Waktu Berbuka Puasa Hari Ini Jakarta

sisca


Waktu Berbuka Puasa Hari Ini Jakarta

Waktu berbuka puasa hari ini Jakarta adalah frasa yang merujuk pada waktu ketika umat Islam di Jakarta diperbolehkan untuk berbuka puasa pada waktu matahari terbenam.

Mengetahui waktu berbuka puasa sangat penting bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dengan benar. Selain itu, mengetahui waktu berbuka puasa juga dapat membantu umat Islam dalam mengatur waktu makan dan aktivitas lainnya selama bulan puasa.

Pada masa lalu, umat Islam di Jakarta menggunakan metode tradisional untuk menentukan waktu berbuka puasa, seperti dengan mengamati posisi matahari. Namun seiring perkembangan teknologi, kini umat Islam dapat menggunakan kalender atau aplikasi untuk mengetahui waktu berbuka puasa dengan lebih akurat..

waktu berbuka puasa hari ini jakarta

Waktu berbuka puasa hari ini Jakarta merupakan informasi penting bagi umat Islam di Jakarta untuk menjalankan ibadah puasa dengan benar. Aspek-aspek berikut terkait dengan waktu berbuka puasa hari ini Jakarta:

  • Waktu
  • Lokasi
  • Kalender
  • Aplikasi
  • Metode tradisional
  • Posisi matahari
  • Teknologi
  • Akurasi
  • Ibadah
  • Puasa

Waktu berbuka puasa hari ini Jakarta dapat diperoleh dari kalender atau aplikasi yang telah memperhitungkan posisi matahari. Metode tradisional yang digunakan sebelumnya, seperti mengamati posisi matahari, masih dapat digunakan sebagai alternatif. Dengan mengetahui waktu berbuka puasa yang akurat, umat Islam dapat mempersiapkan diri untuk berbuka puasa tepat waktu dan menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Waktu

Waktu merupakan aspek penting dalam menentukan waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Waktu berbuka puasa adalah waktu ketika umat Islam diperbolehkan untuk membatalkan puasa pada saat matahari terbenam.

  • Waktu Matahari Terbenam

    Waktu matahari terbenam menjadi acuan utama dalam menentukan waktu berbuka puasa. Umat Islam diperbolehkan untuk berbuka puasa ketika matahari telah terbenam sepenuhnya di ufuk barat.

  • Waktu Lokal

    Waktu berbuka puasa juga dipengaruhi oleh waktu lokal masing-masing daerah. Perbedaan waktu antara daerah yang satu dengan daerah lainnya dapat menyebabkan perbedaan waktu berbuka puasa.

  • Waktu Standar Indonesia (WIB/WITA/WIT)

    Waktu Standar Indonesia (WIB/WITA/WIT) menjadi acuan waktu yang digunakan di Indonesia. Waktu berbuka puasa di Jakarta mengikuti waktu WIB (Waktu Indonesia Barat).

  • Waktu Syar’i

    Dalam beberapa pendapat ulama, waktu berbuka puasa juga dapat ditentukan berdasarkan waktu syar’i. Waktu syar’i adalah waktu yang dihitung berdasarkan pergerakan matahari dan bulan.

Dengan mengetahui waktu berbuka puasa yang akurat, umat Islam dapat mempersiapkan diri untuk berbuka puasa tepat waktu dan menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Lokasi

Lokasi merupakan aspek penting dalam menentukan waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Lokasi yang berbeda dapat menyebabkan perbedaan waktu berbuka puasa karena perbedaan waktu matahari terbenam di masing-masing lokasi.

  • Kota

    Waktu berbuka puasa di Jakarta akan berbeda dengan waktu berbuka puasa di kota-kota lain di Indonesia karena perbedaan waktu matahari terbenam. Waktu berbuka puasa di Jakarta biasanya lebih awal dibandingkan dengan kota-kota yang berada di bagian timur Indonesia.

  • Zona Waktu

    Indonesia memiliki tiga zona waktu, yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur). Waktu berbuka puasa di Jakarta mengikuti zona waktu WIB.

  • Garis Bujur

    Garis bujur juga mempengaruhi waktu matahari terbenam dan waktu berbuka puasa. Kota-kota yang berada di garis bujur yang lebih ke timur akan mengalami matahari terbenam lebih lambat dan waktu berbuka puasa yang lebih lambat pula.

  • Musim

    Musim juga dapat mempengaruhi waktu matahari terbenam dan waktu berbuka puasa. Pada musim kemarau, matahari terbenam biasanya lebih cepat dibandingkan dengan musim hujan. Hal ini karena pada musim kemarau, langit biasanya lebih cerah sehingga matahari lebih cepat terbenam.

Dengan mengetahui lokasi yang tepat, umat Islam dapat mengetahui waktu berbuka puasa yang akurat sesuai dengan lokasi tempat mereka berada.

Kalender

Kalender merupakan alat yang penting untuk mengetahui waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Kalender berisi informasi tentang tanggal dan waktu, termasuk waktu matahari terbenam. Dengan menggunakan kalender, umat Islam dapat mengetahui waktu berbuka puasa dengan akurat tanpa harus menghitung sendiri atau menggunakan metode tradisional lainnya.

Kalender yang digunakan untuk menentukan waktu berbuka puasa disebut kalender hijriah. Kalender hijriah adalah kalender yang didasarkan pada peredaran bulan. Kalender hijriah memiliki 12 bulan dalam setahun, dan setiap bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Awal bulan dalam kalender hijriah ditentukan berdasarkan penampakan hilal (bulan sabit) setelah matahari terbenam.

Selain kalender hijriah, umat Islam juga dapat menggunakan kalender masehi untuk mengetahui waktu berbuka puasa. Kalender masehi adalah kalender yang didasarkan pada peredaran matahari. Kalender masehi memiliki 12 bulan dalam setahun, dan setiap bulan terdiri dari 30 atau 31 hari. Awal bulan dalam kalender masehi ditentukan berdasarkan peredaran matahari.

Dengan menggunakan kalender, umat Islam dapat mengetahui waktu berbuka puasa hari ini Jakarta dengan mudah dan akurat. Hal ini sangat penting bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dengan benar.

Aplikasi

Aplikasi merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk mengetahui waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Aplikasi tersebut biasanya menyediakan fitur-fitur yang memudahkan umat Islam dalam mengetahui waktu berbuka puasa, seperti:

  • Penentuan Lokasi

    Aplikasi biasanya memiliki fitur untuk menentukan lokasi pengguna secara otomatis. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengetahui waktu berbuka puasa sesuai dengan lokasi mereka.

  • Jadwal Berbuka Puasa

    Aplikasi biasanya menyediakan jadwal berbuka puasa untuk beberapa hari atau bahkan beberapa bulan ke depan. Jadwal tersebut biasanya disusun berdasarkan perhitungan astronomis sehingga cukup akurat.

  • Notifikasi

    Aplikasi biasanya memiliki fitur notifikasi yang akan mengingatkan pengguna ketika waktu berbuka puasa sudah dekat. Hal ini membantu pengguna untuk tidak melewatkan waktu berbuka puasa.

  • Fitur Tambahan

    Beberapa aplikasi juga menyediakan fitur tambahan, seperti doa-doa harian, pengingat waktu salat, dan bahkan resep makanan untuk berbuka puasa. Fitur-fitur tambahan ini dapat membantu pengguna dalam menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik.

Dengan menggunakan aplikasi, umat Islam dapat mengetahui waktu berbuka puasa hari ini Jakarta dengan mudah dan akurat. Hal ini sangat penting bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dengan benar.

Metode Tradisional

Metode tradisional merupakan cara-cara yang telah digunakan sejak dahulu untuk menentukan waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Metode-metode ini biasanya didasarkan pada pengamatan tanda-tanda alam, seperti posisi matahari dan bulan.

Salah satu metode tradisional yang paling umum digunakan untuk menentukan waktu berbuka puasa adalah dengan mengamati posisi matahari. Metode ini dilakukan dengan mengamati saat matahari terbenam. Ketika matahari telah terbenam sepenuhnya di ufuk barat, maka waktu berbuka puasa telah tiba.

Selain mengamati posisi matahari, metode tradisional lainnya yang dapat digunakan untuk menentukan waktu berbuka puasa adalah dengan mengamati posisi bulan. Metode ini dilakukan dengan mengamati saat bulan sabit pertama kali terlihat setelah matahari terbenam. Ketika bulan sabit pertama kali terlihat, maka waktu berbuka puasa telah tiba.

Metode tradisional memiliki kelemahan, yaitu tingkat akurasinya yang tidak terlalu tinggi. Hal ini karena posisi matahari dan bulan dapat terpengaruh oleh faktor-faktor seperti cuaca dan polusi udara. Akibatnya, waktu berbuka puasa yang ditentukan dengan metode tradisional dapat berbeda-beda dari waktu yang sebenarnya.

Meskipun memiliki kelemahan, metode tradisional masih digunakan oleh sebagian umat Islam untuk menentukan waktu berbuka puasa. Hal ini karena metode tradisional dianggap lebih sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu, metode tradisional juga dapat menjadi alternatif bagi umat Islam yang tidak memiliki akses ke kalender atau aplikasi untuk menentukan waktu berbuka puasa.

Posisi matahari

Posisi matahari merupakan salah satu faktor penting yang digunakan untuk menentukan waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Posisi matahari yang dimaksud adalah posisi matahari saat terbenam di ufuk barat.

  • Waktu Matahari Terbenam

    Waktu matahari terbenam adalah waktu ketika matahari sudah tidak terlihat lagi di ufuk barat. Waktu ini menjadi acuan utama dalam menentukan waktu berbuka puasa. Ketika matahari telah terbenam, maka waktu berbuka puasa telah tiba.

  • Posisi Geografis

    Posisi geografis suatu daerah juga mempengaruhi posisi matahari terbenam. Daerah yang berada di bagian barat akan mengalami matahari terbenam lebih cepat dibandingkan daerah yang berada di bagian timur. Hal ini karena matahari terbenam di ufuk barat.

  • Musim

    Musim juga mempengaruhi posisi matahari terbenam. Pada musim kemarau, matahari terbenam biasanya lebih cepat dibandingkan dengan musim hujan. Hal ini karena pada musim kemarau, langit biasanya lebih cerah sehingga matahari lebih cepat terbenam.

  • Cuaca

    Cuaca juga dapat mempengaruhi posisi matahari terbenam. Pada cuaca cerah, matahari terbenam biasanya lebih jelas terlihat dibandingkan dengan cuaca mendung. Hal ini karena pada cuaca mendung, cahaya matahari terhalang oleh awan sehingga matahari terbenam tidak terlihat jelas.

Dengan memahami posisi matahari, umat Islam dapat mengetahui waktu berbuka puasa hari ini Jakarta dengan lebih akurat. Hal ini sangat penting untuk menjalankan ibadah puasa dengan benar.

Teknologi

Perkembangan teknologi telah membawa banyak kemudahan bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa, termasuk dalam hal mengetahui waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Teknologi menyediakan berbagai alat bantu yang dapat digunakan untuk mengetahui waktu berbuka puasa dengan akurat dan mudah.

Salah satu teknologi yang paling banyak digunakan untuk mengetahui waktu berbuka puasa adalah aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini biasanya menyediakan fitur-fitur seperti penentuan lokasi otomatis, jadwal berbuka puasa, dan notifikasi pengingat. Dengan menggunakan aplikasi, umat Islam dapat mengetahui waktu berbuka puasa dengan mudah dan akurat tanpa harus menghitung sendiri atau menggunakan metode tradisional lainnya.

Selain aplikasi, teknologi juga menyediakan berbagai alat bantu lainnya yang dapat digunakan untuk mengetahui waktu berbuka puasa, seperti kalender digital, website, dan bahkan jam tangan pintar. Alat-alat bantu ini juga biasanya menyediakan fitur-fitur yang memudahkan umat Islam dalam mengetahui waktu berbuka puasa dengan akurat dan mudah.

Dengan adanya teknologi, umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih mudah dan nyaman. Teknologi telah menjadi bagian penting dari kehidupan umat Islam, termasuk dalam hal menjalankan ibadah puasa.

Akurasi

Akurasi merupakan aspek yang sangat penting dalam menentukan waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Akurasi waktu berbuka puasa akan mempengaruhi kapan umat Islam diperbolehkan untuk membatalkan puasa. Oleh karena itu, umat Islam perlu mengetahui cara menentukan waktu berbuka puasa dengan akurat.

  • Posisi Matahari

    Posisi matahari terbenam menjadi acuan utama dalam menentukan waktu berbuka puasa. Ketika matahari telah terbenam sepenuhnya di ufuk barat, maka waktu berbuka puasa telah tiba. Posisi matahari terbenam dapat ditentukan dengan menggunakan alat bantu seperti kompas atau aplikasi penentu waktu salat.

  • Metode Penentuan

    Metode penentuan waktu berbuka puasa juga mempengaruhi akurasi. Ada dua metode utama penentuan waktu berbuka puasa, yaitu metode hisab dan metode rukyat. Metode hisab menggunakan perhitungan matematis untuk menentukan posisi matahari terbenam. Sementara itu, metode rukyat menggunakan pengamatan langsung terhadap matahari terbenam.

  • Alat Bantu

    Alat bantu yang digunakan untuk menentukan waktu berbuka puasa juga mempengaruhi akurasi. Alat bantu yang akurat, seperti aplikasi penentu waktu salat atau kalender hijriah yang terpercaya, akan memberikan hasil yang lebih akurat dibandingkan dengan alat bantu yang tidak akurat.

  • Faktor Alam

    Faktor alam, seperti cuaca dan polusi udara, juga dapat mempengaruhi akurasi waktu berbuka puasa. Cuaca mendung atau polusi udara yang tebal dapat membuat matahari terbenam tidak terlihat dengan jelas, sehingga dapat menyebabkan kesalahan dalam menentukan waktu berbuka puasa.

Dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi akurasi waktu berbuka puasa, umat Islam dapat mengetahui waktu berbuka puasa dengan lebih akurat. Hal ini sangat penting untuk menjalankan ibadah puasa dengan benar dan tepat waktu.

Ibadah

Ibadah merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan seorang Muslim. Ibadah tidak hanya berarti melaksanakan shalat, puasa, dan zakat saja, tetapi juga mencakup segala aktivitas yang diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Waktu berbuka puasa merupakan salah satu waktu yang tepat untuk melakukan ibadah.

Ketika berbuka puasa, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa. Doa berbuka puasa merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan selama menjalankan ibadah puasa. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk melakukan ibadah sunnah lainnya, seperti shalat tarawih dan tadarus Al-Qur’an.

Melakukan ibadah pada waktu berbuka puasa memiliki banyak manfaat. Selain dapat meningkatkan pahala, ibadah juga dapat membantu umat Islam untuk lebih fokus dan khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan demikian, ibadah puasa yang dijalankan akan lebih berkualitas dan bermakna.

Puasa

Puasa merupakan ibadah yang wajib dijalankan oleh umat Islam pada bulan Ramadan. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Waktu berbuka puasa adalah waktu ketika umat Islam diperbolehkan untuk membatalkan puasanya.

Waktu berbuka puasa sangat penting bagi umat Islam karena menandakan berakhirnya waktu puasa dan dimulainya waktu berbuka. Umat Islam dianjurkan untuk berbuka puasa tepat waktu, yaitu ketika matahari telah terbenam sepenuhnya di ufuk barat. Dengan berbuka puasa tepat waktu, umat Islam dapat memperoleh pahala yang lebih banyak dan menjaga kesehatan tubuh.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan umat Islam pada waktu berbuka puasa, seperti membaca doa berbuka puasa, makan makanan yang bergizi, dan melakukan ibadah sunnah lainnya. Waktu berbuka puasa juga menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan teman untuk berbagi kebahagiaan dan menjalin silaturahmi.

Dengan memahami pentingnya waktu berbuka puasa, umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik dan memperoleh pahala yang lebih banyak.

Tanya Jawab Waktu Berbuka Puasa Hari Ini Jakarta

Bagian ini akan menjawab beberapa pertanyaan umum mengenai waktu berbuka puasa hari ini Jakarta, meliputi definisi, cara menentukan, dan hal-hal terkait lainnya.

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan waktu berbuka puasa hari ini Jakarta?

Jawaban: Waktu berbuka puasa hari ini Jakarta adalah waktu ketika umat Islam di Jakarta diperbolehkan untuk membatalkan puasa pada saat matahari terbenam.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menentukan waktu berbuka puasa hari ini Jakarta?

Jawaban: Waktu berbuka puasa hari ini Jakarta dapat ditentukan dengan menggunakan kalender, aplikasi, atau mengamati posisi matahari terbenam.

Pertanyaan 3: Apa yang menjadi acuan dalam menentukan waktu berbuka puasa?

Jawaban: Acuan utama dalam menentukan waktu berbuka puasa adalah posisi matahari terbenam di ufuk barat.

Pertanyaan 4: Apakah ada perbedaan waktu berbuka puasa di setiap daerah?

Jawaban: Ya, ada perbedaan waktu berbuka puasa di setiap daerah karena perbedaan waktu matahari terbenam.

Pertanyaan 5: Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan waktu berbuka puasa?

Jawaban: Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan waktu berbuka puasa antara lain posisi matahari, lokasi, dan faktor alam seperti cuaca.

Pertanyaan 6: Apakah ada alat bantu yang dapat digunakan untuk mengetahui waktu berbuka puasa?

Jawaban: Ya, ada beberapa alat bantu yang dapat digunakan untuk mengetahui waktu berbuka puasa, seperti kalender, aplikasi, dan jam tangan pintar.

Dengan memahami pertanyaan dan jawaban di atas, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Pengetahuan ini penting bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca artikel lengkap tentang waktu berbuka puasa hari ini Jakarta.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang manfaat mengetahui waktu berbuka puasa dengan tepat. Mengetahui waktu berbuka puasa yang tepat akan membantu umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dengan lebih optimal dan mendapatkan pahala yang lebih besar.

Tips Menentukan Waktu Berbuka Puasa Hari Ini Jakarta

Mengetahui waktu berbuka puasa hari ini Jakarta sangat penting bagi umat Islam. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menentukan waktu berbuka puasa dengan tepat:

Tip 1: Gunakan Kalender
Gunakan kalender yang sudah terpercaya dan akurat untuk mengetahui waktu berbuka puasa hari ini Jakarta. Kalender tersebut biasanya memuat informasi waktu matahari terbenam di setiap daerah.

Tip 2: Pakai Aplikasi
Manfaatkan aplikasi penentu waktu salat yang tersedia di smartphone. Aplikasi ini biasanya menyediakan fitur penentuan waktu berbuka puasa yang akurat berdasarkan lokasi Anda.

Tip 3: Amati Posisi Matahari
Jika Anda tidak memiliki kalender atau aplikasi, Anda dapat mengamati sendiri posisi matahari. Waktu berbuka puasa adalah ketika matahari telah terbenam di ufuk barat.

Tip 4: Perhatikan Cuaca
Cuaca dapat memengaruhi waktu matahari terbenam. Pada cuaca mendung atau berkabut, matahari terbenam mungkin tidak terlihat jelas. Anda dapat memperkirakan waktu berbuka puasa dengan menambahkan beberapa menit dari waktu matahari terbenam yang tertera di kalender atau aplikasi.

Tip 5: Cari Tahu Waktu Berbuka Puasa di Masjid Terdekat
Jika Anda masih ragu-ragu tentang waktu berbuka puasa, Anda dapat menanyakan kepada pengurus masjid terdekat. Mereka biasanya memiliki informasi yang akurat tentang waktu berbuka puasa di wilayah tersebut.

Tip 6: Berbuka Puasa Tepat Waktu
Dianjurkan untuk berbuka puasa tepat waktu, yaitu ketika matahari telah terbenam sepenuhnya. Berbuka puasa tepat waktu akan membantu Anda mendapatkan pahala yang lebih besar dan menjaga kesehatan tubuh.

Tip 7: Berbuka Puasa dengan yang Manis
Sunnah berbuka puasa dengan yang manis, seperti kurma atau air putih dicampur madu. Hal ini akan membantu mengembalikan kadar gula darah Anda yang turun selama berpuasa.

Tip 8: Jangan Langsung Makan Berat
Setelah berbuka puasa, jangan langsung makan makanan berat. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sebaiknya makan makanan ringan terlebih dahulu, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menentukan waktu berbuka puasa hari ini Jakarta dengan lebih tepat dan menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik. Mengetahui waktu berbuka puasa yang tepat akan membantu Anda mendapatkan pahala yang lebih besar dan menjaga kesehatan tubuh.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang manfaat mengetahui waktu berbuka puasa dengan tepat. Mengetahui waktu berbuka puasa dengan tepat akan membantu Anda menjalankan ibadah puasa dengan lebih optimal dan mendapatkan pahala yang lebih besar.

Kesimpulan

Waktu berbuka puasa hari ini Jakarta merupakan hal yang penting diketahui oleh umat Islam di Jakarta untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar. Artikel ini telah membahas berbagai aspek terkait waktu berbuka puasa hari ini Jakarta, mulai dari pengertian, cara menentukan, hingga tips-tips praktis.

Beberapa poin utama yang dapat disimpulkan dari artikel ini adalah:

  • Waktu berbuka puasa hari ini Jakarta adalah waktu ketika umat Islam diperbolehkan untuk membatalkan puasa saat matahari terbenam.
  • Waktu berbuka puasa dapat ditentukan menggunakan kalender, aplikasi, atau dengan mengamati posisi matahari terbenam.
  • Mengetahui waktu berbuka puasa dengan tepat sangat penting untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik, mendapatkan pahala yang lebih besar, dan menjaga kesehatan tubuh.

Dengan memahami waktu berbuka puasa hari ini Jakarta, umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih optimal dan mendapatkan pahala yang lebih besar. Penting bagi umat Islam untuk selalu mencari informasi yang akurat dan terpercaya tentang waktu berbuka puasa di daerah masing-masing.



Rekomendasi Herbal Alami :

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow www.birdsnbees.co.id ya.. Terimakasih..

Ikuti di Google News

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru