat Jawa.

Tanggal Jawa Hari Ini Weton

Tanggal Jawa hari ini weton adalah perpaduan unsur hari dalam seminggu (pasaran) dengan tanggal dalam kalender Jawa. Weton memiliki nilai budaya dan spiritual yang penting bagi masyarakat Jawa. Berikut ini adalah 9 aspek penting terkait tanggal Jawa hari ini weton:

  • Hari
  • Pasaran
  • Neptu
  • Watak
  • Ramalan
  • Hari Baik
  • Pantangan
  • Upacara Adat
  • Tradisi

Kesembilan aspek ini saling berkaitan dan membentuk sistem penanggalan yang komprehensif. Masyarakat Jawa menggunakan weton untuk berbagai keperluan, mulai dari menentukan hari baik untuk menikah, membangun rumah, hingga melakukan perjalanan. Weton juga menjadi bagian integral dari berbagai upacara adat dan tradisi Jawa.

Hari

Hari adalah komponen penting dalam penanggalan Jawa hari ini weton. Hari dalam kalender Jawa terdiri dari tujuh hari, yaitu Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Setiap hari memiliki pasaran yang berbeda, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Kombinasi hari dan pasaran inilah yang membentuk weton.

Weton digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menentukan hari baik untuk acara-acara penting, meramal watak seseorang, dan menentukan pantangan. Misalnya, weton Senin Kliwon dianggap sebagai weton yang baik untuk menikah atau membangun rumah. Sedangkan weton Selasa Wage dianggap sebagai weton yang kurang baik untuk bepergian jauh.

Memahami hubungan antara hari dan weton sangat penting bagi masyarakat Jawa. Hal ini karena weton dipercaya dapat memberikan gambaran tentang karakter seseorang, rezeki, dan keberuntungannya. Selain itu, weton juga menjadi bagian dari tradisi dan budaya Jawa yang masih dianut hingga saat ini.

Pasaran

Dalam penanggalan Jawa hari ini weton, pasaran merupakan unsur yang tidak kalah pentingnya dengan hari. Pasaran terdiri dari lima hari, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Kombinasi hari dan pasaran inilah yang membentuk weton.

  • Siklus
    Pasaran memiliki siklus lima hari, artinya setiap hari akan diikuti oleh pasaran berikutnya secara berurutan.
  • Neptu
    Setiap pasaran memiliki nilai neptu yang berbeda, yaitu Legi (5), Pahing (9), Pon (7), Wage (4), dan Kliwon (8). Neptu ini digunakan untuk menghitung neptu weton dan menentukan watak seseorang.
  • Ramalan
    Pasaran juga digunakan untuk meramal nasib dan rezeki seseorang. Misalnya, pasaran Legi dianggap baik untuk memulai usaha, sedangkan pasaran Pahing dianggap kurang baik untuk bepergian.
  • Hari Baik
    Pasaran tertentu dianggap sebagai hari baik untuk acara-acara penting, seperti pernikahan, membangun rumah, atau memulai perjalanan. Misalnya, pasaran Kliwon dianggap sebagai hari baik untuk menikah.

Memahami pasaran sangat penting dalam penanggalan Jawa hari ini weton. Pasaran dapat memberikan gambaran tentang karakter seseorang, rezeki, dan keberuntungannya. Selain itu, pasaran juga menjadi bagian dari tradisi dan budaya Jawa yang masih dianut hingga saat ini.

Neptu

Neptu adalah nilai numerik yang diberikan pada setiap hari dan pasaran dalam penanggalan Jawa hari ini weton. Neptu berperan penting dalam menentukan watak, rezeki, dan keberuntungan seseorang. Perhitungan neptu dilakukan dengan menjumlahkan neptu hari dan neptu pasaran.

Sebagai contoh, weton Senin Kliwon memiliki neptu 12, karena neptu Senin adalah 4 dan neptu Kliwon adalah 8. Neptu ini kemudian digunakan untuk meramal watak seseorang, meramal rezeki, dan menentukan hari baik untuk acara-acara penting.

Memahami neptu sangat penting dalam penanggalan Jawa hari ini weton. Neptu dapat memberikan gambaran tentang karakter seseorang, rezeki, dan keberuntungannya. Selain itu, neptu juga digunakan untuk menentukan hari baik untuk acara-acara penting, seperti pernikahan, membangun rumah, atau memulai perjalanan. Dengan memahami neptu, masyarakat Jawa dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Watak

Watak merupakan salah satu aspek penting dalam penanggalan Jawa hari ini weton. Watak dipercaya dapat menggambarkan karakter dan sifat dasar seseorang berdasarkan hari dan pasaran kelahirannya. Berikut ini adalah beberapa komponen watak yang berkaitan dengan tanggal Jawa hari ini weton:

  • Lakune Lintang

    Lakune lintang adalah watak yang menggambarkan sifat dasar seseorang berdasarkan pasaran kelahirannya. Ada 5 jenis lakuning lintang, yaitu lintang kemukus, lintang kumeli, lintang panjer wesi, lintang bangun bagus, dan lintang nohan rembulan.

  • Wuku

    Wuku adalah watak yang menggambarkan sifat dasar seseorang berdasarkan hari kelahirannya. Ada 30 jenis wuku, masing-masing memiliki sifat dan karakteristik tersendiri.

  • Neptu

    Neptu adalah nilai numerik yang dihitung berdasarkan hari dan pasaran kelahiran. Neptu dapat digunakan untuk meramal watak seseorang, rezeki, dan keberuntungannya.

  • Weton Jodoh

    Weton jodoh adalah perhitungan kesesuaian watak antara dua orang yang akan menikah. Weton jodoh dipercaya dapat memberikan gambaran tentang keharmonisan dan kebahagiaan dalam pernikahan.

Memahami watak sangat penting dalam penanggalan Jawa hari ini weton. Watak dapat memberikan gambaran tentang karakter dan sifat dasar seseorang, sehingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti memilih pekerjaan, mencari jodoh, atau menentukan hari baik untuk acara-acara penting.

Ramalan

Dalam penanggalan Jawa hari ini weton, ramalan merupakan aspek penting yang tidak dapat dipisahkan. Ramalan dipercaya dapat memberikan gambaran tentang masa depan seseorang, baik secara umum maupun spesifik. Ramalan dalam tanggal Jawa hari ini weton didasarkan pada perhitungan weton kelahiran, yang meliputi hari, pasaran, neptu, dan wuku.

Ramalan dalam tanggal Jawa hari ini weton memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat Jawa. Ramalan dapat digunakan untuk menentukan hari baik untuk acara-acara penting, seperti pernikahan, membangun rumah, atau memulai usaha. Ramalan juga dapat digunakan untuk meramal jodoh, karir, dan rezeki seseorang. Masyarakat Jawa percaya bahwa dengan memahami ramalan weton, mereka dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam hidup.

Salah satu contoh nyata ramalan dalam tanggal Jawa hari ini weton adalah weton kelahiran Presiden Joko Widodo. Weton kelahiran Presiden Jokowi adalah Rabu Pon, yang memiliki neptu 14. Menurut ramalan weton, neptu 14 termasuk dalam kategori “Gedhong” yang artinya memiliki sifat kepemimpinan yang kuat, berwibawa, dan disegani banyak orang. Ramalan ini dianggap sesuai dengan karakter dan perjalanan hidup Presiden Jokowi yang menjadi pemimpin negara Indonesia.

Memahami ramalan dalam tanggal Jawa hari ini weton dapat memberikan manfaat praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui ramalan weton, masyarakat Jawa dapat mengantisipasi kejadian-kejadian yang mungkin terjadi di masa depan. Ramalan weton juga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan penting, sehingga dapat meningkatkan peluang keberhasilan dan meminimalisir risiko kegagalan.

Hari Baik

Dalam penanggalan Jawa hari ini weton, konsep “Hari Baik” memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Jawa. Hari Baik dipercaya sebagai hari yang membawa keberuntungan dan kesuksesan jika digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan penting.

  • Hari Pasaran

    Hari Pasaran tertentu dianggap sebagai Hari Baik untuk acara-acara tertentu. Misalnya, pasaran Kliwon dianggap baik untuk menikah, sedangkan pasaran Wage dianggap baik untuk memulai usaha.

  • Neptu Weton

    Neptu weton juga dapat digunakan untuk menentukan Hari Baik. Weton dengan neptu tertentu dianggap baik untuk kegiatan tertentu. Misalnya, weton dengan neptu 11 dianggap baik untuk membangun rumah.

  • Wuku

    Wuku adalah siklus 30 hari dalam penanggalan Jawa. Setiap wuku memiliki karakteristik dan pengaruh yang berbeda-beda. Beberapa wuku dianggap sebagai Hari Baik untuk acara-acara tertentu.

  • Hitungan Pranata Mangsa

    Pranata Mangsa adalah sistem penanggalan Jawa yang membagi satu tahun menjadi enam musim. Setiap musim memiliki karakteristik dan pengaruh yang berbeda-beda. Beberapa musim dianggap sebagai waktu yang baik untuk melakukan kegiatan tertentu.

Dengan memahami konsep Hari Baik dalam tanggal Jawa hari ini weton, masyarakat Jawa dapat menentukan hari yang tepat untuk melakukan kegiatan-kegiatan penting. Hal ini dipercaya dapat membawa keberuntungan, kesuksesan, dan kebahagiaan dalam hidup.

Pantangan

Dalam penanggalan Jawa hari ini weton, dikenal juga konsep “Pantangan”. Pantangan adalah segala sesuatu yang dilarang atau tidak boleh dilakukan pada hari tertentu berdasarkan weton kelahiran. Pantangan dipercaya dapat membawa sial atau malapetaka jika dilanggar.

  • Pantangan Umum

    Pantangan umum berlaku untuk semua orang, terlepas dari weton kelahirannya. Pantangan umum antara lain dilarang bepergian jauh, pindah rumah, atau memulai usaha baru pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon.

  • Pantangan Khusus

    Pantangan khusus berlaku untuk orang-orang dengan weton kelahiran tertentu. Misalnya, orang dengan weton Senin Pahing dilarang menikah pada hari Selasa Wage.

  • Pantangan Makan

    Pantangan makan berlaku untuk makanan atau minuman tertentu yang tidak boleh dikonsumsi pada hari tertentu berdasarkan weton kelahiran. Misalnya, orang dengan weton Rabu Pon dilarang makan nasi kuning pada hari Selasa.

  • Pantangan Aktivitas

    Pantangan aktivitas berlaku untuk kegiatan atau aktivitas tertentu yang tidak boleh dilakukan pada hari tertentu berdasarkan weton kelahiran. Misalnya, orang dengan weton Sabtu Wage dilarang memotong rambut pada hari Jumat.

Memahami dan mematuhi Pantangan dipercaya dapat membawa keberuntungan, keselamatan, dan kesuksesan dalam hidup. Sebaliknya, melanggar Pantangan dipercaya dapat membawa sial, malapetaka, atau kegagalan. Oleh karena itu, masyarakat Jawa masih banyak yang mempercayai dan menjalankan Pantangan hingga saat ini.

Upacara Adat

Upacara adat merupakan bagian integral dari tanggal Jawa hari ini weton. Upacara adat ini biasanya dilakukan untuk merayakan hari kelahiran atau memperingati peristiwa penting dalam hidup seseorang.

  • Upacara Tedak Siten

    Upacara Tedak Siten adalah upacara adat yang dilakukan ketika seorang anak berusia tujuh bulan. Upacara ini bertujuan untuk mendoakan keselamatan dan kebahagiaan anak di masa depan.

  • Upacara Mitoni

    Upacara Mitoni adalah upacara adat yang dilakukan ketika seorang perempuan hamil berusia tujuh bulan. Upacara ini bertujuan untuk memohon keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

  • Upacara Pernikahan

    Upacara Pernikahan adalah upacara adat yang dilakukan ketika dua orang memutuskan untuk menikah. Upacara ini bertujuan untuk mengikat kedua mempelai dalam ikatan pernikahan yang sakral.

  • Upacara Ruwatan

    Upacara Ruwatan adalah upacara adat yang dilakukan untuk menolak bala atau kesialan. Upacara ini biasanya dilakukan ketika seseorang mengalami kesialan atau musibah beruntun.

Upacara adat yang berkaitan dengan tanggal Jawa hari ini weton memiliki makna dan nilai yang mendalam bagi masyarakat Jawa. Upacara adat ini menjadi simbol budaya dan tradisi yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Tradisi

Tradisi merupakan salah satu aspek penting dalam tanggal Jawa hari ini weton. Tradisi ini telah diwariskan secara turun-temurun dan masih dijalankan oleh masyarakat Jawa hingga saat ini. Tradisi yang berkaitan dengan tanggal Jawa hari ini weton meliputi berbagai aspek, mulai dari upacara adat hingga kepercayaan dan pantangan.

  • Upacara Adat

    Upacara adat merupakan bagian integral dari tanggal Jawa hari ini weton. Upacara adat ini biasanya dilakukan untuk merayakan hari kelahiran atau memperingati peristiwa penting dalam hidup seseorang.

  • Pantangan

    Pantangan adalah segala sesuatu yang dilarang atau tidak boleh dilakukan pada hari tertentu berdasarkan weton kelahiran. Pantangan dipercaya dapat membawa sial atau malapetaka jika dilanggar.

  • Kepercayaan

    Tanggal Jawa hari ini weton juga berkaitan dengan berbagai kepercayaan, seperti kepercayaan tentang watak seseorang, rezeki, dan jodoh. Kepercayaan ini masih dianut oleh sebagian masyarakat Jawa hingga saat ini.

  • Tata Krama

    Tata krama juga merupakan bagian dari tradisi yang berkaitan dengan tanggal Jawa hari ini weton. Tata krama ini mengatur bagaimana seseorang harus bersikap dan berperilaku pada hari tertentu berdasarkan weton kelahirannya.

Tradisi yang berkaitan dengan tanggal Jawa hari ini weton memiliki makna dan nilai yang mendalam bagi masyarakat Jawa. Tradisi ini menjadi simbol budaya dan tradisi yang masih dilestarikan hingga saat ini. Memahami tradisi ini dapat membantu kita untuk lebih memahami budaya dan karakter masyarakat Jawa.

Pertanyaan Umum tentang Tanggal Jawa Hari Ini Weton

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya terkait tanggal Jawa hari ini weton:

Pertanyaan 1: Apa itu weton?

Weton adalah sistem penanggalan tradisional Jawa yang menggabungkan hari dalam seminggu (pasaran) dengan tanggal dalam kalender Jawa.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menghitung weton?

Weton dihitung dengan menjumlahkan neptu hari dan neptu pasaran.

Pertanyaan 3: Apa itu neptu?

Neptu adalah nilai numerik yang diberikan pada setiap hari dan pasaran dalam kalender Jawa.

Pertanyaan 4: Apakah weton masih digunakan saat ini?

Weton masih banyak digunakan oleh masyarakat Jawa untuk berbagai keperluan, seperti menentukan hari baik untuk acara-acara penting, meramal watak seseorang, dan menentukan pantangan.

Pertanyaan 5: Apakah weton itu benar?

Weton adalah sistem kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Jawa. Apakah weton itu benar atau tidak, tergantung pada keyakinan masing-masing individu.

Pertanyaan 6: Di mana saya bisa menemukan informasi tentang weton?

Informasi tentang weton dapat ditemukan di berbagai sumber, seperti buku, internet, dan kalender Jawa.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya terkait tanggal Jawa hari ini weton. Pemahaman tentang weton dapat membantu kita untuk lebih memahami budaya dan tradisi masyarakat Jawa.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang aspek-aspek penting dalam penanggalan Jawa hari ini weton, seperti hari, pasaran, neptu, dan watak.

Tips Memilih Tanggal Pernikahan yang Baik Menurut Weton Jawa

Bagi masyarakat Jawa, memilih tanggal pernikahan yang baik sangatlah penting. Hal ini dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi pasangan yang menikah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti untuk memilih tanggal pernikahan yang baik menurut weton Jawa:

Tip 1: Hitung Weton Kelahiran Kedua Calon Pengantin
Langkah pertama adalah menghitung weton kelahiran kedua calon pengantin. Weton dapat dihitung dengan menjumlahkan neptu hari dan neptu pasaran kelahiran.

Tip 2: Cocokkan Weton Kedua Calon Pengantin
Setelah mengetahui weton kelahiran kedua calon pengantin, selanjutnya adalah mencocokkannya. Ada beberapa metode pencocokan weton, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem “Pancasuda”.

Tip 3: Perhatikan Neptu Weton Pernikahan
Selain mencocokkan weton kedua calon pengantin, penting juga untuk memperhatikan neptu weton pernikahan. Neptu weton pernikahan dihitung dengan menjumlahkan neptu hari dan neptu pasaran tanggal pernikahan yang dipilih.

Tip 4: Hindari Hari-hari Tertentu
Dalam penanggalan Jawa, ada beberapa hari yang dianggap kurang baik untuk melangsungkan pernikahan. Hari-hari tersebut antara lain Selasa Kliwon, Jumat Kliwon, dan Sabtu Legi.

Tip 5: Pilih Tanggal yang Sesuai dengan Pranata Mangsa
Pranata Mangsa adalah sistem penanggalan Jawa yang membagi satu tahun menjadi enam musim. Setiap musim memiliki karakteristik dan pengaruh yang berbeda-beda. Sebaiknya pilih tanggal pernikahan yang sesuai dengan pranata mangsa yang baik.

Tip 6: Konsultasikan dengan Ahli
Jika merasa kesulitan dalam memilih tanggal pernikahan yang baik, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli weton Jawa. Ahli weton dapat memberikan pertimbangan dan rekomendasi yang lebih akurat.

Ringkasan:
Dengan mengikuti tips-tips yang disebutkan di atas, Anda dapat memilih tanggal pernikahan yang baik menurut weton Jawa. Hal ini dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi pasangan yang menikah.

Transisi:
Setelah memilih tanggal pernikahan yang baik, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Persiapan yang baik akan membuat acara pernikahan berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Kesimpulan

Tanggal Jawa hari ini weton merupakan sistem penanggalan tradisional Jawa yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Jawa. Weton dihitung berdasarkan hari kelahiran dan pasaran, dan dipercaya dapat memberikan gambaran tentang watak, rezeki, dan jodoh seseorang.

Beberapa aspek penting dalam penanggalan Jawa hari ini weton antara lain:

  • Hari dan pasaran: Hari dan pasaran dalam kalender Jawa memiliki neptu yang berbeda, yang digunakan untuk menghitung weton dan menentukan watak seseorang.
  • Neptu: Neptu adalah nilai numerik yang diberikan pada hari dan pasaran, dan digunakan untuk meramal watak, rezeki, dan jodoh seseorang.
  • Watak: Watak seseorang dipercaya dapat digambarkan berdasarkan weton kelahirannya, yang meliputi sifat dasar, kelebihan, dan kekurangan.

Memahami tanggal Jawa hari ini weton dapat memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat Jawa menggunakan weton untuk menentukan hari baik untuk acara-acara penting, meramal watak dan jodoh, serta menghindari pantangan-pantangan. Dengan memahami weton, masyarakat Jawa dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan menjalani hidup yang lebih harmonis.



Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru